Ladiestory.id - PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), bank dengan layanan digital dengan nasabah terbanyak di Indonesia, kembali menyelenggarakan literasi keuangan. Kegiatan literasi keuangan kali ini diadakan dengan berkolaborasi bersama BonCabe, sebuah merek produk makanan pelopor sambal tabur di Indonesia milik PT Kobe Boga Utama (Kobe).
Kegiatan yang diadakan pada Jumat (3/11) melalui virtual ini bertujuan untuk menyasar anak muda agar lebih paham terkait seluk beluk dalam mengatur keuangan yang dibawakan oleh Puji Agung Budiman, Head of Public Relations & Communications BNC dan influencer keuangan
Albertus Axel.
Program literasi keuangan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan BNC sebagai lembaga keuangan dalam mendukung program literasi dan inklusi keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK pada tahun 2022, tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia telah mencapai angka 74,03%, namun hal ini belum diimbangi dengan tingkat literasi keuangan yang baru mencapai 49,93% dari jumlah total populasi masyarakat Indonesia yang sebesar lebih dari 270 juta jiwa.
Hal ini menunjukkan bahwa perlunya upaya bersama dari pemerintah dan berbagai pihak untuk terus berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia sehingga semakin paham dalam menggunakan berbagai produk keuangan untuk memenuhi
kebutuhan mereka.
Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk, Aditya Windarwo, mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Keuangan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 30 Oktober, kali ini BNC berkolaborasi dengan BonCabe mengadakan kegiatan literasi
keuangan.
"Setelah melakukan kegiatan literasi keuangan bulan lalu dengan menyasar ibu rumah tangga, kali ini BNC bersama BonCabe memberikan edukasi terkait keuangan kepada anak muda, agar mereka lebih paham bagaimana caranya mengelola keuangan sedini mungkin, terlebih bagi mereka yang baru saja mulai mendapatkan penghasilan dari bekerja. Hal ini sangatlah penting, agar mengelola keuangan dengan baik akan menjadi kebiasaan sampai mereka dewasa kelak," ungkapnya.
Kolaborasi antara BNC dengan BonCabe yang bertema “Cara Cerdas Mengatur Keuangan Bagi Pemula” ini diadakan dalam rangkaian BonCabe Class, program webinar yang diadakan oleh BonCabe setiap bulannya, yang bertujuan untuk membahas terkait dengan soft maupun hardskill yang saat ini sedang diminati dan dapat bermanfaat bagi audiens anak muda. BonCabe memiliki tagline utama yaitu “Mental Gue BonCabe” di tahun 2023 ini, dan sebagai brand yang berkomitmen untuk menyebarkan positivity, bersama-sama dengan BNC berkolaborasi agar dapat menjangkau khalayak luas dan bersama-sama berbagi vibes kebaikan dan pengetahuan baru bagi anak muda.
Head of Brand Communication PT KOBE Boga Utama (KOBE), Meylanie Tambelangi, mengatakan, bersamaan dengan tagline “Mental Gue BonCabe” pada tahun 2023 ini, BonCabe berkomitmen untuk menyediakan wadah bagi BonCabe Lovers, terutama anak-anak muda agar
selalu bisa menjadi versi terbaik diri mereka.
"Untuk itu, BonCabe terus menyebarkan positivity melalui berbagai kegiatan untuk bisa dimanfaatkan anak-anak muda di seluruh Indonesia untuk mengembangkan diri mereka. Salah satunya melalui BonCabe Class yang rutin dijalankan setiap bulannya. Kali ini, berkaitan dengan Hari Keuangan Nasional yang bertepatan pada tanggal 30 Oktober 2023, BonCabe berkolaborasi dengan Bank Neo Commerce untuk memberikan edukasi mengenai cara mengatur keuangan, terutama bagi anak muda yang masih pemula dalam mengelola keuangan. Harapannya, program BonCabe Class ini dapat terus berjalan dan menjadi manfaat bagi anak-anak muda di Indonesia," paparnya.
Program literasi keuangan yang diadakan oleh BNC dengan menggandeng berbagai pihak, merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan sebagai lembaga keuangan dalam berperan aktif mendukung pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan ke berbagai lapisan segmen
masyarakat di Indonesia.