1. Lifestyle
  2. Sering Dilupakan, Makna Hari Raya Iduladha yang Wajib Diamalkan
Lifestyle

Sering Dilupakan, Makna Hari Raya Iduladha yang Wajib Diamalkan

Sering Dilupakan, Makna Hari Raya Iduladha yang Wajib Diamalkan

Ilustrasi momen Iduladha. (radio.gov.pk)

Ladiestory.id - Tanggal 10 Dzulhijah merupakan hari raya Iduladha bagi umat muslim. Pada hari tersebut, hewan kurban disembelih.

Kegiatan penyembelihan ini lekat dengan sejarah Islam yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Lantas, apa makna Iduladha sendiri bagi kita dalam kehidupan sehari-hari? Apakah ada yang perlu diamalkan dari hari penting ini? Ladiestory.id merangkum makna Iduladha.

Perintah Berbakti pada Orang Tua

Ilustrasi orang tua. (Special)

Sebagai penganut agama Islam, sudah seharusnya paham dengan sejarah dan mencontoh teladan dari para tauladan terdahulu, termassuk Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi ismail AS. Dalam sejarahnya, Nabi Ismail AS rela dikorbankan nyawanya sebagai bentuk kepatuhan terhadap perintah Allah SWT. Nabi Ismail AS tidak menolak permintaan dari sang ayah, Nabi Ibrahim AS.

Dari sejarah tersebut, makna dari Iduladha adalah selalu berbuat baik dan berbakti terhadap orang tua. Manusia yang diciptakan oleh Allah SWT pada hakikatnya akan kembali juga ke penciptanya. Maka, apa lagi alasan untuk tidak patuh kepada orang tua bahwa rida Allah SWT tergantung pada rida orang tua.

Terjalin Sliaturahmi

Ilustrasi silaturahmi. (Special)

Dalam hal kegiatan perayaan sudah pasti ditemui acara kumpul-kumpul atau bersilaturahmi dengan sesama, baik kerabat atau tetangga. Kegiatan kumpul-kumpul ini juga diisi dengan aktivitas yang bermanfaat tentunya. Maka, Iduladha juga bisa menjadi wadah bagi umat muslim untuk selalu mempererat hubungan silaurahmi.

Tumbuhkan Rasa Empati

Ilustrasi berempati. (Special)

Kegiatan berkuban juga dimaknakan sebagai bentuk untuk memupuk rasa empati terhadap semua makhluk. Sebagaimana halnya saat Iduladha, mereka yang secara ekonomi berkecukupan akan berkurban hewan untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat. Mereka yang kekurangan bisa dibantu untuk bisa menikmati rezeki yang sama.

Berbagi

Ilustrasi berbagi. (Special)

Daging kurban dibagikan sama rata saat Iduladha. Hal ini menjadi bentuk kegiatan berbagi terhadap sesama orang. Sehingga, semua bisa merasakan nikmatnya memakan daging di hari hari raya sebagai makna Iduladha.

Tingkatkan Takwa

Ilustrasi takwa. (Special)

Iduladha menjadi momen untuk meningkatkan takwa kepada Allah SWT. Pada momen ini, umat Islam diharapkan melakukan sejumlah kegiatan kebersamaan, seperti berkurban jika punya rezeki berlebih, menjalin silaturahmi, hingga senantiasa berbakti kepada orang tua.

Makna Iduladha sebaiknya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah sewajarnya sebagai umat muslim seharusnya dalam mengamalkan lima hal di atas tanpa adanya momen tertentu.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel