1. Lifestyle
  2. Manfaat Pentingnya Perjanjian Pranikah, Bikin Pernikahan Semakin Awet Loh!
Lifestyle

Manfaat Pentingnya Perjanjian Pranikah, Bikin Pernikahan Semakin Awet Loh!

Manfaat Pentingnya Perjanjian Pranikah, Bikin Pernikahan Semakin Awet Loh!

Ilustrasi perjanjian pranikah. (Special)

Ladiestory.id - Perjanjian pranikah atau yang biasa disebut dengan prenuptial agreement merupakan hal yang masih dianggap tabu bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Bagi beberapa orang, perjanjian pranikah dianggap hanya dibuat oleh pasangan yang tidak tulus dalam menjalani sebuah hubungan pernikahan. Padahal, perjanjian semacam ini sangat penting untuk dibuat sebelum menikah.

Selain untuk memperjelas pemisahan harta, bisa juga digunakan untuk memperjelas hak dan kewajiban pasangan suami istri. Nah, bagi kamu yang masih bingung apa itu perjanjian pranikah? Yuk, simak penjelasan berikut.

Melindungi Aset yang Dimiliki

Ilustrasi perjanjian pranikah. (Special)

Bagi kamu yang ingin melindungi kepemilikan aset pribadi, membuat perjanjian pranikah merupakan pilihan yang cocok. Sebab, dalam perjanjian akan dicantumkan pemisahan harta yang dimiliki masing-masing pihak sebelum melakukan pernikahan. Bahkan, setelah menikah terhadap penentuan harta, baik ketika bercerai ataupun pasangan meninggal dunia.

Sehingga, perjanjian pranikah akan melindungi kekayaan di masa mendatang dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam pernikahan.

Mencegah Terjadinya Perceraian

Ilustrasi perjanjian pranikah. (Special)

Jika sebagian orang beranggapan, perjanjian pranikah hanya dilakukan oleh pasangan yang tidak tulus. Nyatanya, perjanjian ini dibuat justru untuk mencegah terjadinya perceraian.

Sebab, setiap isi perjanjian dibuat atas kesepakatan bersama dan mengikat kedua belah pihak. Selain itu, juga dijelaskan secara terang-terangan mengenai konsekuensi yang akan diterima jika terjadi sebuah perceraian.

Mengetahui Kondisi Keuangan Pasangan

Ilustrasi perjanjian pranikah. (Special)

Membuat perjanjian pranikah akan membantumu untuk mengetahui kondisi keuangan pasangan. Sebab, kamu dan pasangan akan dimintai informasi mengenai detail keuangan yang dimiliki. Mulai dari detail harta, utang yang dimiliki, hingga cicilan.

Hal inilah yang akan dicantumkan dalam perjanjian pranikah. Keterbukaan semacam ini juga akan membantumu dan pasangan terhindar dari kepentingan-kepentingan yang membahayakan. Misalnya, terdapat hutang yang menumpuk atau permasalahan kriminal terkait keuangan.

Memudahkan Penyatuan Visi dan Misi

Ilustrasi perjanjian pranikah. (Special)

Bagi pasangan yang akan menikah, memiliki visi dan misi yang sama merupakan hal yang penting. Sebab, menjadikan hubungan lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas.

Perjanjian pranikah akan sangat memudahkan bagi pasangan untuk melakukan penyatuan visi dan misi. Hal-hal yang tertulis dalam perjanjian pranikah juga dapat membantu pasangan bersama-sama berjuang dalam mewujudkan mimpi yang telah dirancang bersama.

Menjamin Kondisi Finansial Pasangan

Ilustrasi perjanjian pranikah. (Special)

Perjanjian pranikah juga memiliki manfaat untuk menjamin kondisi finansial pasangan setelah pernikahan terjadi. Apalagi, bagi salah satu pihak yang tidak bekerja. Sehingga, pihak lain akan diberikan kewajiban untuk membayar kebutuhan rumah tangga di masa depan meski telah bercerai. Hal tersebut pun harus ditunaikan karena telah terikat dengan hukum yang berlaku.

Perjanjian pranikah juga berisi penentuan harta setelah berpisah. Mulai dari harta yang didapat dalam pernikahan, bahkan warisan. Sehingga, akan menjamin keuangan kamu dan pasangan dalam kehidupan masa depan.

Kamu bisa mulai mencoba untuk membuat perjanjian pranikah semacam ini. Namun, pastikan kamu telah membahasnya dengan pasangan sehingga dapat menemukan kesepakatan yang tepat.

Selain itu, kamu dan pasangan juga akan menjadi lebih kompak dan berkomitmen dalam menjalankan perjanjian yang telah disepakati. Selamat mencoba ya, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel