1. Beauty
  2. Lindungi dari Sinar Matahari, Ini 5 Manfaat Asam Amino Bagi Kulit
Beauty

Lindungi dari Sinar Matahari, Ini 5 Manfaat Asam Amino Bagi Kulit

Lindungi dari Sinar Matahari, Ini 5 Manfaat Asam Amino Bagi Kulit

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Amino acids atau asam amino merupakan zat kimia kecil yang bergabung untuk menghasilkan protein. Protein ini berguna untuk membantu berabagi proses dalam tubuh, termasuk memecah partikel makanan, memperkuat otot, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, asam amino juga berperang penting bagi kesehatan kulit. Melansir Healthshots, berikut ini beberapa manfaat utama asam amino bagi kulit.

Tingkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Asam amino, terutama glisin, prolin, dan lisin, sangat penting untuk sintesis kolagen dan elastin. Protein ini memberikan struktur, elastisitas, dan kekencangan pada kulit. Penurunan produksi kolagen dan elastin merupakan penyebab utama penuaan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam amino ini dapat membantu menjaga keremajaan kulit.

Sembuhkan Luka

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Asam amino mendorong pertumbuhan dan perkembangbiakan sel kulit, membantu proses penyembuhan. Asam amino juga berkontribusi pada pembentukan jaringan baru, membantu menutup luka dan mengurangi jaringan paru.

Lembapkan Kulit

Ilustrasi Pelembap Wajah. (iStock)

 

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, Asam amino bertindak sebagai agen pelembap, menarik dan mempertahankan hidrasi di dalam lapisan terluar kulit. Hal ini penting, karena kekeringan kronis dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi kulit, dan penuaan dini. 

Dengan meningkatkan penyerapan air, asam amino bersinergi dengan bahan pelembap lainnya, seperti asam hialuronat. Sebagai komponen utama dari Natural Moisturizing Factor (NMF), mereka membantu kulit mengunci kelembapan, menghasilkan kulit yang lebih halus dan sehat yang tidak mudah kering dan keriput.

Lindungi Dari Sinar Matahari

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Asam amino tertentu, seperti tirosin, memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya. Antioksidan menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Anti Inflamasi

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Asam amino, seperti arginin dan glutamin, memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, asam amino ini dapat membantu meredakan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat, yang sering dikaitkan dengan peradangan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel