1. Beauty
  2. Lebih Cerdas Pilih Acne Patch, Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu
Beauty

Lebih Cerdas Pilih Acne Patch, Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu

Lebih Cerdas Pilih Acne Patch, Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu

Ilustrasi perempuan berjerawat. (Special)

Ladiestory.id - Timbulnya jerawat memang sangat mengganggu ya, Ladies? Selain menganggu penampilan, adanya rasa nyeri yang ditimbulkan akan membuat rasa tidak nyaman. Berbagai macam terobosan baru dikeluarkan oleh produsen skincare untuk mengatasi jerawat. Para produsen skincare juga berlomba-lomba memproduksi produk yang dinilai ampuh untuk mengatasi jerawat.

Acne patch atau yang biasa dikenal dengan plester jerawat merupakan salah satu produk yang dinilai ampuh membasmi jerawat. Produk yang populer di Korea Selatan ini juga ternyata memiliki banyak peminat di Indonesia. Bahan yang terkandung di dalamnya dinilai mampu melindungi kulit yang berjerawat serta dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Tips Memilih Acne Patch

Berbagai merk produk skincare terkenal, seperti COSRX, The Face Shop, dan Missha juga telah mengeluarkan produk acne patch  yang bisa Kamu coba. Namun sebelum menentukan produk yang akan Kamu beli, simak dulu yuk poin-poin penting berikut agar tidak salah pilih acne patch.

1. Memilih Beradasarkan Tipe Acne Patch

Pada dasarnya, acne patch memiliki dua tipe. Yaitu tipe acne care dan tipe protection.

  • Tipe Acne Care

Acne patch dengan tipe ini dinilai mampu mengempiskan jerawat cukup dengan menempelkannya ke jerawat. Karena tipe ini memiliki kandungan bahan-bahan aktif yang bisa membantu mengecilkan jerawat. Tipe ini juga bisa Kamu gunakan sebagai pengganti krim dan essence lho.

  • Tipe Protection

Tipe protection ini dinilai mampu melindungi jerawat dari kekeringan, kontaminasi baksteri ataupun faktor lainnya yang bisa memperparah kondisi jerawatmu. Bahkan ada juga lho produk yang mampu menyerap sekresi jerawat, dalam hal ini misalnya nanah yang keluar ketika tanpa sengaja Kamu menyentuh jerawat.

2. Memilih Berdasarkan Kandungan Acne Patch

Ilustrasi perempuan memakai acne patch. (Special)
Ilustrasi perempuan memakai acne patch. (Special)

Ada beberapa jenis kandungan yang biasa digunakan dalam acne patch, terlebih acne patch tipe acne care. Simak yuk.

  • Isopropyl Methylphenol

Kandungan ini dinilai memiliki efek bakterisida yang tinggi sehingga mampu membunuh kuman penyebab jerawat. Selain digunakan untuk acne patch, kandungan ini juga sudah sering dipakai dalam produk perawatan jerawat, seperti facial wash. Kandungan ini dinilai aman untuk semua jenis kulit karena tidak menyebabkan iritasi.

  • Salicylic acid

Kandungan ini mampu untuk mengangkat lapisan keratin yang telah mati. Produk acne patch dengan kandungan ini sangat direkomendasikan buat Kamu yang memiliki masalah pori-pori tersumbat. Bahkan Kamu juga bisa lho menggunakan acne patch dengan kandungan ini untuk mengatasi jerawat yang belum muncul ke permukaan kulit.

  • Tea tree dan lavender oil

Kedua kandungan ini dinilai mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Kedua bahan ini merupakan bahan alami sehingga ramah di kulit dan tidak menyebabkan kulit iritasi.

3. Memilih Berdasarkan Ukuran dan Warna

Ilustrasi perempuan memakai acne patch. (Special)
Ilustrasi perempuan memakai acne patch. (Special)

Ada banyak sekali bentuk maupun varian warna dari acne patch yang beredar di pasaran. Ada yang memiliki warna transparan dan ada juga yang memiliki warna seperti warna kulit. Tinggal tentukan saja warna sesuai keinginanmu. Namun kalau Kamu ingin menggunakannya ketika beraktivitas di luar rumah, maka Kamu bisa pilih acne patch dengan warna yang tidak mencolok.

Selain memiliki beragam warna, acne patch juga tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhanmu berdasarkan ukuran jerawat ataupun area sekitarnya.

4. Memilih Berdasarkan Daya Rekat Produk

Daya rekat yang dimiliki acne patch berbeda-beda tergantung pada jenis dan merk produknya. Produk acne patch dengan daya rekat rendah cocok digunakan untuk kulit sensitif dan penggunaannya hanya ketika tidur. Sedangkan acne patch dengan daya rekat tinggi cocok Kamu gunakan ketika beraktivitas di luar rumah dan dalam jangka waktu lama. Akan lebih baik lagi jika memilih acne patch yang tahan air maupun tahan keringat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel