1. Health
  2. Kaya Antioksidan, 8 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Kecantikan
Health

Kaya Antioksidan, 8 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kaya Antioksidan, 8 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi bawang dayak. (Special)

Ladiestory.id - Bawang dayak merupakan bawang khas Kalimantan. Bawang ini sebenarnya berasal dari Amerika dan dibudidayakan oleh suku dayak, sehingga masyarakat menyebutnya dengan bawang dayak.

Sekilas, bawang dayak memiliki bentuk serupa dengan bawang merah. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan lonjong. Selain untuk menambah cita rasa masakan, bawang dayak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat bawang dayak.

Cegah Diabetes

Ilustrasi cek gula darah. (Special)

Memiliki kandungan senyawa flavonoid, alkaloid, dan glikosida, bawang dayak dipercaya mampu untuk mencegah dan menurunkan kadar gula darah. Agar mendapatkan hasil yang optimal, Kamu bisa konsumsi bawang dayak secara rutin.

Caranya dengan memotong tipis bawang dayak, kemudian dijemur sampai kering. Setelah dihaluskan, Kamu bisa seduh sebagai minuman atau bisa juga diolah sebagai makanan.

Cegah Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Seperti diketahui, kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan risiko terkena penyakit, seperti jantung, hipertensi, hingga stroke. Hal yang dapat kita lakukan adalah menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, salah satunya dengan mengkonsumsi bawang dayak.

Kandungan eleutherinol yang ada pada bawang dayak dapat membantu mencegah dan menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida di dalam darah.

Cegah Kanker Serviks

Ilustrasi serviks. (Special)

Seiring dengan bertambahnya usia perempuan, maka hormon estrogen akan semakin menurun. Sehingga, akan memengaruhi kesehatan tubuh.

Beberapa ahli penelitian menyatakan, jika kandungan alami bawang dayak mampu untuk meningkatkan hormon estrogen tanpa harus disertai penebalan dinding rahim. Hal ini akan mencegah atau menurunkan risiko kanker serviks pada perempuan.

Jaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

Bawang dayak dipercaya mampu menjaga kepadatan tulang, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan bawang dayak memiliki kandungan kalsium dan mineral yang cukup tinggi. Agar kesehatan tulang tetap terjaga, Kamu bisa konsumsi bawang dayak minimal satu kali sehari secara rutin.

Bantu Obati Batu Ginjal

Ilustrasi perempuan menderita batu ginjal. (Special)

Bawang dayak sejak dulu sering digunakan masyarakat Kalimantan sebagai obat tradisional, salah satunya sebagai obat alami penyakit batu ginjal. Penelitian ilmiah juga membuktikan bahwa bawang dayak dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal.

Sifat diuretik bawang dayak dapat membantu menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya bersamaan dengan urine. Tentunya semua itu juga harus disertai dengan banyak konsumsi air putih dan makanan sehat.

Atasi Jerawat

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

Kandungan etanol dalam bawang dayak dipercaya mampu mengatasi infeksi bakteri penyebab jerawat. Bawang dayak dipercaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri pemicu jerawat.

Meski begitu, tidak disarankan untuk mengaplikasikan bawang dayak ke wajah secara langsung. Hal itu dikarenakan kondisi kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Alangkah baiknya, Kamu coba di bagian leher untuk melakukan pengecekan kulit alergi atau tidak.

Cerahkan Kulit

Ilustrasi perempuan berkulit sehat. (Special)

Selain mengatasi jerawat, bawang dayak juga dapat membantu mencerahkan kulit. Kamu bisa campurkan bawang dayak yang sudah halus dengan beberapa sendok teh kunyit bubuk, aduk sampai berbentuk pasta. Lalu balurkan ke seluruh tubuh dan bilas dengan air bersih. Maka, Kamu akan mendapatkan kulit yang sehat sekaligus cerah.

Cegah Kerutan di Wajah

Ilustrasi perempuan awet muda. (Spesial)

Manfaat lain dari bawang dayak adalah untuk perawatan kecantikan, salah satunya untuk mencegah timbulnya kerutan di wajah. Haluskan beberapa siung bawang dayak, campur dengan air mawar hingga berbentuk pasta, lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikannya di leher dan wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel