1. Mom & Kids
  2. Moms, Ini 5 Manfaat Dengarkan Musik Instrumental bagi Ibu Usai Melahirkan
Mom & Kids

Moms, Ini 5 Manfaat Dengarkan Musik Instrumental bagi Ibu Usai Melahirkan

Moms, Ini 5 Manfaat Dengarkan Musik Instrumental bagi Ibu Usai Melahirkan

Ilustrasi ibu dan bayi. (Special)

Ladiestory.id - Usai melahirkan, umumnya para perempuan akan merasakan kebahagiaan. Namun setelah menjalani beberapa minggu sebagai new mom, kebanyakan di antara mereka akan mulai merasa stres.

Hal ini new mom harus beradaptasi dengan aktivitas dan suasana yang baru. Stres tersebut sering bercampur dengan rasa bahagia. Namun tetap saja, pikiran stres sangatlah berpengaruh terhadap produksi ASI yang diberikan untuk si kecil.

Belum lagi jika new mom harus mengalami proses pemulihan setelah melahirkan terutama bagi para ibu yang melairkan melalui operasi caesar. Kondisi fisik yang tidak sehat dan kondisi mental yang sedikit terganggu sangat mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Kamu dapat mengatasi permasalahan ini dengan mendengarkan musik instrumental. Sebab musik ini sangat baik bagi ibu usai melahirkan dan ibu menyusui. Memang apa saja manfaatnya? Yuk ketahui lima manfaat musik instrumental bagi ibu usai melahirkan.

Tercipta Rasa Gembira dan Bahagia

Ilustrasi ibu dan bayi. (Special)

Setelah melahirkan, emosi seorang ibu sedang campur aduk sebab masa adaptasi menjadi new mom. Oleh sebab itu, mendengarkan musik intrumental mampu membuat emosi positif setelah melahirkan.

Selain itu, musik intrumental dapat mengatur suasana hati menjadi gembira dan bahagia. Terlebih musik intrumental dapat menenangkan hati di tengah masa-masa sulit menjadi new mom.

Selain itu, dikutip dari Liveforlivemusik, mendengarkan lagu favorit selama 15 menit sudah membuat perasaan menjadi lebih bahagia dan gembira.

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Ilustrasi ibu dan bayi. (Special)

Fisik yang sehat sangat diperlukan untuk memberikan ASI yang berkualitas bagi sang bayi. Namun sayangnya, fisik masih lemah usai melahirkan.

Bahkan 6 minggu setelah proses persalinan masih dianggap dalam masa pemulihan. Terutama bagi para ibu yang melahirkan melalui operasi caesar.

Untuk mempercepat proses tersebut, Mom bisa mendengarkan musik instrumental. Selain itu, musik ini mampu meningkatkan kesehatan fisik secara sempurna.

Bahkan mendengarkan musik instrumental kerap digunakan sebagai pengobatan alternatif, lho. Jika keadaan fisik ibu sehat, maka secara otomatis anak akan menjadi sehati sebab mendapatkan ASI yang berkualitas.

Tidur Nyenyak

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Mom, tidak bisa dimungkiri menjadi new mom menjadikan kita terlihat seperti zombi baru. Sebab para ibu akan mengalami gangguan tidur akibat bayi yang menangis ataupun belum memiliki jam tidur tertentu.

Oleh sebab itu, seorang perempuan yang baru melahirkan setidaknya akan mengalami insomnia selama 3 bulan. Mom bisa ajak suami untuk bekerja sama menjaga bayi di tengah malam.

Nah, saat itulah, Kamu bisa mendengarkan musik intrumental untuk mendapat tidur yang nyenyak. Meskipun tidak bisa tidur dalam durasi lama, setidaknya kualitas tidur baik akan sangat membantu. Dengan begitu, Mom tidak akan stres yang akhirnya akan berpengaruh ke ASI yang diproduksi.

Kurangi Efek Stres Selama Menyusui

Ilustrasi menyusui. (Special)

Stres usai melahirkan disebabkan oleh beberapa faktor, terutama disebabkan peralihan menjadi seorang ibu baru dengan segalanya yang merubah kehidupan.

Termasuk ketika memberikan ASI kepada anak juga dapat menyebabkan stres. Beberapa kondisi seperti, ASI tidak keluar, payudara sakit, anak tidak mau diberikan ASI eksklusif membuat ibu tambah stres.

Padahal semakin ibu stres semakin berpengaruh terhadap ASI. Oleh sebab itu, Kamu bisa mendengarkan musik intrumental ketika sedang memberikan ASI eksklusif.

Diharapkan musik tersebut mampu memberikan ketenangan yang membuat ASI dapat diproduksi secara lancar. Selain itu, musik intrumental memang dikenal sebagai antidepresan alami. Sebab memutar musik intrumental dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Membuat Rileks dan Tenang

Ilustrasi ibu dan bayi. (Special)

Usai melahirkan sering membuat new mom merasa jenuh terhadap waktu dan hidupnya. Sebab kegiatan sehari-hari hanya akan dipenuhi dengan mengurus anak dan rumah.

Oleh sebab itu, seringlah putar musik intrumental ketika melakukan berbagai aktivitas di rumah. Hal ini akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Sebab dengan menderngarkan musik intrumental mampu membuat seseorang melepas dopamin di otak.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel