Meski Pahit, 7 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan

Sabtu, 26 Februari 2022 | 20:38:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Meski Pahit, 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan

Ilustrasi madu hitam. (Special)

Ladiestory.id - Madu hitam mungkin terdengar asing di telinga banyak orang. Biasanya, lebih banyak orang yang mengonsumsi madu kuning yang memiliki rasa manis.

Namun madu hitam ini berbeda dari madu kuning, sebab memiliki rasa cenderung pahit dibanding jenis madu lainnya. Madu hitam dihasilkan dari lebah hutan yang menghisap sari bunga pohon mahoni.

Nah, sari bunga pohon mahoni ini sendiri dikenal dengan zat alkaloid. Zat yang satu ini digunakan sebagai anti infeksi untuk menyembuhkan peradangan.

Tak hanya itu, namun madu hitam juga mengandung asam fenolat. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas.

Bahkan, madu hitam juga kaya akan kandungan lainnya seperti kalsium, magnesium, karbohidrat, vitamin, zat besi, hingga fosfor. Oleh sebab itu, tidak heran jika madu hitam memiliki banyak manfaat dibalik rasanya yang pahit.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Ilustrasi prempuan sedang haid. (Special)

Hampir semua kaum hawa merasakan perut kram, payudara nyeri, punggung pegal saat pra menstruasi hingga menstruasi. Nah salah satu manfaat dari madu hitam adalah meredakan semua rasa sakit saat menstruasi.

Sebab madu hitam memiliki kandungan mineral yang mampu mencegah rasa kram saat menstruasi. Cukup campurkan madu hitam dengan air hangat lalu diminum.

Meningkatkan Stamina

Ilustrasi perempuan kuat. (Special)

Menjalani kegiatan sehari-hari kita membutuhkan stamina. Tak hanya dari makanan, namun stamina juga bisa didapatkan dari madu hitam.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi madu hitam secara rutin untuk mendapatkan tenaga lebih. Dengan itu, dipercaya kita dapat kuat menjalani hari-hari terlebih di masa pandemi.

Mengobati Diabetes

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Jangan salah sangka, orang yang mengidap penyakit diabetes tidak boleh mengonsumsi madu. Justru madu hitam mampu menjadi obat bagi penderita diabetes.

Hal ini disebabkan madu hitam mengandung alkaloid tinggi yang memang diperlukan untuk penderita diabetes. Selain itu, madu hitam memiliki glukosa yang rendah sehingga tidak perlu khawatir meningkatkan gula darah.

Meski terbilang bagus untuk mengobati diabetes, namun alangkah lebih baik untuk konsultasi kepada dokter. 

Mengobati Maag

Ilustrasi perempuan sakit perut. (Special)

Rasa mual dan nyeri di perut sering kali dirasakan oleh para penderita maag. Nah salah satu manfaat madu hitam dapat mengobati rasa nyeri hingga mual yang disebabkan oleh maag. Madu hitam disini menggantikan peran antibiotik.

Jika Kamu mengonsumsi madu hitam secara berkala, maka akan mengurangi rasa tidak nyaman akibat maag. Selain itu, madu hitam ini juga mampu menyehatkan pencernaan manusia.

Meredakan Asam Urat

Asam urat biasanya diderita oleh orang tua, namun tidak menutup kemungkinan anak muda juga mengalaminya. Jika asam urat kambuh, maka persendian akan bengkak, sakit, hingga muncul kemerahan.

Meski belum ada penelitian secara lanjut, namun madu hitam mampu meredakan penyakit yang satu ini. Sebab madu hitam dapat menetralisir senyawa purin. Alangkah baiknya konsultasikan pada dokter jika ingin menggunakan madu hitam sebagai obat untuk asam urat.

Mengatasi Asma

Ilustrasi sakit asma. (Special)

Madu hitam dapat menjadi pilihan obat herbal bagi Kamu penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya. Walaupun manfaat madu hitam ini tidak dirasa saat itu juga, Kamu perlu mengonsumsinya secara rutin.

Namun jangan jadikan madu hitam sebagai pengganti obat dokter, ya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jika diperbolehkan, konsumi madu hitam sebagai obat herbal tambahan yang disandingkan dengan obat dokter. 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Ilustrasi luka. (Special)

Manfaat madu hitam selanjutnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Hal ini pun sudah diteliti bahwa madu hitam mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengoleskan madu hitam ke luka membuat inflamasi jadi turun dan bakteri Staphylococcus di luka akan cepat sembuh.