1. Health
  2. 5 Manfaat Tidur dengan Posisi Telentang bagi Kesehatan
Health

5 Manfaat Tidur dengan Posisi Telentang bagi Kesehatan

5 Manfaat Tidur dengan Posisi Telentang bagi Kesehatan

Ilustrasi tidur. (Special)

Ladiestory.id - Beristirahat dan tidur menjadi salah satu kebutuhan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks setelah seharian melakukan aktivitas dan bekerja. Menjaga kulaitas tidur yang baik pun dapat berpengaruh bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Kendati demikian, masih banyak orang yang belum memahami posisi tidur yang baik untuk dampak kesehatan salah satunya ialah dengan posisi tidur telentang. Tidur dengan posisi telentang dapat memberikan lima manfaat baik bagi kesehatan tubuh, lho. Berikut di antaranya.

Mengatasi Nyeri Leher dan Punggung

Kulit leher hitam. (Special)

Tidur dengan posisi telentang dapat membantu mengatasi masalah nyeri leher dan punggung. Saat sedang tertidur, kondisi tulang leher dan punggung berada dalam kondisi netral, sehingga membuat tubuh tidak dalam kondisi tegang. 

Selain itu, tidur dengan posisi telentang dapat menghindari rasa panas pada perut di malam hari. Usahakan untuk menggunakan bantal yang nyaman untuk area leher dan kepala untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih berkualitas. 

Menghindari Kerutan di Wajah

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Tidur dengan posisi telentang juga dapat menghindari masalah kerutan di wajah, lho. Selain itu, posisi tidur telentang dapat membantu menjaga produk perawatan kulit wajah, sehingga dapat menyerap dengan baik pada kulit wajah tanpa meninggalkannya menempel di permukaan bantal.

Kurangi posisi tidur miring karena dapat menggesek serta mengiritasi permukaan kulit wajah sehingga dapat mengakibatkan munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Hal ini pula dapat berpengaruh pada kulit leher, apabila posisi tidur miring maka perlahan dapat menimbulkan kerutan dan garis halus pada leher.

Selain itu, kurangi tidur dengan posisi tengkurap atau miring. Walaupun ketika tidur, kamu tidak menyadari perubahan posisi, namun tidur tengkurap atau miring juga bisa menyebabkan wajah mengalami masalah jerawat.

Hal ini dikarenakan adanya gesekan dengan sarung bantal yang akan menyerap sebum pada kulit. Tak hanya itu, sarung bantal yang kotor bahkan jarang diganti juga dapat menyebabkan berkumpulnya kuman dan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Mencegah Sakit Kepala

Bahaya rebahan setelah makan. (Special)

Selain dapat mengatasi nyeri leher dan punggung, tidur dengan posisi telentang juga dapat membantu mencegah sakit kepala. Sakit kepala yang muncul dapat ditimbulkan akibat adanya tekanan di area kepala serta tulang belakang leher.

Maka dari itu aturlah posisi netral saat tidur untuk menjaga area kepala, leher, serta tulang belakang untuk mengurangi terjadinya tekanan agar terhindar dari rasa sakit seperti nyeri, kepala berdenyut, leher kaku, dan juga sakit di area mata.

Mencegah Terjadinya Sinus

Titik Pijat Redakan Pilek dan Pusing (Special)

Tidur dengan posisi telentang juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya sinus atau hidung mampet. Usahakan pula untuk tidur dengan kondisi kepala sedikit ditinggikan di atas jantung untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran pernapasan.

Jika posisi tidur dalam keadaan kepala menunduk ke bawah, maka dapat menyebabkan lendir menumpuk di area hidung, sehingga menyebabkan kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu, perhatikan posisi tidurmu dan atur kondisi kepala agar tetap menghadap ke atas agar proses aliran lendir dan saluran udara tetap bersih dan lancar.

Melancarkan Pernapasan

Ilustrasi napas. (Special)

Pada saat bernapas dalam-dalam, maka tubuh akan memproduksi melatonin yang dapat membuat seseorang rileks dan mampu meningkatkan aktivitas saraf parasimpatis. Dengan tidur telentang, kamu juga dapat membantu melancarkan sistem pernapasan.

Selain itu, usahakan untuk tidak tidur tengkurap karena dapat menekan otot diafragma, sehingga mengalami sulit bernapas. Sistem pernapasan saat tidur akan maksimal jika kondisi otot diafragma dalam kondisi normal yakni pada saat posisi tidur telentang.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel