1. Health
  2. Manfaat Saffron untuk Wajah: Bisa Dijadikan Toner
Health

Manfaat Saffron untuk Wajah: Bisa Dijadikan Toner

Manfaat Saffron untuk Wajah: Bisa Dijadikan Toner

Foto: Ladiestory.id

Pernahkah Anda mendengar bunga saffron

Di Indonesia, bunga saffron sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk pilek. Selain itu, bunga saffron juga kerap digunakan sebagai pewarna kuning bagi nasi biryani.

Saffron adalah salah satu jenis rempah dengan aroma yang khas. Belakangan, nama saffron memang sering diperbincangkan. Wajar saja, selain aromanya yang kuat, saffron juga kaya akan antioksidan yang menawarkan banyak khasiat.

Rempah satu ini berasal dari putik bunga Crocus sativus. Tumbuh di Iran dan Kashmir, saffron digadang-gadang sebagai rempah termahal di dunia. Sebanyak 450 gram saffron berkualitas baik bisa dihargai US$5 ribu atau sekitar Rp 70 juta.

Bunga saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah.

Selain itu, memiliki manfaat anti-inflamasi yang menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan, dan anti-jamur yang digunakan untuk mengurangi jerawat.

Kalau Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik, pastikan Anda membeli saffron dengan kualitas terbaik. Saffron dengan kualitas terbaik, memiliki warna merah tua dengan ujung berwarna oranye.

Dikabarkan dalam 0,78 gram saffron, mengandung 0,08 g protein, 0,6 mg vitamin C, 0,01 mg zinc, dan 12 mg kalium. Hal ini menunjukkan manfaat saffron untuk wajah sangatlah banyak. Yuk kita intip!

10 Manfaat Saffron untuk Wajah

1. Mengatasi Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Manfaat saffron untuk wajah yang pertama adalah mampu mengatasi masalah jerawat berkat sifat anti-bakteri dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Serta dapat mencegah breakout yang lebih parah.

Rendam campuran 10 helai saffron dengan 5-6 daun basil segar di air jernih. Kemudian, tumbuh sampai menjadi krim dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Pakai hingga kondisi jerawat benar-benar sembuh.

2. Melindungi Radiasi dari UV

Radiasi UV meningkatkan produksi radikal bebas yang memicu stres oksidatif. Hal ini dapat merusak kulit serta mempercepat penuaan kulit.

Crocin, senyawa aktif dalam saffron bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat radiasi UV. Studi menemukan bahwa crocin bersifat antioksidan, yang artinya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Studi juga menemukan bahwa crocin melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berkontribusi dalam memicu penuaan dini.

3. Mengatasi Mata Panda

Foto: Pinterest/skinos

Saffron dapat mengurangi lingkaran hitam di area mata dengan lebih cepat. Caranya cukup dengan menjadikan bunga saffron sebagai masker.

Cara penggunaannya cukup dengan mengambil dua atau tiga helai saffron, lalu masukkan ke dalam satu sendok teh air putih. Diamkan selama semalaman. Lalu tambahkan satu sendok teh susu, 2-3 tetes minyak kelapa dan minyak zaitun, serta sedikit gula.

Oleskan campuran bahan-bahan tersebut pada area mata yang menghitam secara merata. Lalu biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. Jika rutin digunakan, lingkaran hitam di area mata akan hilang dengan cepat.

4. Mencerahkan Kulit

Foto: Pinterest/nanotechnatura

Selain jerawat, wajah yang kusam akan membuat wajah lebih tampak tidak sehat dan kurang bercahaya. Senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C akan membantu mencerahkan dan mengembalikan rona alami pada wajah

Gunakan campuran bunga saffron dengan susu yang belum dipasteurisasi dan perasan jeruk lemon. Diamkan selama 1 jam hingga semua bahan benar-benar menyatu sempurna, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

5. Melembapkan Kulit

Tidak lain dan tidak bukan saffron bisa dijadikan toner.Kulit kering dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar bahkan mengelupas. Kondisi ini juga yang akan memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kusam dan jerawat. 

Larutkan tiga helai saffron pada air mineral. Tempatkan pada botol spray, dan semprotkan pada wajah saat diperlukan. Manfaat air saffron untuk wajah satu ini akan mengembalikan kelembaban kulit wajah secara alami. 

6. Mengatasi Sunburn

Anda termasuk golongan orang yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan? Jika Anda tidak melakukan perlindungan dan perawatan khusus, dapat menyebabkan kulit terbakar sampai terasa perih dan kemerahan. 

Gunakan air saffron untuk membantu mendinginkan dan menenangkan kulit yang terbakar matahari. Masukkan ke dalam botol spray agar lebih praktis untuk dibawa kemana pun. Meski begitu, pastikan Anda untuk tetap menggunakan sunscreen ya.

Itulah manfaat saffron untuk wajah. Bagaimana, tertarik menggunakan saffron untuk kecantikan dan kesehatan kulit Anda?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel