Ladiestory.id - Setelah resmi diluncurkan tahun lalu, LazBeauty, kanal khusus produk-produk kecantikan di Lazada, memperkenalkan inovasi barunya dalam berbagai fitur dan inovasi berbasis teknologi untuk lebih memudahkan konsumen berbelanja produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhannya secara online.
Fitur berbasis teknologi ini ditujukan untuk memberikan rekomendasi produk kecantikan yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit maupun budget, sehingga konsumen memiliki mindset ‘smart beauty consumption’.
Baru-baru ini Lazada melakukan riset mengenai kebiasaan konsumen dalam berbelanja produk kecantikan. Melalui riset tersebut, ditemukan fakta bahwa 70% pembelian skincare biasanya lebih terencana, baik dengan alasan membeli kembali produk dan brand yang sama, atau merencanakan membeli tipe produk yang sama dari brand lain.
Sementara untuk pembelian make up, 30% konsumen menyatakan bahwa mereka melakukan impulsive buying dengan alasan ingin mencoba produk dengan varian baru atau mencoba produk dari brand lain.
"Mengingat saat ini perempuan Indonesia sudah semakin menyadari pentingnya untuk selalu menjaga penampilan serta semakin berkembangnya industri kecantikan Indonesia, kami mengamati betapa pentingnya memahami kondisi kulit dengan baik sehingga para beauty enthusiast dapat menggunakan produk yang paling cocok dan sesuai. Oleh karena itu kami memperkenalkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk memudahkan konsumen dalam mengeksplorasi dan mencari produk kecantikan sesuai kebutuhan sehingga memiliki mindset 'Smart Beauty Consumption'," ujar Lia Kurtz, Senior Vice President, Category Director FMCG Lazada Indonesia.
Pada riset yang sama, Lazada juga menemukan beberapa alasan konsumen memilih berbelanja produk kecantikan di eCommerce yaitu:
- Tersedianya official store dari brand tertentu yang sudah bekerja sama dengan e-commerce, atau store yang sudah dipercaya kualitas produknya.
- Kenyamanan dan kemudahan pada saat berbelanja online
- Pilihan produk yang lengkap dan bisa memilih produk dari berbagai brand dengan lebih mudah dibandingkan mengunjungi toko offline
- Kemudahan untuk mendapatkan berbagai promo dan penawaran menarik
Melihat fenomena tersebut, Lazada semakin melihat pentingnya fitur yang dapat mempermudah konsumen dalam berbelanja produk kecantikan secara online untuk dapat mencari, menemukan dan membeli produk perawatan dan kecantikan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga para beauty enthusiast dapat menjalankan ‘Smart Beauty Consumption’.
1. Smart findings: Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) Lazada hadir dengan inovasi terbaru yaitu Skin Test. Dengan adanya fitur ini pengguna bisa mengetahui tipe dan permasalahan kulit masing-masing sehingga Lazada dapat merekomendasikan produk sesuai hasil diagnosa tersebut. Fitur ini bisa dengan mudah diakses oleh semua pengguna LazBeauty yang telah menjadi member di LazBeauty Club.
Fitur ini melengkapi fitur yang sebelumnya sudah ada yaitu Virtual Try-On; yang memudahkan konsumen dalam memilih seri atau jenis produk makeup secara virtual di kanal LazBeauty.
2. Smart Beauty Consumption: Lazada memiliki kanal khusus Try & Buy agar konsumen dapat mencoba tingkat kecocokan produk terlebih dahulu melalui ukuran yang lebih kecil, sebelum membeli produk dengan ukuran regular atau full size.
3. Smart Buying: Lazada juga menghadirkan pengalaman berbelanja produk kecantikan yang seru dengan berbagai diskon dan penawaran menarik seperti Brand Day dan juga Category Day.
4. Smart Review: Lazada mengerti pentingnya review yang lengkap dan menyeluruh sebelum beauty enthusiast memutuskan untuk membeli sebuat produk kecantikan online. Oleh karena itu, Lazada memiliki program Review Incentives, dimana pada saat konsumen memberikan review yang lengkap dan menyeluruh, konsumen bisa mendapatkan cashback hingga Rp.2000,-
Sejak 2022, Lazada juga memiliki LazBeauty Club sebagai platform komunitas kecantikan yang saat ini memiliki jutaan member. Platform komunitas menjadi strategi penting dari Lazada untuk membantu konsumen bertukar informasi dan mendapatkan produk kecantikan yang sesuai. LazBeauty Club akan menghadirkan semakin banyak inisiatif dan kegiatan-kegiatan yang diperuntukan secara khusus bagi LazBeauty Club Member.
Dengan bergabung menjadi LazBeauty Club member, konsumen bisa mendapatkan berbagai voucher potongan harga, free sample dan berbagai hadiah menarik.
Selain itu memperkuat komitmennya dalam memberikan pengalaman berbelanja yang terpercaya dan aman, Lazada juga menyediakan layanan proteksi kecantikan, dengan memberikan jaminan perlindungan hingga 4x harga barang apabila terjadi efek samping dari pemakaian produk kecantikan yang dibeli.
Khusus di bulan Oktober ini, dalam rangka perayaan satu tahun LazBeauty, beauty enthusiast juga bisa menikmati berbagai promo eksklusif dan beragam exclusive launching dari banyak brand favorit ternama dan masih banyak kemeriahan lainnya.
“Dengan hadirnya fitur dan inovasi terbaru dari Lazada, kami berharap konsumen dapat mencari produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhannya, serta berbelanja pada e-commerce terpercaya terutama pada kanal LazBeauty yang menyediakan produk lengkap dan terpercaya (original), dan memudahkan konsumen mencari produk yang dibutuhkan. Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen Lazada untuk selalu memberikan pengalaman berbelanja yang terpercaya, aman, menyenangkan, dan nyaman bagi konsumen di Indonesia.” tutup Lia.