1. Lifestyle
  2. Komunitas Rajut Kejut Bawa Karya Seni Instalasi Hewan di Art Jakarta 2024
Lifestyle

Komunitas Rajut Kejut Bawa Karya Seni Instalasi Hewan di Art Jakarta 2024

Komunitas Rajut Kejut Bawa Karya Seni Instalasi Hewan di Art Jakarta 2024

Karya Seni "Knit by Knit" dari Bibit dan Stockbit di Art Jakarta 2024. (Dok. Bibit dan Stockbit)

Ladiestory.id - Art Jakarta 2024 sukses digelar pada Jumat (4/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Selama tiga hari, Art Jakarta 2024 akan menampilkan 73 galeri seni terkemuka dari dalam dan luar negeri, serta terdapat empat mitra utama, salah satunya Bibit & Stockbit.

Di gelaran tahun ini, Bibit & Stockbit membawa karya seni bertajuk “Knit by Knit” karya Cinanti Astria Johansjah (Keni) dan Komunitas Rajut Kejut. Mereka membuat karya seni instalasi berbentuk hewan yang dibuat dengan cara dirajut.

PR & Corporate Communication Lead dari Bibit, William, mengungkapkan bahwa awal mula kerja sama dengan Rajut Kejut itu merupakan hasil diskusinya dengan tim artistik Art Jakarta. Ia mengatakan bahwa hewan-hewan yang dipilih terinspirasi dari celengan tradisional.

“Jujur ini pertama kalinya dibikin di art fair. Inspirasi simple dari celengan ayam plastik atau tanah liat, kalau dilihat dari usia berapa pun, ini jadi bagian dari hidup kita, pakai bahan rajut tanpa berpikir keras pakai benang, dan cocok dengan filosofi masyarakat kita,” ujar William di JIEXPO Kemayoran, Jumat (4/10/2024).

Karya Seni Instalasi Kolaborasi Bibit & Stockbic dengan Keni dan Komunitas Rajut Kejut di Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Lebih lanjut, Utie Wahono dari Komunitas Rajut Kejut menyebutkan ada 12 hewan yang dibuat untuk Art Jakarta. Adapun hewan-hewan tersebut adalah singa, sapi, gajah, macan, jerapah, dan ayam.

“Bukan produk yang biasa dipakai begitu saja, jadi banyak pesan yang mau disampaikan oleh rajutan. Maunya agar ajak anak-anak muda yang banyak suka merajut, jadi kita sama-sama ikut merajut,” kata Utie Wahono.

Ia menjelaskan bahwa satu instalasi hewan yang telah selesai dibuat, dikerjakan selama dua minggu dengan 17 volunteer yang bekerja di atas usia 40 tahun.

Sebagai informasi, Komunitas Rajut Kejut merupakan kelompok atau komunitas perajut dengan keanggotaan bersifat longgar untuk membuat beragam proyek rajutan yang seru dan bermakna. 

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel