1. Travel
  2. 7 Makanan Khas Swiss yang Lezat Creamy dan Gurih
Travel

7 Makanan Khas Swiss yang Lezat Creamy dan Gurih

7 Makanan Khas Swiss yang Lezat Creamy dan Gurih

Kuliner Swiss. (Special)

Ladiestory.id - Swiss merupakan salah satu negara yang dikenal dengan keindahan alamnya. Tak heran, jika negara ini banyak dikunjungi, dan menjadi tujuan wisatawan. Selain itu, Swiss juga dikenal sebagai negara pembuat cokelat terlezat di dunia.

Kualitas cokelat dari Swiss memang tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya cokelat, Swiss juga menawarkan aneka kuliner lainnya yang siap memanjakan lidah. Bagi kamu yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan ke Swiss, berikut beberapa rekomendasi makanan Khas Swiss yang tak boleh dilewatkan.

Rosti

Kuliner Swiss. (Special)

Kuliner khas Swiss pertama yang wajib kamu coba adalah Rosti. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan utama roti kering yang dilapisi keju parut kasar, kemudian diberi tambahan kentang setengah matang. Penyajian Rosti biasanya akan dilengkapi dengan irisan daging dan bawang.

Awalnya, Rosti merupakan menu sarapan bagi petani di Bern. Beberapa petani tersebut akhirnya menjual hidangan Rosti ke warga Swiss lainnya. Ternyata, cita rasa Rosti begitu disukai oleh masyarakat yang berada di Swiss, sehingga menjadi salah satu hidangan yang paling populer di Swiss.

Risotto Saffron

Kuliner Swiss. (Special)

Kuliner Swiss selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu Risotto Saffron. Hidangan ini selalu diburu oleh para wisatawan yang berlibur ke Swiss. Risotto Saffron merupakan sebuah hidangan yang menggunakan bahan utama beras, lalu dimasak menggunakan keju, kunyit, dan bawang.

Risotto Saffron bisa kamu temui di beberapa restoran yang ada di Swiss. Perpaduan nasi, dengan cita rasa keju yang creamy sangat cocok dinikmati pada musim dingin di Swiss.

Cheese Fondue

Kuliner Swiss. (Special)

Cheese Fondue merupakan hidangan wajib yang selalu ada pada setiap perayaan besar di Swiss, misalnya Natal dan Tahun Baru. Cheese Fondue biasanya akan dinikmati bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman.

Sesuai dengan namanya, hidangan ini memiliki bahan dasar keju yang dilelehkan, kemudian dicampur dengan anggur putih, bawang putih, tepung jagung, dan cherry brandy. Cheese Fondue akan dijadikan cocolan roti kering yang telah ditusuk garpu. Cita rasa keju khas Swiss yang creamy dan melt, dijamin akan membuat lidahmu bergoyang.

Berner Platte

Kuliner Swiss. (Special)

Bagi kamu yang tak bisa lepas dari makanan berat, tenanglah. Di Swiss, terdapat menu makanan berat yang tak kalah populer. Berner Platte adalah salah satu menu makanan berat khas Swiss yang selalu disajikan pada acara penting atau acara besar.

Berner Platte merupakan hidangan yang terdiri dari ham, daging asap, sosis, kentang, lidah, dan tulang sumsum. Berner Platte memiliki perpaduan cita rasa yang manis, gurih, dan asin.

Awalnya, Berner Platte dibuat untuk merayakan kemenangan tentara Perancis pada 1978 silam. Berner Platte akan disajikan dalam porsi yang cukup besar, sehingga sangat cocok untuk dimakan beramai-ramai.

Bircher Muesli

Kuliner Swiss. (Special)

Sedang diet, tapi ingin mencicipi hidangan di Swiss? Bircher Muesli bisa menjadi pilihan yang tepat. Bircher Muesli merupakan hidangan sehat dan sangat cocok bagi kamu yang sedang diet.

Bircher Muesli terdiri dari sereal, yang dipadukan dengan sayur dan kacang-kacangan, kemudian diberikan tambahan susu, serta potongan buah-buahan. Bircher Muesli mulai dihidangkan di Swiss sejak 1900, untuk pola hidup yang lebih sehat.

Zurcher Geschnetzeltes

Kuliner Swiss. (Special)

Salah satu hidangan ikonik khas Swiss yang sangat cocok dinikmati musim dingin yaitu Zurcher Geschnetzeltes. Hidangan ini terbuat dari irisan daging sapi muda yang ditumis bersama daun bawang, jamur, krim, mentega, dan anggur putih. Hidangan ini menjadi salah satu kuliner yang paling banyak disukai saat di Swiss.

Vacherin Mont D’Or

Kuliner Swiss. (Special)

Sekitar September sampai April, Pegunungan Alpen di Swiss akan tertutup penuh oleh salju. Hal ini membuat beberapa toko keju bermunculan. Toko keju di Swiss akan beroperasional di musim-musim tertentu saja.

Bagi kamu yang berlibur di musim dingin, maka wajib untuk mencicipi Vacherin Mont D'Or. Keju yang dimasak dalam kemasan kayu bulat, dilengkapi dengan bawang putih dan anggur putih menghasilkan cita rasa yang sangat creamy dan gurih.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel