1. Health
  2. Lakukan Hal Ini Agar Tidur Malam Jadi Lebih Nyenyak
Health

Lakukan Hal Ini Agar Tidur Malam Jadi Lebih Nyenyak

Lakukan Hal Ini Agar Tidur Malam Jadi Lebih Nyenyak

Ilustrasi Wanita Tertidur. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Tidur malam yang nyenyak ternyata sama pentingnya dengan olahraga teratur dan pola makan sehat. Menurut penelitian, kurang tidur memiliki dampak kurang baik bagi hormon, kinerja, dan fungsi otak seseorang.

Selain itu, pola tidur yang berantakan juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko penyakit pada orang dewasa dan anak-anak.

Untuk hidup yang lebih sehat, maka mulailah untuk perbaiki pola tidur. Melansir Healthline, berikut tips untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Kurangi Paparan Blue Light di Malam Hari

Ilustrasi Wanita Gunakan Ponsel pada Malam Hari. (Freepik.com)

 

Paparan blue light di malam hari dalam mengurangi kualitas tidur seseorang. Blue light yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, dan TV. 

Untuk memperbaiki kualitas tidur pada malam hari, maka berhentilah menggunakan perangkat elektronik dan matikan lampu terang minimal dua jam sebelum tidur. Selain itu, paparan blue light bisa juga dikurangi dengan mengenakan kacamata anti blue light.

Jangan Konsumsi Kafein di Sore Hari

Ilustrasi Wanita Minum Kopi. (Freepik.com)

 

Konsumsi kafein di sore hari akan menstimulasi sistem saraf dan membuat tubuh tidak bisa beristirahat secara alami pada malam hari. Maka hindarilah minum kopi dalam jumlah banyak setelah jam 3-4 sore, untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Kurangi Tidur Siang yang Terlalu Lama

Ilustrasi Wanita Tidur Siang. (Freepik.com)

 

Tidur siang singkat sangat bermanfaat bagi tubuh, namun tidur siang yang berlebih memiliki dampak negatif. 

Sebuah studi mengatakan bahwa tidur siang selama 30 menit atau kurang dapat meningkatkan fungsi otak di siang hari, tidur siang yang lebih lama dapat membahayakan kesehatan dan kualitas tidur.

Terapkan Jam Tidur & Bangun yang Konsisten

Ilustrasi Wanita Bangun Tidur. (Freepik.com)

 

Memiliki jam tidur dan bangun yang konsisten dapat membantu tubuh untuk menciptakan kualitas tidur yang baik. Sebuah studi menyebut bahwa pola tidur yang tidak teratur dapat mengubah ritme sirkadian dan kadar melatonin, yang memberi sinyal pada otak untuk tidur.

Buat Tempat Tidur yang Nyaman

Ilustrasi Wanita Bangun Tidur. (Freepik.com)

 

Tempat tidur sangat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Sebuah studi melihat manfaat kasur baru selama 28 hari, mengungkapkan bahwa kasur tersebut meningkatkan kualitas tidur sebesar 60%.

Seseorang disarankan untuk dapat mengganti kasurnya setidaknya 5-8 tahun sekali.

Kurangi Minum Apapun Pada Malam Hari

Ilustrasi Wanita Minum. (Freepik.com)

 

Tubuh memang sangat membutuhkan hidrasi yang cukup, meski begitu sebaiknya kurangi asupan cairan di malam hari. Usahakan untuk tidak minum apapun minimal 1-2 jam sebelum tidur.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel