1. Mom & Kids
  2. 5 Manfaat Bermain Sepatu Roda untuk Anak, Bantu Tingkatkan Percaya Diri
Mom & Kids

5 Manfaat Bermain Sepatu Roda untuk Anak, Bantu Tingkatkan Percaya Diri

5 Manfaat Bermain Sepatu Roda untuk Anak, Bantu Tingkatkan Percaya Diri

Iustrasi anak bermain sepatu roda. (Special)

Ladiestory.id - Sepatu roda bukan lagi menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Pasalnya, sudah banyak kalangan masyarakat yang menjadikan sepatu roda sebagai aktivitas yang menyenangkan. Bahkan, juga sudah banyak komunitasnya di berbagai kota di Indonesia. Sepatu roda tak hanya diminati oleh orang dewasa saja, namun juga oleh anak-anak. 

Meskipun terlihat sebagai aktivitas yang menantang dan membahayakan, namun bermain sepatu roda nyatanya sangat seru untuk dilakukan. Selain membuat anak merasa bahagia, ternyata bermain sepatu roda juga dapat memberikan manfaat yang bagus bagi anak. Nah, berikut Ladiestory.Id telah merangkum lima manfaat bermain sepatu roda bagi anak. 

Otot Lebih Kuat

Iustrasi anak bermain sepatu roda. (Special)

Bermain sepatu roda bisa menjadi salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan. Dengan bermain sepatu roda, maka otot pada bagian betis, paha depan, paha belakang, perut, dan juga punggung menjadi lebih kencang dan kuat.

Selain itu, bermain sepatu roda juga termasuk olahraga aerobik. Olahraga ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, serta membantu meningkatkan detak jantung dan memompa darah secara lebih baik.

Anak Lebih Aktif

Iustrasi anak bermain sepatu roda. (Special)

Tak hanya membuat otot anak menjadi lebih kuat, bermain sepatu roda juga dapat membuat anak menjadi lebih aktif. Pasalnya, selain membutuhkan mental dan keberanian, bermain sepatu roda juga membutuhkan kekuatan fisik.

Saat anak sudah berani untuk bermain sepatu roda, maka anak akan merasa enjoy berjalan berkeliling menggunakan sepatu roda. Anak juga berkeinginan untuk tetap bergerak aktif, sehingga akhirnya akan berdampak baik ke kesehatan mereka.

Anak yang sedikit kelebihan berat badan, bisa mencapai berat badan ideal dengan melakukan aktivitas bermain sepatu roda.

Latih Keseimbangan

Iustrasi anak bermain sepatu roda. (Special)

Kekuatan otot perut dan punggung yang sudah terlatih maka dapat berpengaruh kepada kemampuan keseimbangan dan stabilitas tubuh dalam aktivitas sehari-hari. Dengan bermain sepatu roda, maka anak akan belajar cara mengendalikan kecepatan dan arah saat bermain.

Sehingga, jika dilakukan secara rutin, maka anak akan menjadi lebih lancar. Bahkan, anak bisa melakukan gerakan yang lebih menantang seperti crossover dan moon-walk. Bermain sepatu roda sangat bagus untuk membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi anak. 

Tingkatkan Percaya Diri

Iustrasi anak bermain sepatu roda. (Special)

Kepercayaan diri pada anak akan terbentuk dengan berlatih dan bermain sepatu roda. Anak akan merasa bangga setelah melakukan beberapa kali latihan dan akhirnya berhasil bermain sepatu roda dengan lancar. Terlebih, tidak semua orang bisa bermain sepatu roda dan menganggap sepatu roda adalah hal yang sulit. 

Ketika anak telah mahir bermain sepatu roda dan menjadikannya sebagai salah satu hobi, maka akan membuat anak menjadi lebih percaya diri. Anak akan lebih termotivasi untuk melakukan banyak hal baru dan bisa lebih sukses.

Mudah Bersosialisasi

Iustrasi anak bermain sepatu roda. (Special)

Manfaat terakhir yang didapatkan jika anak bermain sepatu roda adalah anak akan menjadi lebih mudah bersosialisasi. Aktivitas bermain sepatu roda biasanya dilakukan di ruang terbuka, sehingga akan membuka kemungkinan anak bertemu bertemu dengan teman-teman baru dan berkenalan.

Terlebih, jika mereka memiliki ketertarikan yang sama. Hal ini tentunya akan memudahkan anak untuk saling mengenal dan memulai percakapan. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan anak jika bermain sepatu roda. Meskipun di awal latihan, bermain sepatu roda adalah hal yang sulit, namun jika anak telah mahir dan nyaman dalam bermain, maka akan memberikan banyak dampak positif.

Sebagai orang tua, jika memang anak memiliki ketertarikan dalam bermain sepatu roda maka yang perlu dilakukan adalah mendukung keinginan anak dan memfasilitasinya. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel