1. Health
  2. Selain Baik bagi Kulit, Ini 6 Manfaat Konsumsi Tahu untuk Ibu Hamil
Health

Selain Baik bagi Kulit, Ini 6 Manfaat Konsumsi Tahu untuk Ibu Hamil

Selain Baik bagi Kulit, Ini 6 Manfaat Konsumsi Tahu untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Tahu. (Pinterest)

Ladiestory.id - Tahu mengandung asam amino yang baik bagi tubuh. Tahu dikenal kaya akan protein nabati yang baik bagi kesehatan.

Makanan yang berasal dari kedelai ini juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan tumbuh janin. Selain asam amino dan protein, tahu juga memiliki nutrisi zat besi serta mengandung lemak tak jenuh yang baik. Bahkan, air tahu juga baik dikonsumsi saat masa-masa kehamilan. Selain baik bagi kulit, tahu juga memiliki enam manfaat tahu untuk ibu hamil.

Kaya Protein

Ilustrasi tahu. (Pinterest)

Mengonsumsi makanan sehat semasa kehamilan perlu diperhatikan, baik dari segi gizi, protein dan juga kandungan vitamin serta minera, yang dapat menjadi sumber energi dan menutrisi tubuh ibu dan janin. Mengonsumsi tahu memiliki manfaat tersendiri bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan, salah satunya ialah kaya akan protein.

Dalam 3 ons tahu mengandung 10 gram protein, yang dapat memberikan pengaruh baik bagi pertumbuhan janin, khususnya perkembangan otak janin. Selain itu, tahu juga membantu jaringan rahim tumbuh saat proses kehamilan serta meningkatkan darah pada ibu hamil.

Tinggi Kalsium

Ilustrasi tahu. (Pinterest)

Manfaat lainnya yang terkandung dalam tahu ialah tinggi akan kalsium. Kalsium berperan untuk pertumbuhan tulang, gigi dan otot saraf pada janin. Kedelai pada tahu juga mengandung asam fitat yang dapat mencegah masuknya logam berat, seperti merkuri, kadium dan uranium dalam tubuh.

Perlancar Sel Darah

Ilustrasi peredaran darah tubuh. (Pinterest)

Tahu juga dikenal sebagai sumber zat besi dan juga tembaga yang dapat membantu memproduksi dan memperlancar sel darah dalam tubuh. Selain itu, tahu juga memiliki bagian penting dari hemoglobin yang dapat membantu menghasilkan energi serta melepaskan oksigen dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi tahu semasa hamil juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Sehingga, bumil akan semakin aktif dan tidak mudah lelah.

Kaya Antioksidan

Ilustrasi kulit sehat. (Pinterest)

Tak hanya sayuran hijau dan buah-buahan segar, tahu juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam tahu juga dapat mencegah bayi dari diabetes dan obesitas saat lahir.

Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Penyakit Jantung. (Pinterest)

Manfaat lainnya mengonsumsi tahu ialah dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Tahu juga memiliki kandungan asam lemak dan omega 3 yang dapat membantu mengindari terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh, serta mencegah arteri tersumbat. Tahu juga dikenal sebagai lemak tak jenuh yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol pada ibu hamil.

Lawan Radikal Bebas

Ilustrasi kulit sehat. (Pinterest)

Selain bagi kesehatan, tahu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya dapat melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin E pada tahu juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Antioksidan juga mampu mencegah kulit dari keriput dan penuaan dini.

Tak hanya itu, dengan mengonsumsi tahu juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium, vitamin E dan protein dalam tahu yang dapat membantu memperlambat kolagen.

Tentunya, asupan nutrisi untuk membuat kulit sehat dan awet muda tidak hanya didapatkan dari satu nutrisi, tetapi juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, air putih.  Selain itu, perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel