1. Health
  2. 6 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jantung
Health

6 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jantung

6 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Tentunya semua orang tahu olahraga sangat baik buat kesehatan seluruh organ tubuh, tak terkecuali jantung. Olahraga yang dilakukan secara teratur dan rutin akan membuat jantung bekerja lebih baik untuk memompa darah. 

Tapi tahukah Anda apa saja manfaat olahraga untuk kesehatan jantung? Cari tahu di sini, yuk!

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Inilah 6 manfaat yang bisa Anda rasakan untuk jantung Anda dari berolahraga secara rutin.

1. Berat Badan Tetap Terjaga dan Sehat

manfaat olahraga
Foto: Ladiestory.id

Walaupun Anda menjaga pola makan sehat namun belum sempurna bila tanpa olahraga. Dengan berolahraga itu artinya tubuh akan aktif bergerak dan itu jadi salah satu cara menurunkan berat badan serta menjaganya tetap ideal. 

Dalam hal ini tentu sangat membantu untuk memaksimalkan kesehatan jantung, karena bila Anda punya berat badan yang berlebihan itu justru akan menekan jantung dan dapat beresiko terserang  penyakit jantung atau lebih parah lagi mengalami stroke. 

2. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat olahraga bagi jantung bisa didapatkan dari olahraga lari, jalan bersepeda, lompat tali dan aerobik. Dengan melakukan olahraga tersebut maka tekanan darah akan lebih terkontrol, serta pernapasan pun akan lebih berkualitas. 

Mengapa demikian? Karena jika Anda melakukan olahraga lari, jalan, aerobik dan sebagainya secara rutin, maka jantung tidak perlu bekerja keras lagi saat berolahraga.

3. Menghambat Peradangan 

manfaat olahraga
Foto: Ladiestory.id

Dengan Anda melakukan olahraga secara  teratur,  maka peradangan kronis akan bisa dihambat. Karena tubuh Anda mampu beradaptasi dengan sistem yang ada di tubuh Anda. Hal itu merupakan faktor penting untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. 

4. Meningkatkan Kerja Otot

Kombinasi dari olahraga lari, jalan, renang, aerobik, angkat beban merupakan olahraga yang baik buat jantung. Olahraga tersebut dapat meningkatkan kemampuan kerja otot dalam mengambil oksigen dari sirkulasi darah. Hal tersebut akan meringankan kerja jantung dari bekerja lebih keras dalam  memompa banyak darah ke otot.

5. Mengurangi Stres

manfaat olahraga
Foto: Ladiestory.id

Kita semua tahu bahwa stress bisa menimbulkan bermacam masalah kesehatan. Tapi ternyata tak hanya itu,  hormon stres juga dapat menambah beban kerja jantung. 

Olahraga seperti latihan beban atau yang berfokus pada fleksibilitas, seperti yoga dapat membantu tubuh jadi lebih rileks, dengan begitu otomatis akan mengurangi stres.

6. Membuat Tekanan Darah Jadi Stabil

Bila darah mengalami tekanan tinggi maka akan beresiko terkena penyakit jantung. Seperti obat beta-blocker, begitu juga dengan olahraga dapat berfungsi menghambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah sama seperti saat kita istirahat atau ketika berolahraga. 

Dengan rutin berolahraga bisa juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan pada darah. 

Jadi, intinya jantung adalah organ tubuh manusia yang terdiri atas otot, karena itu ia harus dilatih agar bisa  bekerja dengan optimal. Saat  jantung bekerja optimal maka  proses pemompaan dalam darah dapat  berjalan dengan  efisien ke seluruh bagian tubuh. 

Namun, tanpa aktivitas fisik yang teratur seperti olahraga, maka tubuh akan kehilangan stamina, kekuatan, serta kemampuan yang baik.

Itulah 6 manfaat olahraga bagi kesehatan jantung. Sudahkah Anda berolahraga hari ini?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel