1. Lifestyle
  2. Tak Hanya Menghibur, Ini 6 Manfaat Behind The Scene pada Pembuatan Film
Lifestyle

Tak Hanya Menghibur, Ini 6 Manfaat Behind The Scene pada Pembuatan Film

Tak Hanya Menghibur, Ini 6 Manfaat Behind The Scene pada Pembuatan Film

Ilustrasi di balik layar proses syuting. (HBO)

Ladiestory.id - Saat menonton film atau drama, tidak jarang kita akan dibagikan behind the scene (BTS) dari proses pembuatannya. Adanya BTS ini tidak hanya sebagai seru-seruan saja lho, Ladies. Ada beberapa manfaat yang ternyata sangat penting. Konten behind the scene ini tidak hanya untuk lebih dekat dengan penonton saja, namun bisa lebih dari itu.

Manfaat Adanya Behind The Scene pada Pembuatan Film

Ada beberapa alasan kenapa behind the scene pada film itu sangat penting. Beberapa alasan tersebut tak lain karena berbagai manfaat berikut yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Konten untuk Publikasi dan Promosi

Ilustrasi di balik layar proses syuting. (Sepsial)

Sebelum penayangan film, biasanya akan mulai muncul berbagai teaser atau trailer film berisikan cuplikan adengan yang fungsinya sebagai media untuk promosi. Ternyata tidak hanya teaser atau trailer saja yang bisa digunakan untuk berpromosi. Namun behind the scene juga bisa digunakan untuk kebutuhan ini.

2. Melihat Kemistri Antarpemain atau Kru di Luar Set Film

Setelah menonton sebuah film, biasanya yang kerap membekas di pikiran ada bermacam-macam. Mulai dari visual pemainnya, jalan ceritanya, hingga kemistri antar pemainnya. Karena cukup membekas, biasanya penonton akan mencari konten behind the scene yang diunggah di media sosial atau YouTube.

3. Melihat Kecanggihan CGI

Ilustrasi di balik layar proses syuting. (Lucasfilm)

Untuk memberikan visual effects dan special effects pada sebuah film, biasanya ada yang menggunakan teknologi graif komputer atau yang kita kenal dengan CGI (Computer Graphic Images).

Biasanya dalam video behind the scene biasanya akan ditunjukkan proses pengambilan adegan sebelum dan sesudah diolah dengan CGI. Penggunaan CGI ini biasanya bisa Kamu jumpai pada jenis-jenis film action atau superhero, seperti pada film Avengers: Endgame.  

4. Sebagai Media Belajar Film Making

Ilustrasi di balik layar proses syuting. (Shutterstock)

Jika Kamu penasaran dengan bagaimana pembuatan adegan dari film yang ditonton, maka cara termudah adalah mencari behind the scene-nya. Karena biasanya di video behind the scene akan terjawab berbagai pertanyaan tersebut.

Kamu bisa melihat bagaimana proses para kru mengambil gambar adegan, bagaimana tiap divisi bekerja, belajar bagaimana tipe-tipe sudut pengambilan gambar, kamera yang digunakan, pergerakan kamera saat pengambilan gambar, lighting, dll.

5. Membuat Penasaran

Adanya video behind the scene juga bertujuan agar penonton semakin penasaran untuk melihat keseluruhan isi film. Karena dalam video behind the scene memungkinkan penonton untuk melihat sneak peek pengambilan gambar di satu adegan dan ditayangkan secara cuma-cuma.

6. Membuat Penonton Merasa Istimewa

Tak hanya berbagai manfaat yang tadi disebutkan saja. Dengan adanya video behind the scene juga membuat para penonton merasa istimewa loh. Karena kapan lagi penonton bisa mendapatkan asupan berbagai hal yang terjadi di balik layar dari film, baik itu seputar film dan kru-nya. Sehingga selain bisa sebagai media promosi, juga bisa membuat penonton semakin terhibur.

Itu beberapa manfaat dari behind the scene yang ternyata tidak hanya untuk seru-seruan saja, namun juga memiliki manfaat penting di baliknya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel