1. Beauty
  2. L’Oréal Beauty Tech: Bangun Fondasi Masa Depan Industri Kecantikan Indonesia
Beauty

L’Oréal Beauty Tech: Bangun Fondasi Masa Depan Industri Kecantikan Indonesia

L’Oréal Beauty Tech: Bangun Fondasi Masa Depan Industri Kecantikan Indonesia

Acara L’Oréal Beauty Tech. (Spesial)

Ladiestory.id - Pandemi telah mengubah banyak aspek kehidupan di Indonesia, termasuk di industri kecantikan. Meskipun diterpa pandemi, animo konsumen Indonesia terhadap dunia kecantikan tetap besar.

Hal ini dibuktikan dengan kembalinya pertumbuhan pasar kecantikan di tanah air sebesar 12 persen pada 2021 dengan total penjualan senilai Rp43 Triliun. Selain itu Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) juga mencatat kosmetika sebagai kategori produk yang mendapatkan izin edar terbanyak di Indonesia dalam lima tahun terakhir, yaitu sebanyak 411.410 produk baru.

Dalam acara diskusi media bertajuk "L’Oréal Beauty Tech: Inventing the Beauty of the Future" di Hotel Tribrata Dharmawangsa, Jakarta pada Kamis (6/10/2022), Junaid Murtaza, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia menyatakan, pasar kecantikan di Indonesia sangatlah dinamis dan akan semakin dinamis melalui peran Gen Z yang akan mendorong transformasi di masa mendatang.

Konsumen baru di dunia kecantikan menuntut lebih banyak personalisasi, produk yang lebih sehat dan aman, lebih banyak transparansi, keberlanjutan dan juga sains di era yang semakin digital ini.

Acara L’Oréal Beauty Tech. (Spesial)

Dalam diskusi tersebut, Aswaina Seroja, Chief Consumer Officer L’Oréal Indonesia, mengungkapkan bahwa Gen Z akan menjadi populasi dominan yang akan membentuk masa depan industri kecantikan di Indonesia. Pasalnya, mereka adalah generasi digital-native dengan akses penuh ke media sosial untuk mengekspresikan diri.

Acara L’Oréal Beauty Tech. (Spesial)

“Aku perlu tahu persis mengenai kondisi dan kebutuhan kulitku supaya tahu perawatan kulit apa yang tepat bagiku. Buatku teknologi berperan penting dalam mendiagnosa kondisi kulitku sehingga dapat membantuku memilih jenis perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhanku,” ujar Christy Raina, seorang penikmat beauty dan content creator Gen Z.

Acara L’Oréal Beauty Tech. (Spesial)

Memahami kebutuhan dan keinginan para konsumennya, L’Oréal telah mendorong transformasi digital yang besar melalui penggabungan sains dan teknologi untuk memungkinkan lebih banyak personalisasi.

Acara L’Oréal Beauty Tech. (Spesial)
Acara L’Oréal Beauty Tech. (Spesial)

Salah satu inovasi L'Oréal Beauty Tech yang ditelurkan adalah Kiehl’s Derma Reader Pro, sebuah perangkat yang memberikan secara langsung analisa mendalam terhadap empat isu di permukaan kulit, yaitu kerutan dan garis halus, tekstur, noda dan pori-pori membesar; serta empat isu di sub-permukaan kulit, yaitu kemerahan, noda kecokelatan, kerusakan akibat sinar UV dan pori-pori tersumbat.

Pada kulit berjerawat, La Roche-Posay Spotscan membantu konsumen menganalisa tingkat keparahan jerawat melalui teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dibangun berdasarkan data ilmiah yang luas untuk mendapatkan personalisasi diagnosa pada jerawat. 

Inovasi lainnya adalah Lancôme Shade Finder, perangkat yang juga menggunakan teknologi AI untuk merekomendasikan shade foundation yang paling cocok dengan kebutuhan dan warna kulit konsumen.

Masih dalam kategori makeup, L’Oréal meluncurkan Yves Saint Laurent Rouge Sur Mesure, perangkat portable peracik pewarna bibir pertama yang dapat menghasilkan sampai dengan empat ribu warna lipstik kapan saja dan di mana saja. 

L’Oréal Water Saver yang didapuk sebagai salah satu dari 100 Best Inventions 2021 oleh majalah TIME, merupakan gagang pancuran air inovatif yang menggunakan teknologi mesin roket untuk menciptakan pengalaman mencuci rambut yang mewah dan efisien, sekaligus mengurangi konsumsi air hingga 61 persen dibandingkan dengan mencuci rambut dengan metode biasa.

L'Oréal Groupe memiliki daftar panjang akan inovasi Beauty Tech yang telah diluncurkan di antara 35 merek globalnya, dan daftar tersebut akan terus bertambah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel