1. Lifestyle
  2. Bikin Gemas, Ini 5 Macam Ras Kucing Putih dan Fakta Menariknya
Lifestyle

Bikin Gemas, Ini 5 Macam Ras Kucing Putih dan Fakta Menariknya

Bikin Gemas, Ini 5 Macam Ras Kucing Putih dan Fakta Menariknya

Ilustrasi kucing putih. (Special)

Ladiestory.id - Kucing dikenal dengan tingkahnya yang menggemaskan serta memiliki pesona tersendiri akan tampilan warna bulu dan fisiknya. Salah satunya, kucing putih yang menyiratkan aura anggun dan warna mata yang relatif unik.

Jenis Kucing Putih

Beberapa ras kucing yang terkenal memiliki bulu putih bersih. Menariknya, warna ini lumayan langka karena kurangnya pigmentasi melanin, gen yang memberi warna pada bulunya. Apa saja ras kucing berwarna putih? 

1. Kucing Persia

Ilustrasi kucing putih persia. (Special)

Putih menjadi warna bulu yang identik dengan kucing persia, walau sebetulnya ada beberapa variasi warna serta pola lainnya. Bulu yang panjang dan halus membuat kucing ini mesti rutin disisir guna menghilangkan kusut dan gumpalan bulu yang rontok. Memiliki sifat yang cenderung manis dan santai, kucing ini menggemari lingkungan yang tenang dan rentan stres ketika menghadapi perubahan.

2. Kucing Maine Coon

Ilustrasi kucing putih maine coon. (Special)

Dikenal mempunyai bulu yang tebal serta panjang, Maine Coon mempunyai banyak perpaduan warna dan pola tergolong solid, tabby, dan tortoiseshell. Mayoritas kucing ini berwarna cokelat, sehingga warna bulu putih bersih cukup susah dijumpai. Cenderung ramah dan santai, ras ini dapat hidup harmonis dengan anak kecil, orang asing, serta hewan peliharaan lainnya.

3. Kucing Siam

Ilustrasi kucing putih siam. (Special)

Kucing siam umumnya mempunyai pola warna klasik dengan warna gelap di telinga, wajah, kaki, dan ekor. Mulanya, semua anakan lahir dengan warna putih dan baru mengembangkan warna lain ketika beranjak remaja. Selain dikenal gesit serta cerdas, kucing ini pun menuntut perhatian dari pemiliknya dan tidak sungkan mengingatkannya dengan vokalnya yang lumayan keras.

4. Kucing Anggora

Ilustrasi kucing putih anggora. (Special)

Kucing ini dapat ditelusuri jejaknya sejak ratusan tahun lampau di Turki. Kucing jenis ini umumnya mempunyai warna putih, tapi ada pula yang memiliki bulu berwarna hitam, biru, merah, dan campuran warna ataupun pola. Cenderung energik, ras ini memerlukan banyak permainan interaktif guna membantunya tetap sehat dan bahagia.

5. Kucing Devon Rex

Ilustrasi kucing putih devon rex. (Special)

Mempunyai mata besar dan tulang pipi yang menonjol, kucing ini memiliki tampilan yang lumayan unik. Bulunya yang pendek serta bergelombang muncul dalam beragam warna, salah satunya putih. Ras devon rex ini cenderung aktif dan gemar bermain. Sifatnya yang ramah membuat kucing ini cocok dipelihara di rumah dengan anak-anak serta hewan peliharaan lainnya.

Fakta Kucing Putih

Selain mengetahui beberapa ras kucing putih, Kamu juga perlu tahu fakta menarik tentangnya.

1. Tergolong Langka 

Nyatanya, populasi kucing putih murni, alias kucing yang semua bulunya berwarna putih sempurna tergolong langka, yakni sekitar 5 persen di dunia. Kucing putih biasanya mempunyai warna mata biru (salah satu maupun keduanya), dan sebagian kecil yang bermata warna keemasan, hijau, serta tembaga.

2. Memiliki Gen Masking yang Dominan

Kucing putih pada dasarnya memiliki warna-warna bulu selain putih. Namun, adanya gen masking yang mendominasi berakibat pada terhalangnya perkembangan melanin, sehingga yang muncul yaitu bulu warna putih. Gen masking sendiri adalah gen yang menahan warna dasar untuk menampakkan dirinya.

3. Punya Warna Mata yang Mencolok

Melanin juga berpengaruh terhadap area iris pada mata kucing. Pigmen warna inilah yang berperan pada penentuan warna mata kucing. Semakin tinggi produksi melanin maka akan semakin gelap juga warna mata, begitu juga sebaliknya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel