"La Bambau", ISBI Bandung Luncurkan Koleksi Batik Lorong di IN2MF 2023

Kamis, 2 November 2023 | 19:36:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

"La Bambau", Isbi Bandung Luncurkan Koleksi Batik Lorong Di In2Mf 2023

Ilustrasi orang membatik. (Special)

Ladiestory.id - Institut Seni Budaya Indoensia (ISBI) Bandung akan meluncurkan koleksi Batik Lorong di Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada 26 Oktober 2023.

Batik Lorong adalah batik yang lahir dari proses kreatif perkuliahan mata kuliah batik di Program Studi D4 Tata Rias dan Busana, Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISBI Bandung.

Batik Lorong yang disajikan dalam event IN2MF-2023 adalah karya Rosika dan Alya Salsabila Gunawan dengan judul koleksi La Bambau. Koleksi ini terinpirasi dari sifat bambu yang lentur dan kuat. Secara de facto, kelenturan dan kekuatan bambu menjadikannya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari budaya bangsa Indonesia, seperti arsitektur, peralatan rumah tangga, karya seni, dan bahkan menjadi alat untuk melawan penjajah di masa lalu. Bambu juga menjadi inpirasi monumen perjuangan bangsa Indoensia, seperti Monumen Perjuangan Markas TKR Divisi III di Bandung.

Sifat bambu tersebut oleh Rosika dan Alya ditransformasikan ke dalam batik tulis motif bambu bergaya dekoratif dan kemudian dikonstruki menjadi modest fashion dengan casual ethnic style.

Adapun gagasan visual karya ini mengacu pada fashion trend 2024/2025 Resilient, yakni Heritage sub tema Reminiscencase. Karya ini dirancang untuk utilitas modern sehingga elemen estetis karya menggunakan ikon tradisi dan modern yang dibangun dengan material dan teknik tradisi - modern.

Warna yang digunakan pada karya ini adalah turunan dari warna aristocracy, namun dengan tampilan yang lebih terang dan ringan. Adapun makna tersirat dari karya ini adalah, bahwa kelenturan dan kekuatan bambu yang mewujud pada karya ini bisa menjadi landasan penciptaan busana muslim, yakni: harus kokoh memegang prinsip, namun lentur dalam menyesuaikan jaman.

Target market La Bambau adalah perempuan remaja hingga dewasa berhijab, kelas menengah ke atas di perkotaan, menyukai hal-hal etnik dan unik, dan tertarik pada fashion yang mengandung nilai estetik dan edukasi sejarah.

Koleksi La Bambau diharapkan bisa menjadi bagian dari etalase produk modest fashion unggulan Indonesia yang inovatif, adaptif, dan siap merambah pasar global.