1. Mom & Kids
  2. Manfaatkan Kebersamaan Natal, Ketahui 5 Fungsi Makan Malam Keluarga Bagi Si Kecil
Mom & Kids

Manfaatkan Kebersamaan Natal, Ketahui 5 Fungsi Makan Malam Keluarga Bagi Si Kecil

Manfaatkan Kebersamaan Natal, Ketahui 5 Fungsi Makan Malam Keluarga Bagi Si Kecil

Kebersamaan keluarga di saat Natal dan menjelang tahun baru akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, Ladies. Sebab itulah, kamu mesti memanfaatkan kebersamaan yang barangkali sangat jarang dirasakan para anggota keluarga karena kesibukannya masing-masing. Momen liburan seperti ini mestinya bisa mengembalikan lagi kekompakkan kamu dan keluarga besar, juga dengan para sahabat. Misalnya saja dengan mengadakan makan malam bersama seluruh anggota keluarga, yang sesungguhnya punya banyak manfaat untuk si kecil dan para keponakanmu yang lain, lho Lantas, apa saja sih fungsi makan malam keluarga bagi si kecil? Yuk, kita simak!

1. Meningkatkan pengembangan diri anak

Meningkatkan pengembangan diri anak
sumber: freepik.com

Ketika anak bertemu dengan banyak orang, terutama keluarga besarnya, kemampuan anak untuk bersosialisasi akan meningkat. Begitu juga dengan kemampuannya untuk mengolah informasi dan menggunakan nalarnya untuk merespon segala bentuk pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh kakak-kakak sepupunya, serta om dan tantenya. Belum lagi kasih sayang dari nenek dan kakek akan melengkapi cinta ibu dah ayahnya di rumah! Ah, jadi tidak tak sabar untuk segera makan malam keluarga bersama si kecil!

2. Menjaga kesehatan mental anak lebih baik

Menjaga kesehatan mental anak lebih baik
sumber: freepik.com

Sebagaimana yang dinyatakan dalam studi Center On Addiction 2012 yang dilansir dari laman Lifehack, bahwa “Keterlibatan orang tua dalam kehidupan anak-anak sangat penting untuk menjauhkan anak-anak dari tembakau, alkohol, dan obat-obatan lainnya, dan bahwa orang tua memiliki pengaruh terbesar pada apakah anak remaja mereka akan memilih untuk tidak menggunakan zat." Sehingga, dalam hal ini peran kebersamaan orang tua dan keluarga besar lainnya adalah mampu menjaga kesehatan mental anak, agar dalam masa pertumbuhannya anak bisa menjaga dirinya sendiri dari pengaruh buruk obat-obatan, alkohol, dan tembakau.

3. Menjaga kesehatan fisik anak lebih baik pula

Menjaga kesehatan fisik anak lebih baik pula
sumber: freepik.com

 

Ketika orang tua mau menyempatkan waktunya untuk makan malam bersama anak, tentu orang tua bisa mengetahui apa yang dikonsumsi anak. Pastinya, jika anak ikut makan malam bersama di rumah, anak akan mengonsumsi makanan sehat. Berbeda jika ia makan di luar bersama teman-temannya, sebab merasa bosan jika harus makan sendirian di rumah karena orang tuanya tidak punya waktu untuk makan malam bersama dengannya. Di luar, kemungkinan besar anak akan memilik mengonsumsi junk food yang bisa dengan mudah di temukannya, dan tentu dengan rasanya yang gurih akibat bumbu penyedap yang tidak jelas ukuran pakainya. Rutin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi akan membuat kesehatan fisik anak menjadi terjaga dan lebih baik lagi.

4. Menjaga ikatan keluarga lebih erat

Menjaga ikatan keluarga lebih erat
sumber: freepik.com

Tentu saja, jika keluarga terutama kedua orang tua bisa selalu ada di dekat anak, ikatan batin dan pikiran anak dengan orang tua akan semakin erat. Sebab, kebersamaan akan membuat orang tua lebih mampu memahami pertumbuhan anak. Begitupula sebaliknya, anak akan lebih bisa memahami karakteristik orang tuanya, sehingga rasa kasih sayang anak akan menjadi tiada tara kepada kedua orang tuanya.

5. Menumbuhkan kepercayaan diri anak dan merasa diperhatikan

Menumbuhkan kepercayaan diri anak dan merasa diperhatikan
sumber: freepik.com

Sering kali orang tua sibuk sendiri dengan pekerjaannya masing-masing, dan ketika anak jarang bisa menemukan kedua orang tuanya di rumah, anak akan merasa kesepian dan mengira bahwa tidak ada yang memperhatikannya. Namun, jika orang tua mau meluangkan sedikit waktunya untuk makan malam bersama dengan anak, anak akan merasa diperhatikan dan menjadi prioritas utama orang tuanya. Dengan begitu, rasa percaya diri anak akan tumbuh dengan sendirinya.

Itulah 5 fungsi makan malam keluarga bagi si kecil yang sebentar lagi akan tumbuh menjadi remaja yang aktif. Jadi, untuk mempererat kebersamaanmu dengan anak, ada rencana liburan kemana saja, Ladies?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel