Manfaatkan Berbagai Fitur, Aaliyah Massaid, Luxcrime & Careso Wujudkan Mimpi Bersama Shopee

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:31:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Manfaatkan Berbagai Fitur, Aaliyah Massaid, Luxcrime & Careso Wujudkan Mimpi Bersama Shopee

Press Conference Shopee Mall & Live. (Ladiestory.id/ Atika Febriani)

Ladiestory.id - Belanja online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Setiap orang memiliki cerita unik dalam memanfaatkan keunggulan belanja online lewat e-commerce untuk memenuhi kebutuhan. Tingginya minat masyarakat ini turut membuka peluang bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kehadiran platform e-commerce berkontribusi signifikan pada aspek ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, serta menjadi solusi bagi kebutuhan pembeli dan penjual. Menjalankan peran sebagai destinasi belanja online bagi masyarakat, Shopee telah menghadirkan inovasi dan program bermanfaat bagi seluruh ekosistem.

Berbagai kampanye dan kurasi produk terbaik yang disesuaikan dengan preferensi pengguna di laman Shopee Mall, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video yang memberikan kesempatan interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli, menjadi bentuk nyata dari upaya Shopee untuk tumbuh beriringan dengan kebutuhan rakyat serta meningkatkan pengalaman belanja pengguna.

Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia. (Dok. Shopee)

 

“Shopee terus berkomitmen untuk menjadi bagian dari banyak cerita inspiratif para pengguna dalam mengoptimalkan berbagai inovasi teknologi dan rangkaian program yang kami hadirkan. Selaras dengan misi Shopee yang konsisten untuk mendukung perkembangan dalam  kehidupan masyarakat melalui teknologi, berbagai inovasi pun kami dedikasikan untuk menyesuaikan dengan cara dan perilaku masyarakat berbelanja yang telah bertransformasi. Mulai dari fitur Shopee Mall hingga rangkaian fitur interaktif, Shopee Live dan Shopee Video," sebut Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia. 

"Inisiatif ini telah hadir mewarnai perjalanan preferensi belanja masyarakat dari waktu ke waktu dengan menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan, nyaman, dan terpercaya. Sekaligus membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal dengan memperbanyak pintu kesempatan produk lokal dalam memperluas jangkauannya," tutup Putri Lukman.

Perkuat interaksi melalui Shopee Live, Careso berhasil tingkatkan penjualan

Joseph Sebastian Founder & CEO Careso. (Dok. Shopee)

Brand fragrance lokal yang dimulai dari bisnis rumahan di tahun 2019, Careso mengalami tantangan besar saat akan meluncurkan produknya. Bagaimana tidak? Sudah siap untuk meluncurkan produk lewat offline retail ternama dengan toko yang tersebar di seluruh Indonesia, namun kemudian pandemi terjadi dan Joseph terpaksa harus mengubah strategi pemasaran dan penjualan Careso dengan bergabung bersama Shopee di awal tahun 2020.

Dimulai dari meluncurkan 6 produk body fragrance di Shopee, hingga kini Careso sudah memiliki lini body lotion, EDP perfume, body wash, dan lini produk baru Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.

“Bisa dibilang penjualan pertama produk Careso kepada konsumen adalah melalui Shopee. Bahkan di hari pertama kami upload produk kami di Shopee, langsung ada yang membeli. Padahal belum ada marketing yang kami lakukan dan masih toko biasa, bahkan belum menjadi Star Seller. Melihat hal ini, kami mulai memfokuskan penjualan Careso dan mengikuti berbagai kampanye di Shopee, hingga akhirnya bisa menjadi penjual Shopee Mall di tahun yang bersamaan," ujar Joseph Sebastian sebagai Founder & CEO Careso.

Bersama jaminan 100% Ori yang dimiliki Shopee Mall, eksposur kami juga semakin luar biasa karena masyarakat merasakan keamanan dan yakin terhadap produk dari toko resmi kami. Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa. Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, khususnya untuk brand lokal seperti Careso, saya puas sekali dengan Shopee sebagai sebuah platform e-commerce yang mendukung hasil karya anak bangsa,” tutup Joseph Sebastian. 

Tidak hanya mengikuti berbagai kampanye yang Shopee hadirkan, Careso juga melihat peluang dan merasakan manfaat yang signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video. Memiliki produk wewangian yang tidak bisa ditunjukkan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya, kedua fitur interaktif Shopee ini memberikan kemudahan bagi Careso dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. 

Luxcrime maksimalkan Shopee Video, hadirkan daya tarik belanja lewat konten kreatif

Melisa Andriani, General Manager Luxcrime. (Dok. Shopee)

Membawa mimpi menjadi brand kecantikan lokal pilihan masyarakat, Luxcrime konsisten berinovasi menciptakan beragam lini produk yang mampu melindungi pesona kulit masyarakat Indonesia. Berdiri pada 2015, perjalanan Luxcrime kala itu tidak mudah karena masih banyak yang memandang produk kecantikan lokal sebelah mata.

Sejak bergabung dengan Shopee, Luxcrime pun berhasil mentransformasi bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam empat tahun terakhir, mereka mengalami pertumbuhan signifikan dengan lonjakan transaksi yang terus meningkat, berkat kontribusi Shopee sebagai platform sumber pendapatan terbesar Luxcrime diantara platform lainnya.

Terlebih, di berbagai momen kampanye belanja Shopee mampu meningkatkan transaksi hingga 12 kali lipat dibandingkan hari biasa. Selama sembilan tahun berdiri, Luxcrime terus fokus menciptakan banyak terobosan melalui berbagai lini produk kecantikan berkualitas.

Perjuangan tersebut mengantarkan produk unggulan Blur & Cover Two Way Cake menjadi pilihan utama untuk melindungi dan menghiasi wajah banyak perempuan Indonesia. Tren positif ini membawa performa Luxcrime semakin meningkat dan berhasil naik kelas dengan bergabung dengan fitur Shopee Mall dalam beberapa tahun terakhir, dengan menghadirkan pengalaman belanja yang lebih premium dan jaminan mutu produk yang semakin berkualitas.

Tidak cepat berpuas diri, Luxcrime senantiasa membaca tren live shopping yang semakin digemari masyarakat dengan mulai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak tahun 2022. Melalui Shopee Video, mereka rutin berbagi inspirasi melalui konten-konten bertemakan beauty tips untuk berbagai kebutuhan agar tampil menawan, beauty hacks untuk beragam jenis karakteristik kulit masyarakat Indonesia.

Bagi mereka, kehadiran fitur interaktif telah melengkapi journey pengalaman belanja konsumen dan mampu membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan.

“Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, menghasilkan sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live. Performa penjualan gemilang ini tidak terlepas dari semakin interaktifnya kami menciptakan beragam jenis sesi live streaming dan konten video kreatif, yang sukses menarik lebih banyak konsumen baru untuk jatuh cinta dengan produk-produk Luxcrime," ujar Melisa Andriani, General Manager Luxcrime. 

Melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video pun membawa kami berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas dari berbagai daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal. Kedepannya, kami akan terus giat menciptakan inovasi produk baru agar terus menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia," tutup Melisa Andriani. 

Cerita Aaliyah Massaid membagi waktu dan memenuhi kebutuhan bersama Shopee

 

Aaliyah Massaid, Content Creator. (Dok. Shopee)

Dampak positif kehadiran rangkaian kampanye dan fitur interaktif dari Shopee pun turut dirasakan oleh para pengguna. Di tengah kesibukannya sebagai content creator, penyanyi, dan mahasiswa, Aaliyah Massaid selalu mengandalkan Shopee sebagai solusi untuk menjawab berbagai kebutuhannya, salah satunya melalui fitur Shopee Mall Memiliki kegemaran berbelanja mengoleksi ragam item fashion untuk mendukung penampilannya di setiap kesempatan.

Perempuan yang akrab disapa Aaliyah ini merasa kehadiran fitur Shopee Mall sangat memperkaya pengalaman belanja menjadi lebih premium. Melalui fitur tersebut, Aaliyah mampu menemukan berbagai brand favoritnya dengan ketersediaan variasi pilihan produk yang lengkap, ditambah penawaran dan promo yang spesial, serta tentunya bergaransi 100% Ori.

Melihat perkembangan tren belanja masyarakat saat ini, menurutnya pengalaman belanja bukan lagi sekadar kegiatan fungsional, melainkan sebuah pengalaman yang penuh interaksi. Menjawab kebutuhan tersebut, Aaliyah merasa kehadiran fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video telah menjadi angin segar bagi para penggemar tren live shopping.

Ia merasakan lebih terlibat dalam setiap momen berbelanjanya. Mulai dari mampu berinteraksi secara real-time dengan para penjual sehingga berkesempatan mendengarkan penjelasan detail produk secara langsung, melihat wujud impresi produk secara langsung melalui sesi try-on produk di Shopee Live maupun review produk di Shopee Video, dan tentunya bisa kepoin barang kapanpun melalui sesi Q&A secara langsung. 

"Akhir-akhir ini, aku rutin menghabiskan quality time untuk scrolling dan check-out daftar belanja di keranjang oranye, mulai dari belanja bulanan bersama pasangan, produk kecantikan dan fashion bersama keluarga, hingga perlengkapan hobi olahraga bersama teman-teman. Kehadiran fitur Shopee Mall memudahkan aku membagi waktu di tengah kesibukan sehingga bisa rutin ‘cuci mata’ berbelanja di brand favorit dengan nyaman dan aman tanpa harus keluar rumah," jelas Aaliyah Massaid, Content Creator.

"Sama halnya dengan fitur Shopee Live dan Shopee Video yang mampu menghubungkan aku lebih dekat dengan brand kesayangan melalui pengalaman belanja interaktif. Tidak jarang, aku menghabiskan waktu luang menonton konten-konten interaktif untuk mencari inspirasi sebelum berbelanja. Semoga Shopee dapat terus menjadi 'comfort place' yang tidak tergantikan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hariku," tutup Aaliyah Massaid. 

Segera nikmati pengalaman belanja yang maksimal bersama rangkaian produk dari brand terpercaya melalui Shopee Mall. Rasakan juga belanja interaktif dari live streaming maupun konten kreatif bersama fitur Shopee Live dan Shopee Video. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play.