1. Health
  2. 7 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Health

7 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

7 Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi telur puyuh. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki ukuran mungil, telur puyuh cendurung jarang dikonsumsi. Padahal, telur ini bisa diolah dalam berbagai menu makanan. Bahkan, telur puyuh punya banyak manfaat karena memiliki berbagai kandungan yang yang tidak kalah dari telur ayam.

Kandungan dalam 1 telur puyuh:

- Kalori: 14
- Protein: 1 gram
- Lemak: 1 gram
- Kolin: 4 persen dari nilai harian (daily value)
- Riboflavin: 6 persen dari nilai harian
- Folat: 2 persen dari nilai harian
- Asam pantotenat: 3 persen dari nilai harian
- Vitamin A: 2 persen dari nilai harian
- Vitamin B12: 6 persen dari nilai harian
- Zat besi: 2 persen dari nilai harian
- Fosfor: 2 persen dari nilai harian
- Selenium: 5 persen dari nilai harian

Dari kandungan tersebut, berikut manfaat telur puyuh bagi kesehatan.

Cerdaskan Otak

Ilustrasi perempuan cerdas. (Spesial)

Telur puyuh memiliki kandunan kolin yang berfungsi untuk memperlancar proses neurogenesis, plastisitas otak, hingga menjaga fungsi saraf. Sebab jika seseorang kekurangan kolin, maka akan menurunkan fungsi otak. Tak hanya itu, telur puyuh juga berfungsi menjaga kognitif bagi orang dewasa.

Obati Gangguan Pernapasan

Ilustrasi sakit asma. (Special)

Banyak penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pernapasan, salah satunya adalah asma. Nah, untuk mengobati penyakit gangguan pernapasan ini, biasanya seseorang menggunakan oksigen ataupun ventolin inhaler.

Namun rupanya, mengonsumsi telur puyuh dapat membantu pengobatan dari penderita gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan telur puyuh bersifat antioksidah yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Bahkan, telur puyuh disebut dapat menyembuhkan batuk hingga TBC. Sebab, telur puyuh yang memiliki kandungan vitamin A dan selenium. Kedua kandungan inilah yang dapat menyembuhkan penyakit akibat gangguan pernapasan.

Bantu Obati Alergi

Ilustrasi alergi. (Special)

Manfaat telur puyuh lainnya adalah dapat membantu mengobati alergi, terutama alergi ovomucoid, yakni alergi yang dipicu protein.

Dilansir berbagai sumber, Para peneliti di Cina menemukan jika telur puyuh dapat membantu menenangkan gejala alergi makanan. Namun, memang penelitian tersebut harus dibuktikan pada manusia.

Jaga Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Telur puyuh juga bermanfaat sebagai makanan untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab, telur puyuh mengandung vitamin A dan vitamin C. Kedua kandungan ini mampu menetralkan radikal bebas.

Tak hanya itu, namun telur puyuh juga dapat mencegah beberapa penyakit kronis seperti kanker dan diabetes. Telur puyuh juga bisa meningkatkan kemurnian darah, meningkatkan aktivitas otak, dan meningkatkan daya ingat.

Tingkatkan Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Kandungan vitamin A dalam telur puyuh juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Telur puyuh pun dapat membantu mengurangi degenerasi makula. Sehingga, makanan yang juga mengandung protein ini dapat mencegah perkembangan katarak di mata.

Kurangi Risiko Terkena Anemia

Ilustrasi perempuan sakit. (Special)

Anemia sendiri merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti pusing, mudah lelah, dan wajah pucat.

Tergolong berbahaya bagi tubuh, anemia dapat menganggu kinerja organ dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi telur puyuh secara rutin dalam batas wajar dapat meminimalkan risiko anemia. Hal ini disebabkan telur puyuh mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia.

Jaga Kesehatan Hati

Ilustrasi jaga kesehatan hati. (Special)

Telur puyuh juga dapat menjaga kesehatan tubuh, sebab asupan ini dapat menstabilkan kadar transaminase ALP, ALT, dan TP. Tak hanya itu, namun telur puyuh dapat mengurangi degenerasi pada jaringan organ hati.

Sedangkan, hati sendiri merupakan organ yang paling penting bagi tubuh. Hati berfungsi untuk menyaring racun pada makanan yang dikonsumsi manusia.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel