1. Lifestyle
  2. Manis dan Segar, Intip Informasi Seputar Buah Kawis Berikut Ini
Lifestyle

Manis dan Segar, Intip Informasi Seputar Buah Kawis Berikut Ini

Manis dan Segar, Intip Informasi Seputar Buah Kawis Berikut Ini

Ilustrasi buah kawis. (Spesial)

Ladiestory.id - Bagi kamu yang gemar mengonsumsi buah-buahan segar, rasanya harus berkenalan dengan buah kawis. Mungkin buah yang satu ini kurang familiar dijumpai sehari-hari. Namun jika berbicara mengenai citarasanya, maka patut untuk kamu coba.

Buah kawis dikenal memiliki rasa yang manis dan segar. Tampilan luar buah kawis sekilas mirip dengan buah melon. Berbentuk bulat serta memiliki permukaan kulit hijau kecoklatan, keras, dan bersisik. Hanya saja dengan ukurannya seperti buah jeruk.

Informasi Seputar Buah Kawis

Buah kawis atau biasa disebut juga dengan kawista, merupakan jenis buah-buahan yang banyak dijumpai di beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Pati, Rembang, dll.

Di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, bahkan buah kawis dijadikan sebagai maskot. Bahkan di kota tersebut, buah kawis diolah menjadi sirup kawista yang sering menjadi incaran bagi para wisatawan.

Ilustrasi buah kawis. (Spesial)

Ada banyak sekali informasi menarik seputar buah kawis yang bisa kamu simak berikut ini.

1. Termasuk Buah yang Langka

Buah kawis masih satu kerabat denan buah jeruk. Buah jenisn ini tidak mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Agar bisa mencicipi buah kawis, kamu bisa menemukannya di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara.

Sehingga tidak mengherankan jika dikatakan bahwa buah kawis sangat langka. Untuk saat ini sentra penghasil buah kawis berada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena kota pesisir dengan iklim cenderung panas memang cocok untuk budidaya pohon kawis. Kota Rembang bahka sejak dulu sudah dikenal sebagai tempat penghasil limau atau sirup kawis.

2. Memiliki Rasa yang Unik

Jika kamu pernah mencoba buah kawis, bisa dipastikan satu kata untuk citarasanya adalah unik. Bahkan mungkin karena saking uniknya, kamu tidak akan bisa menyamakan rasanya dengan jenis buah lainnya.

Diketahui jika buah kawis rasanya seperti minuman berkarbonasi merk “Coca Cola”. Jadi bisa dibayangkan jika rasanya manis, namun ada sedikit asam. Untuk aroma buahnya juga terbilang khas. Karena hal inilah, buah kawis sering disebut sebagai “Cola van Java” yang artinya Coca Cola asal Jawa.

Ilustrasi buah kawis. (Spesial)

 

3. Menjadi Oleh-Oleh Wajib Saat Berkunjung ke Rembang

Rembang saat ini memiliki banyak destinasi wisata baru. Sehingga mampu megundang banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Jika kamu pergi berlibur ke Rembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Rembang.

Dan tahukan kamu, salah satu oleh-oleh khas Rembang adalah sirup kawista. Disana ada banyak sekali produsesn sirup kawista. Namun yang cukup populer adalah sirup kawista “Cap Dewa Burung” yang dulunya berbama “Cap Jago”.

4. Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Buah kawis bisa dimakan secara langsung, namun ada juga yang mengolahnya terlebuh dahulu menjadi sirup. Mengonsumsi buah kawis dipercaya sangat bagus bagi kesehatan. hal ini lantaran buah kawis memiliki banyak sekali kandungan gizi di dalamnya.

Adapun manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah kawis, antara lain bisa membantu meredakan diare, melawan radang usus, dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

 

Itu tadi seputar buah kawis yang ternyata memang benar-benar menarik. Kalau kamu apakah pernah makan buah yang satu ini Ladies?.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel