1. Health
  2. Tak Hanya Bikin Kurus, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari
Health

Tak Hanya Bikin Kurus, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Tak Hanya Bikin Kurus, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Ilustrasi minum air putih di pagi hari. (Special)

Ladiestory.id - Minum air putih di pagi hari sangat penting bagi kesehatan tubuh. Air putih tak hanya berperan untuk meredakan rasa haus, tetapi juga berguna untuk mengangkut nutrisi ke setiap sel, mengatur suhu tubuh, dan melumasi sendi.

Maka dari itu, sebelum mulai melakukan aktivitas, ada baiknya mengawali hari dengan minum air putih. Lantas apa saja manfaat minum air putih di pagi hari?

Dilansir dari Medical News Today, setidaknya ada 5 manfaat minum air putih yang perlu diketahui.

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi menurunkan berat badan. (Special)

Minum air putih di pagi hari disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikaitkan dengan sebuah studi di 2019. Dalam studi tersebut ditemukan adanya hubungan antara asupan cairan yang lebih tinggi dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dewasa muda.

Selain itu, sebuah studi di 2010 lalu juga menemukan kaitan antara minum air putih dengan penurunan berat badan. Disebutkan bahwa orang dewasa yang sudah paruh baya atau kira-kira di atas 35 tahun, mengalami penurunan berat badan ketika mereka minum 500 mililiter air sebelum makan selama 12 minggu.

Meski begitu, sebagian peneliti mengaitkan penurunan berat badan ini akibat penurunan asupan energi pada peserta yang minum air terlebih dahulu sebelum makan.

Meningkatkan Fokus dalam Bekerja

Ilustrasi fokus dalam bekerja. (Special)

Sebuah kajian pada 2019 lalu menunjukkan efek hidrasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Sementara dehidrasi dapat memiliki efek negatif pada ingatan jangka pendek.

Oleh karena itu, apabila kamu mau mengawali hari dengan baik, ada baiknya untuk membiasakan minum air putih di pagi hari sebelum beraktivitas.

Meningkatkan Mood

Ilustrasi mood bagus. (Special)

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, minum air putih di pagi hari juga bisa meningkatkan mood, lho Ladies. Sebuah studi di 2014 menemukan bahwa orang yang terbiasa minum air putih dengan jumlah sedikit akan merasakan suasana hati yang lebih baik ketika dirinya meningkatkan asupan air.

Bukan hanya itu, orang yang memiliki kebiasaan minum air dengan jumlah banyak pun akan merasakan penurunan suasana hati, ketenangan, dan emosi positif ketika asupan air di tubuhnya tiba-tiba berkurang.

Dengan studi tersebut makin membuktikan alasan mengapa kita perlu memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Bagus untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Sebagian orang meyakini bawa rutin minum air putih dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Pasalnya, 30 persen kandungan dari kulit adalah air. Dengan asupan air putih yang cukup, kulit akan tetap kencang karena elastisitas dan ketahanannya terjaga dengan baik.

Menurut sebuah studi di 2015, peningkatan asupan air dapat memberikan efek positif pada fisiologi kulit. Hal ini membuat kulit jadi lebih terhidrasi, terutama pada orang yang biasanya minum lebih sedikit air sebelumnya.

Meningkatkan Fungsi Tubuh

Ilustrasi fungsi tubuh meningkat. (Special)

Manfaat selanjutnya dari kebiasaan minum air putih di pagi hari adalah meningkatkan fungsi berbagai organ tubuh, di antaranya ginjal, saluran kemih, sistem kardiovaskular, hingga sendi dan tulang. 

Dengan minum air putih di pagi hari akan memudahkan ginjal dalam membuang limbah dari dalam tubuh. Saluran kemih pun ikut terbantu karena jumlah asupan cairan yang meningkat bisa mencegah dari terbentuknya batu atau urolithiasis.

Asupan air yang cukup juga akan membantu sistem kardiovaskular dalam menjalankan fungsinya. Hal yang sama juga untuk tulang dan sendi, yang mana akan mendapatkan cairan pelumas terbaik lewat minum air putih. 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaatnya, maka tunggu apa lagi? Mari mulai biasakan untuk minum air putih di pagi hari sebelum beraktivitas agar tubuh senantiasa sehat. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel