1. Mom & Kids
  2. Lakukan 5 Tips Ini, Agar Ayah dapat Menjaga Anak
Mom & Kids

Lakukan 5 Tips Ini, Agar Ayah dapat Menjaga Anak

Lakukan 5 Tips Ini, Agar Ayah dapat Menjaga Anak

Ilustrasi peran ayah terhadap anak. (Special)

Ladiestory.id - Dunia sering merayakan Hari Ibu sebagai ungkapan cinta dan terima kasih atas jasa para ibu. Tapi terkadang, kita melupakan jasa seorang ayah atau bapak. Memang hari ayah tidak setenar hari ibu, tetapi jasa seorang ayah juga teramat besar. Bahkan, sampai ada ungkapan asing “To a girl, a father is her first love. To a boy, a father is his first hero.”

Artinya, bagi anak perempuan, ayah merupakan cinta pertamanya dan bagi anak laki-laki ayah merupakan sosok pahlawan. Apakah ungkapan ini bisa dibenarkan? Yah benar! Karena itulah mengapa kehilangan seorang ayah bagi anak lak-laki dan perempuan akan berdampak besar pada kehidupan mereka. Kehilangan seorang ayah dapat berarti bahwa ayah sudah meninggal maupun ayah yang tidak terlibat langsung dalam pengasuhan.

Jika dalam sebuah keluarga terjadi kehilangan sosok ayah, seorang anak harus mendapat sosok pengganti dari ayah. Kemunculan pengganti ayah dapat diperoleh dari paman, kakek, maupun kerabat dekat keluarga lainnya yang dapat memberikan kasih sayang seorang ayah atau menjadi ayah sambung. Hal terpenting tentang sosok ayah bukan hanya keberadaannya, melainkan juga keterlibatannya dalam membesarkan dan mendidik anak tersebut.

Seorang ayah yang terlibat secara langsung dalam pengasuhan anak akan memiliki ikatan secara emosional dengan anak-anak mereka. Selain itu, kedekatan seorang ayah dengan anaknya juga dapat memberi pengaruh positif terhadap karakter anak. Dilansir dari berbagai banyak penelitian, anak yang memiliki kedekatan emosional dengan ayah akan cenderung dapat mengendalikan emosi, percaya diri, berkepribadian positif serta dapat mengenali potensi dalam dirinya yang dapat berguna untuk karir di masa depannya.

Nyatanya, di Indonesia sendiri, peran parenting masih banyak dilakukan oleh ibu bukan ayah. Hal ini bisa jadi merupakan efek dari stigma sosial, yang beranggapan bahwa peran rumah tangga termasuk mendidik anak merupakan tugas seorang ibu. Sedangkan seorang ayah melakukan peranan sebagai kepala keluarga dan mencari nafkah yang seringkali dihabiskan di luar rumah. Meskipun terkadang seorang ibu dapat membantu mencari pendapatan untuk keluarganya, tetapi tetap peran dalam rumah tangga dan mendidik anak merupakan tugas seorang ibu.

Padahal dengan membagi tugas mengasuh anak, ibu tidak akan merasa terbebani karena ada pembagian tugas rumah tangga dengan seorang suami. Berikut 5 tips agar seorang ayah dapat terlibat dalam pengasuhan anak.

1. Ajak Bicara

Ilustrasi peran ayah terhadap anak. (Special)

Saat seorang pria dapat berbicara tentang hal-hal sepele yang sebenarnya tidak penting dibicarakan kepada teman baiknya atau istrinya, maka hal ini dapat juga dipraktikkan kepada anak. Percakapan bisa membicarakan kejadian di kantor, sekolah yang bisa seorang anak akan menyukainya.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Ilustrasi ayah berbicara dengan anaknya. (soompi)

Jadilah pendengar yang baik saat anak anda berbicara tentang acara di sekolah, teman, serta keluh kesah terhadap hal yang ia alami dan berbagai cerita lainnya. Segala kejadian yang melibatkan anak dapat disikapi oleh orang tua dalam bentuk naiehat, pendapat positif, dan dorongan yang membuat anak percaya diri.

3. Sempatkan datang di Hari Penting Anak

Ilustrasi Anak Melipat Origami. (Special)

Hari penting bagi seorang anak misalnya, saat anak menerima rapor kenaikan kelas. Ayah juga bisa berpartisipasi dalam menghadiri acara pentas seni anak. Menyempatkan hadir saat anak mendapatkan penghargaan dan membantu mereka belajar sebelum ujian juga bisa menjadi salah satunya.

4. Ayah Harus Memuji dan Memeluk Anak

Ilustrasi peran ayah terhadap anak. (Special)

Menurut banyak penelitian, pelukan orang tua dapat mempengaruhi kecerdasan anak. Pujian dan pelukan seorang ayah dapat membangun lebih dari 10 triliun sel otak pada anak. Oleh karena itu, anak yang mendapat perhatian lebih cenderung lebih pintar daripada anak yang jarang dipeluk atau dikagumi orang tuanya.

5. Banyak Habiskan Waktu dengan Anak

Ilustrasi peran ayah terhadap anak. (Special)

Kebanyakan seorang ayah bekerja dan sering tidak berada di rumah. Hal ini dapat membuat seorang anak tidak mendapat perhatian dari ayahnya. Menghabiskan waktu bersama anak dapat dilakukan dengan cara bermain bersama, makan bersama, jalan-jalan, serta olahraga bersama yang bisa dilakukan saat weekend dan liburan.

Itulah beberapa tips bagi ayah yang dapat dilakukan untuk menjaga anak yang dapat dilakukan di rumah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel