1. Health
  2. Maxx Coffee & YKPI Tegaskan Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Penderita Kanker
Health

Maxx Coffee & YKPI Tegaskan Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Penderita Kanker

Maxx Coffee & YKPI Tegaskan Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Penderita Kanker

Maxx Coffee & YKPI Tegaskan Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Penderita Kanker. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Memasuki bulan kesadaran terhadap kanker payudara pada bulan Oktober ini, Maxx Coffee kembali berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) untuk memberikan penyuluhan terkait pentingnya untuk selalu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi dini kanker payudara.

Keduanya menyadari bahwa bukan hanya kesehatan fisik yang harus dijaga, tetapi kesehatan emosional dan mental juga sangat perlu untuk dijaga bersama keluarga penyintas.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar, mengungkapkan bahwa sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan oleh pihaknya bertujuan untuk memerangi kanker payudara. Meski belum mampu menjangkau banyak penduduk Indonesia, namun pihaknya merasa bersyukur karena bisa terus memberikan sosialisasi dan penyuluhan.

“Sosialisasi dan penyuluhan kami dalam memerangi kanker payudara memang tidak mampu menjangkau ratusan juta penduduk Indonesia. Meski kecil yang telah kami lakukan, namun kami bersyukur,” ujar Linda Gumelar dalam konferensi pers yang digelar di Kuningan City Mall, pada Senin (30/9/2024).

“Setiap ada kesempatan, kami selalu mengimbau kaum wanita untuk jangan lupa SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Ternyata malah, banyak RS dewasa ini telah mengalami lonjakan jumlah peserta SADANIS (Pemeriksaan Payudara Secara Klinis) berkala. Artinya, sedikit demi sedikit, masyarakat mulai memandang penting pencegahan dan deteksi dini kanker payudara,” sambungnya.

Maxx Coffee & YKPI Tegaskan Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Penderita Kanker. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Pada kesempatan yang sama, seorang psikolog, Cindy Dwi Utami, M.Psi. juga menyoroti pentingnya menjaga kesehatan mental bagi mereka para pengidap kanker. Ia mengatakan bahwa kekuatan mental yang terjaga akan memengaruhi keberhasilan proses pengobatan dan perawatan fisik pasien.

"Rasa cemas dan ketidakpastian sering menjadi beban tambahan penderita kanker payudara. Di sinilah peran dukungan emosional dan konseling psikologis dapat membantu mereka tetap positif dan kuat secara mental," jelas Cindy.

“Pendampingan akan jauh mengurangi rasa takut dan was-was penyintas. Stamina yang terjaga dibarengi dengan kondisi mental yang optimis akan menambah kesiapan penyintas melalui berbagai fase dan jenis terapi pengobatan hingga berujung pada kesembuhan,” lanjut Cindy.

Sebagai informasi, Maxx Coffee bersama YKPI akan menggelar pemeriksaan mammography dan sosialisasi SADARI di Kuningan City Mall.

  1. FREE MAMMOGRAPHY screening yang akan berlangsung pada 29 Oktober 2024 dengan kuota 50 orang cukup dengan mengisi form pendaftaran di: https.//linktr.ee/MaxxCoffexYKPI 

  2. FREE SADARI Training bertempat di Kuningan City pada 31 Oktober 2024 dengan kuota 100 orang cukup dengan mengisi form pendaftaran di: https.//linktr.ee/MaxxCoffexYKPI 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel