Yuk Pahami Apa itu Lingkungan Buatan dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia

Jumat, 19 November 2021 | 00:01:00

Yuk Pahami Apa Itu Lingkungan Buatan Dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia

Foto: Dinas lingkungan

Ladiestory.id – Memahami lingkungan buatan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kita sangatlah penting, Pentingnya lingkungan tempat kita tinggal dan dampak negatif yang kita miliki terhadap lingkungan tidak boleh dilupakan. 

Dengan meningkatnya ketergantungan kita pada teknologi dan polusi yang meluas, kita perlu fokus untuk memulihkan dan melindungi habitat alami kita. Maka itu kita perlu mengenal dan melestarikan lingkungan buatan untuk menanggulangi segala kerusakan alam yang ada.

Apa itu Lingkungan Buatan?

Foto kompas

Dengan populasi dunia yang terus meningkat, ada kebutuhan akan lebih banyak ruang. Untuk alasan ini, arsitek dan perencana telah mempertimbangkan bagaimana lingkungan buatan dapat memberikan jawaban.

Lingkungan buatan adalah setiap lingkungan buatan manusia yang berinteraksi dengan lingkungan alam dalam beberapa cara bisa ketika tertutup maupun terbuka.

Dua jenis lingkungan buatan yang paling umum adalah arsitektur dan desain perkotaan, tetapi apa pun mulai dari ruangan sederhana di rumah hingga seluruh planet Bumi dapat dianggap sebagai lingkungan buatan.

Fungsi Lingkungan Buatan Serta Contoh dan Penggunaan

Foto: mudanews

Lingkungan Buatan adalah lingkungan fisik dari suatu lokasi. Ini termasuk lingkungan alam, tetapi juga termasuk benda-benda buatan manusia di daerah itu. Contohnya adalah alun-alun dengan pepohonan, bangku, dan air mancur.

Beberapa contoh bagaimana ini akan berfungsi dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat menciptakan lingkungan di mana orang lebih cenderung berjalan untuk berolahraga atau bahkan mengadakan pertemuan di luar daripada di dalam kantor.

Lingkungan buatan adalah lingkungan yang dapat kita lihat dan berinteraksi dengannya. Mulai dari gedung, taman, hingga seluruh kota. Lingkungan tempat kita tinggal membentuk perilaku kita, serta cara pandang kita terhadap dunia. Kita dapat menggunakan lingkungan buatan sebagai cara untuk mengekspresikan budaya dan nilai-nilai kita.

Salah satu contoh lingkungan buatan adalah Greenbelt di Ontario, Kanada. Itu dibuat oleh pemerintah untuk melestarikan habitat alami dan menyediakan perlindungan bagi satwa liar yang terancam oleh pembangunan.

Daerah ini telah melestarikan hutan dan lahan basah, dan menciptakan lebih dari 200 km jalur hiking dan jalur sepeda bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya.

Lingkungan buatan dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti rekreasi atau tujuan komersial seperti pusat perbelanjaan atau ruang kantor. Mereka juga digunakan untuk mengekspresikan budaya melalui arsitektur seperti cakrawala Kota New York

Lingkungan buatan adalah lingkungan buatan yang dapat dikembangkan oleh manusia. Lingkungan buatan biasanya merupakan struktur buatan manusia, tetapi juga dapat mencakup elemen lanskap yang lebih alami.

Lingkungan Buatan untuk Berbagai Kebutuhan Manusia

Ide lingkungan buatan adalah konsep yang relatif baru. Baru pada akhir 1800-an ketika arsitek dan insinyur mulai mempertimbangkan bagaimana ruang membentuk pengalaman kita, dan bagaimana kita dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Faktor lingkungan seperti cuaca, lanskap, arsitektur, dan cahaya semuanya memiliki efek pada suasana hati dan kesejahteraan kita.

Misalnya, jika kamu bekerja di gedung bertingkat di pusat kota, kemungkinan besar kamuakan terpapar lebih banyak cahaya buatan daripada jika kamubekerja di lingkungan pedesaan.

Lingkungan buatan merupakan komponen penting dari masyarakat. Inilah yang membedakan manusia dengan hewan. Bangunan, jalan, dan pembangunan lainnya adalah bagian dari lingkungan buatan.

Kamu dapat menggunakan lingkungan buatan untuk menciptakan ruang hidup yang nyaman, sejuk, dan sehat. Kamu langsung bisa menikmati suasana alam lebih dekat dan nyata. Semoga Bermanfaat.