1. Health
  2. 5 Manfaat Buah Delima yang Jarang Diketahui
Health

5 Manfaat Buah Delima yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Buah Delima yang Jarang Diketahui

Ilustrasi buah delima. (Special)

Ladiestory.id - Buah delima cukup populer di Indonesia, meskipun tidak selalu dijual di pasaran. Buah delima memiliki warna yang cantik sehingga kerap menggugah selera untuk menyantapnya.

Buah delima menjadi salah satu buah tersehat lantaran mengandung berbagai nutrisi dan senyawa di dalamnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah delima memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Bahkan, mengonsumsi buah delima dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Yuk ketahui manfaat buah delima untuk kesehatan.

Meringankan Arthritis dan Nyeri Sendi

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Pada dasarnya, buah delima memiliki sifat antiperadangan. Sifat inilah yang dapat membantu  mengatasi permasalahan arthritis dan nyeri persendian.

Dikutip berbagai sumber, buah delima yang mengandung antioksidan flavonoid dapat membantu menghambat peradangan penyebab osteoarthritis dan kerusakan tulang rawan. Namun memang penelitian tersebut dipercobakan pada hewan dan bukan manusia.

Sehingga, penelitian tersebut memang membutuhkan studi lanjutan. Demi dapat membuktikan seberapa efektif buah delima dalam perawatan arthritis dan nyeri persendian.

Membantu Menjaga Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Manfaat buah delima yang satu ini sudah bukan menjadi rahasia umum terlebih bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet. Namun tetap saja, mengonsumsi buah delima tidak serta merta membuat berat badan langsung turun.

Bahkan, manfaat buah delima dapat membantu menuruntkan berat badan belum banyak penelitian. Sehingga tidak ada yang tahu seberapa efektivitas buah delima terhadap penurunan berat badan. Namun, pomegranate bisa dijadikan menu makanan sehari-hari. Pasalnya, buah delima mengandung serat yang mengenyangkan, sehingga memang dapat membantu menjaga berat badan.

Mengonsumsi buah delima yang dapat memantu membuat rasa kenyang. Sehingga, hal ini membuat Kamu makan dalam porsi lebih sedikit hingga pada akhirnya berat badan pun turun. Makan buah delima juga dapat menurunkan keinginan menyantap camilan dan minuman tidak sehat lainnya, seperti kue, permen, atau junk food.

Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Bagi penderita penyakit jantung ataupun memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, sebaiknya mulai rutin mengonsumsi buah delima. Terlebih bagi seseorang yang mengidap penyakit jantung koroner.

Dilansir berbagai sumber, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi minimal 200 ml jus buah delima tiap hari selama 3 bulan dapat menurunkan gejala iskemia. Biasanya, gejala ini diakibatkan dari penyempitan pembuluh darah jantung.

Mengonsumsi buah delima juga dapat menyehatkan jantung. Pasalnya, buah delima dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah dari dan ke jantung, serta pembuluh darah di seluruh tubuh tetap lancar.

Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi tingkatkan kinerja otak. (Special)

Manfaat lain dari buah delima adalah mampu membantu meningkatkan daya ingat. Bahkan, hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Dilansir berbagai sumber, penelitian itu dilakukan pasien bedah menemukan bahwa 2 gram ekstrak buah delima mampu mencegah defisit dalam memori setelah operasi.

Studi lain mengatakan 28 orang dewasa yang lebih tua dengan keluhan memori, dengan mengonsumsi 8 ons (237 ml) jus delima per hari secara signifikan dapat meningkatkan memori verbal dan visual. Kemudian masih ada studi yang dilakukan kepada tikus sebagai subjek penelitian. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu melawan penyakit alzheimer.

Menyehatkan Kulit

Ilustrasi perempuan aplikasikan skincare. (Special)

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, namun buah delima juga mampu menyehatkan kulit sehingga dapat memberikan kecantikan alami. Hal ini disebabkan buah delima memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini dapat menjauhkan bakteri dan infeksi lainnya dari permukaan kulit. Tak hanya daging buah delima, namun kupasan kulit delima bisa melawan jerawat juga.

Bahkan, kulit buah delima juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit alami manusia. Nantinya, kulit delima ini akan bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel