1. Mom & Kids
  2. Kondisi dan Penyebab Kenapa Bayi Sering Cegukan, Hindari Hal Berikut Ini
Mom & Kids

Kondisi dan Penyebab Kenapa Bayi Sering Cegukan, Hindari Hal Berikut Ini

Kondisi dan Penyebab Kenapa Bayi Sering Cegukan, Hindari Hal Berikut Ini

Ilustrasi bayi. (Special)

Ladiestory.id - Sangat umum terjadi jika bayi mengalami cegukan dalam pertumbuhannya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari Ibu jika bayi sedang cegukan. Namun, cegukan yang berlangsung lama juga dapat diredakan. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Kondisi Cegukan Pada Bayi

Ilustrasi bayi sedang sakit. (Special)

Cegukan sering terjadi saat usia bayi belum genap 1 tahun. Hal ini dikarenakan kondisi tertentu seperti cepatnya makanan yang dikonsumsi bayi yang pada akhirnya memicu kontraksi diafragma dan penutupan pita suara bayi. Selain itu, bisa juga akibat dari tertelannya udara dalam jumlah berlebih ketika minum susu dari  botol dan suhu yang berubah dalam perut.

Penyebab Kenapa Bayi Sering Cegukan

1. Terlalu cepat minum susu

Ilustrasi susu. (Special)

Udara bisa masuk dalam tubuh bayi ketika bayi minum susu dengan volume yang banyak dan cepat. Terjadilah distensi lambung. yang membuat diafragma terdorong sehingga terjadilah cegukan. Anak perlu dilatih saat menyusu dan hal yang terpenting yaitu pelekatan mulut bayi pada dot tanpa celah udara bisa masuk.

2. Refluks gastroesofagus

Ilustrasi bayi tumbuh gigi. (Special)

 

Refluks gastroesofagus atau GERD juga menjadi salah satu bayi mengalami cegukan karena kondisi katup antara lambung dan esofagus belum berfungsi secara sempurna. Padahal katup menjadikan makanan yang berada di dalam lambung tidak lagi naik ke esofagus.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi prematur, akibat katup belum berfungsi sempurna. Hal itulah yang menyebabkan bagi mengalami cegukan. Selain cegukan, anak yang mengalami refluks gastroesofagus menjadi lebih sering menangis dan mengalami gumoh (spitting up).

3. Alergi

Ilustrasi iritasi wajah pada bayi. (Special)

Alergi juga merupakan kondisi pada bayi yang bisa menjadi penyebab cegukan. Ketika bayi alergi, maka dia tidak bisa menelan makanan dan minuman seperti bayi normal lainnya sehingga akan terjadi reaksi.

Sebagai contoh, ada beberapa bayi yang tidak cocok dengan protein susu yang mengakibatkan pencernaan terganggu. Saat hal itu terjadi, maka bayi akan mengalami cegukan.

4. Banyak menelan udara

Ilustrasi bayi digendong. (Special)

Bayi juga sering menelan udara yang terlalu banyak. Padahal, kadar udara yang banyak menjadikan anak sering cegukan. Terjadinya hal ini sebab dari bayi yang menggunakan botol susu ketimbang yang langsung menelan susu dari payudara sang Ibu.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayi Cegukan

Foto: Ladiestory.id

Mitos tentang mengatasi bayi cegukan masih sangat dipercayai oleh beberapa orang. Padahal semua kejadian cegukan dapat dilihat dari medis yang dialami oleh sang bayi. Ini dia beberapa mitosnya

  1. Mengagetkan bayi atau membuat takut bayi ketika cegukan berlangsung
  2.  Lidah bayi ditarik dan bisa juga dahinya saat ia cegukan.
  3. Memberi bantuan pernapasan.
  4. Mengompres bayi dengan kain basah.

Cegukan tidak perlu diwaspadai jika berlangsung di bawah 10 menit. Melakukan hal diatas malah bisa membahayakan kondisi bayi. Tidak perlu melakukan hal-hal tersebut karena cegukan akan hilang dengan sendirinya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel