1. Mom & Kids
  2. Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Ini Makanan Bayi 7 Bulan agar Cepat Gemuk
Mom & Kids

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Ini Makanan Bayi 7 Bulan agar Cepat Gemuk

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Ini Makanan Bayi 7 Bulan agar Cepat Gemuk

Ilustrasi keluarga bensu. (Special)

Ladiestory.id - Biasanya, bayi sudah menunjukan tanda-tanda mulai siap makan ketika usia telah mencapai 4 hingga 6 bulan. Bahkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pemberian makanan padat sebagai pendamping ASI pada bayi dimulai sejak usia 6 bulan.

Sebab, kebutuhan nutrisi bayi didapat dari makanan dengan gizi seimbang. Terlebih zaman semakin maju, menu MPASI pun semakin bervariasi. Namun, seorang ibu tetap harus memperhatikan komposisi makanan untuk sang anak.

Beberapa orang tua menginginkan bayi 7 bulan memiliki badan yang cepat gemuk. Dilansir berbagai sumber, umumnya bayi perempuan usia 7 bulan memiliki berat rata-rata 6–9,5 kg, dengan panjang kira-kira 63–71 cm. Sementara itu, bayi laki-laki usia 7 bulan memiliki berat 7–10 kg, dengan panjang kira-kira 65–73 cm. Pada usia 7 bulan, berat bayi rata-rata akan bertambah 450–550 gram.

Apa Saja Makanan Bayi 7 Bulan agar Cepat Gemuk?

Seorang ibu tidak hanya terfokus pada berat badan bayi 7 bulan, namun harus memastikan makanan yang dimakan terdiri dari karbohidrat dan lauk yang mengandung protein, lemak, serta sayuran yang kaya akan serat dan vitamin. Jika Kamu bingung mengenai apa saja makanan bayi 7 bulan agar cepat gemuk, perhatikan makanan di bawah ini.

1. Telur

Ilustrasi telur. (Ladiestory.id)

Telur merupakan salah satu makanan bayi 7 bulan agar cepat gemuk. Sebab telur mengandung protein yang tinggi, kaya akan vitamin B12 dan vitamin A. Kandungan tersebut sangatlah baik untuk pertumbuhan seorang bayi 7 bulan.

Namun, perlu diperhatikan juga dalam memberikan telur untuk makanan bayi 7 bulan. Hal ini dikarenakan, bayi bisa saja alergi dengan telur. Oleh sebab itu Kamu bisa memberikannya secara bertahap.

Sembari itu, perhatikan apakah ada gejala yang muncul setelah mengonsumsi telur seperti gatal, kulit kemerahan, muntah, atau diare. Jika muncul gejala tersebut, segera hentikan pemberian telur dan berkonsultasi ke dokter.

2. Alpukat

Alpukat memiliki tekstur yang lembut sehingga akan disenangi sebagai makanan bayi 7 bulan serta mampu menunjang perkembangan otak. Bahkan alpukat dikenal sangat kaya akan kalori dan lemak sehingga menjadi salah satu makanan bayi 7 bulan agar cepat gemuk. Kamu bisa menambahkan alpukat dalam menu MPASI sehari-hari.

3. Kentang

Agar bayi 7 bulan cepat gemuk, maka makanannya harus diatur 40 persen asupannya adalah karbohidrat. Kamu bisa mengganti nasi dengan kentang agar bayi tidak bosan dengan menu makanannya. Sebab, kentang memiliki kandungan asam amino seperti glutamine dan arginine yang dapat membantu meningkatkan berat badan bayi 7 bulan.

4. Pisang

Ilustrasi pisang. (Special)

Jika sedang bepergian, pisang menjadi salah satu makanan bayi 7 bulan agar cepat gemuk yang praktis sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Bahkan pisang juga mengandung karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh bayi.

5. Brokoli

Meski masih bayi 7 bulan, mereka juga memerlukan sayur-sayuran hijau. Salah satunya sayuran hijau pertama yang bisa dicobakan ke bayi adalah brokoli. Sebab brokoli juga memiliki banyak kandungan seperti serat, folat, dan kalsium.

6. Daging

Berbagai macam daging mulai dari daging ayam, sapi, dan ikan dapat menjadi sumber protein, zinc, zat besi, dan omega-3. Supaya tumbuh kembang secara optimal, daging dapat dijadikan makanan bayi 7 bulan yang diberikan secara teratur.

7. Mentega dan Margarin

Kedua bahan makanan ini dapat menjadi makanan bayi 7 bulan agar cepat gemuk. Pasalnya, mentega dan margarin merupakan sumber lemak terkaya yang mengandung vitamin A, B1, D, dan protein yang berguna untuk pertumbuhan bayi 7 bulan.

Kamu dapat selalu mengecek berat badan sang anak agar dapat bertumbuh kembang secara maksimal.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel