1. Health
  2. Baik untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil
Health

Baik untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil

Baik untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil

Ilustrasi manfaat buah naga bagi ibu hamil. (Special)

Ladiestory.id - Buah naga memiliki rasa yang segar dan manis. Namun, rasa tersebut juga tergantung pada setiap varian dari buah naga itu sendiri.

Dibalik rasanya yang nikmat, buah naga ini juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebab, buah naga mengandung vitamin, serat, protein, lemak, fosfor, zat besi, dan kalsium. Dengan berbagai kandungan ini, apa saja manfaat buah naga bagi ibu hamil?

Cegah Risiko Anemia

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Untuk perkembangan janin yang baik, ibu hamil membutuhkan banyak sek darah merah. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh terkena anemia. Sebab, oksigen yang seharusnya disalurkan ke tubuh dan janin menjadi terbatas.

Bahkan jika kondisi ini tidak segera ditangani, akan menyebabkan komplikasi yang membahayakan, salah satunya dampaknya bayi lahir secara prematur. Tak hanya itu, namun seorang ibu hamil yang terkena animia dapat melahirkan bayi dengan berat badan rendah hingga kematian pada ibu usai melahirkan.

Oleh sebab itu, untuk mencegah risiko anemia ini, ibu hamil dapat mengonsumsi buah naga. Sebab buah yang satu ini mampu memberikan hasil signifikan pada kadar eritrosit dan hemoglobin.

Lindungi dan Jaga Kesehatan Sel

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Janin di dalam kandungan harus berkembang dengan baik. Untuk itu, sel di dalam tubuh yang kecil harus dijaga dan dillindungi. Bahkan janin membutuhkan kolagen untuk membentuk tulang, kulit, otot, hingga pembuluh darah.

Agar semua itu bekerja dengan baik, sang ibu bisa membantu anak dalam kandungan dengan mengonsumsi buah naga. Sebab dalam buah ini mengandung vitamin C yang mampu melindungi dan menjaga kesehatan sel serta membentuk kolagen.

Namun sang ibu juga harus bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Sebab jika kelebihan vitamin C akan meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

Lindungi dari Radikal Bebas

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Buah naga mengandung antioksidan seperti asam fenolik, betacyanin, flavonoid yang bisa melindungi ibu hamil dari radikal bebas. Hal ini pun telah disebutkan dalam jurnal "JOJ Nursing and Health Care".

Buah naga mencegah berbagai penyakit ibu hamil akibat paparan asap rokok. Tak hanya itu, buah naga yan mengandung antioksidan ini dapat mengatur sintesis kolager yang mencegah berbagai masalah dalam persendian dan gusi.

Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga mampu melawan radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Selain itu, buah naga juga dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi. Bahkan buah naga dapat melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Atasi Sembelit

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Sebab 100 gram buah naga mengandung 2,5 gram serat, yaitu 11 persen dari nilai harian (DV).

Mengonsumsi serat dapat membantu tubuh membuang racun serta meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Oleh sebab itu buah naga juga bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil. Mengingat, sangat melelahkan jika ibu hamil harus berjuang mengeluarkan kotoran akibat sembelit.

Cegah Bayi Lahir Cacat

Ilustrasi ibu dan bayi. (Special)

Tak hanya mencegah bayi lahir prematur, namun mengonsumsi buah naga pada ibu hamil juga mencegah bayi lahir cacat. Sebab buah naga mengandung vitamin B komplek dan juga folat.

Kandungan inilah yang dapat membantu perkembangan saraf pada janin. Sehingga dapat dipastikan tabung saraf bayi ketika lahir tidak terjadi gangguan apapun.

Sumber Karbohidrat

Ilustrasi ibu hamil konsumsi makanan bergizi. (Special)

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tak jarang ibu hamil merasa sering lapar dan ingin mengonsumsi camilan.

Banyak ibu hamil yang mengonsumsi camilan tidak sehat, seperti fast food. Nah sebagai penggantinya, ibu hamil dapat mengonsumsi buah naga sebagai camilan.

Sebab buah naga mengandung banyak vitamin dan serat yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, buah naga merupakan sumber karbohidrat yang dapat dijadikan sarapan pagi atau camilan saat lapar. Kamu bisa membuat aneka kreasi buah naga, seperti dijadikan salad ataupun jus.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel