1. Beauty
  2. Konsumsi Ikan Sarden Disebut Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat, Bagaimana Pendapat Ahli?
Beauty

Konsumsi Ikan Sarden Disebut Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat, Bagaimana Pendapat Ahli?

Konsumsi Ikan Sarden Disebut Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat, Bagaimana Pendapat Ahli?

Ilustrasi ikan sarden untuk kesehatan kulit. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Tren kecantikan selalu berubah, dan selalu ada saja hal-hal baru yang menjadi pusat perhatian dalam dunia kecantikan.

Salah satu tren kecantikan yang sangat digandrungi para wanita adalah glass skin. Di media sosial TikTok, viral sebuah pengakuan seorang pengguna wanita yang membagikan ceritanya mendapatkan kulit mulus dan lembab karena rutin mengonsumsi ikan sarden.

Sarden memang diketahui kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak, termasuk magnesium, zat besi, kalsium, vitamin D, seng, dan kalium, dan masih banyak lagi.

Saarden juga mengetahui bahwa mereka dianggap sebagai bagian dari pola makan sehat.

Namun jika mengonsumsinya dalam jumlah cukup, apakah akan membuat kulit bersinar? Mari simak jawaban para ahli.

Bisakah Konsumsi Sarden Memperbaiki Kulit?

Ilustrasi ikan sarden untuk kesehatan kulit. (Freepik.com)

Dilansir dari Popsugarr Online, seorang ahli kecantiikan, Brianna Diorio, mengatakan bahwa sarden memiliki kandungan asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin yang tinggi, yang semuanya membantu mendukung kulit bercahaya.

“Asam lemak omega-3 dikenal karena perannya dalam memodulasi dan mendukung respons peradangan yang sehat, yang berperan dalam timbulnya jerawat dan membantu menjaga integritas pelindung kulit, sehingga membantu mempertahankan kelembapan,” kata Dr. Diorio kepada Popsugar.

Asam lemak ini juga berperan dalam mendukung produksi ceramide, dan asam lemak bebas di kulit, yang penting untuk kesehatan stratum korneum, lapisan terluar kulit.

Manfaat Konsumsi Sarden Bagi Kulit

Ilustrasi ikan sarden untuk kesehatan kulit. (Freepik.com)

Seperti disebutkan sebelumnya, sarden adalah makanan padat nutrisi, dan memakannya menyediakan beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda.

Asam lemak omega-3 dalam ikan sarden mengurangi keparahan jerawat dan peradangan kulit, sedangkan protein dan nutrisi mendukung produksi kolagen, mengurangi kerutan dan garis-garis halus.

Lebih lanjut, antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam ikan sarden, seperti selenium, B12, dan bahkan seng, juga dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan mendukung perbaikan kulit, sedangkan vitamin D berperan beragam dalam kesehatan kulit dengan mengatur proses seluler, mendukung pelindung kulit.

Sehingga mampu memodulasi respons imun, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Porsi Sarden yang Dianjurkan untuk Kulit

Ilustrasi ikan sarden untuk kesehatan kulit. (Freepik.com)

Ukuran porsi sarden pada umumnya adalah sekitar tiga hingga empat ons, dan jika ingin menambahkannya ke dalam makanan untuk mendukung kesehatan kulit, cobalah makan satu porsi dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu jangan menambahkan apa pun ke dalam olahan sarden tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel