1. Beauty
  2. Mampu Hidrasi Kulit, Ini 6 Manfaat Mandi Susu
Beauty

Mampu Hidrasi Kulit, Ini 6 Manfaat Mandi Susu

Mampu Hidrasi Kulit, Ini 6 Manfaat Mandi Susu

Manfaat Mandi Susu. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Mandi susu dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus. Susu yang mengandung asam laktat dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Susu juga dapat memberikan hidrasi dan membuat kulit menjadi lembut.

Meski begitu, tak semua orang cocok mandi menggunakan susu. Pada orang dengan kulit sensitif, mandi susu bisa saja menyebabkan iritasi.

“Asam laktat dalam susu bertindak sebagai pengelupas ringan, sementara lemak dan protein melembapkan kulit,” ujar Dr. Karuna Malhotra, seorang dokter estetika dan ahli kosmetik, melansir Healthshots, Rabu (2/10/2024).

Berikut ini beberapa manfaat mandi susu bagi kulit.

Eksfoliasi

Manfaat Mandi Susu: Eksfoliasi. (Freepik.com)

 

Susu merupakan produk olahan susu yang mengandung asam laktat, salah satu jenis asam alfa-hidroksi (AHA). Asam ini dapat membantu mengelupas kulit secara lembut dengan membuang sel-sel kulit mati dan mendorong pergantian sel.

Proses ini dapat membuat permukaan kulit menjadi halus. Tidak seperti bahan pengelupas mekanis seperti scrub, asam laktat mengelupas secara kimiawi. Pengelupasan alami ini dapat membantu mengurangi tampilan kulit kasar dan warna kulit tidak merata.

Hidrasi

Manfaat Mandi Susu: Hidrasi. (Freepik.com)

 

Susu, terutama susu murni, kaya akan lemak dan protein yang dapat membantu menghidrasi dan menutrisi kulit secara mendalam. Seratus gram susu murni memiliki 3,28 g protein dan 3 gram lemak, menurut Departemen Pertanian AS. 

Protein dan vitamin dalam susu, seperti vitamin A, D, dan B12 dapat membantu memulihkan dan menjaga tingkat hidrasi kulit. Hidrasi yang dalam ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, membuatnya terasa lembut, halus, dan kenyal setelah mandi susu.

Tenangkan Kulit

Manfaat Mandi Susu: Tenangkan Kulit. (Freepik.com)

 

Mandi susu memiliki efek menenangkan alami pada kulit yang teriritasi atau meradang karena sifat antiperadangan susu. Orang yang terbakar matahari dapat memperoleh manfaat dari mandi susu, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. 

Lemak alami dalam susu dapat memberikan lapisan pelindung yang dapat menenangkan kulit yang rusak, sementara asam laktat dapat mengelupas dengan lembut tanpa memperparah peradangan.

Haluskan Kulit

Manfaat Mandi Susu: Haluskan Kulit. (Freepik.com)

 

Salah satu manfaat langsung dan nyata dari mandi susu adalah membuat kulit terasa lebih lembut. Emolien alami dalam susu, terutama lemak, melapisi kulit dan mengunci kelembapan, sehingga menghasilkan kulit yang halus dan lembut. 

Jika kulit terhidrasi dan lembap dengan benar, kulit akan menjadi lebih elastis, tidak mudah pecah-pecah atau iritasi, serta terasa lebih halus saat disentuh. Mandi susu secara teratur dapat memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, sehingga terasa lembut.

Cerahkan Kulit

Manfaat Mandi Susu: Cerahkan Kulit. (Freepik.com)

 

Pengelupasan lembut yang diberikan oleh asam laktat dalam susu membantu menghilangkan sel kulit mati dan memperlihatkan lapisan kulit yang lebih bercahaya di bawahnya. Proses alami ini dapat memperbaiki warna kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah dan merata.

Anti Penuaan

Manfaat Mandi Susu: Anti Penuaan. (Freepik.com)

 

Susu memiliki efek menghaluskan, menenangkan, dan anti-penuaan, sebagaimana penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules pada tahun 2021. 

Sifat pengelupasan susu dapat memiliki efek anti-penuaan dengan mendorong regenerasi sel dan merangsang produksi kolagen, yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kekencangan kulit.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel