Ladiestory.id - Festiva
Para penjual juga selalu menantikan pelaksanaan festival belanja di e-commerce, termasuk festival belanja tanggal kembar karena terbukti menjadi peluang bagi penjual untuk meningkatkan penjualan.
Festival belanja 7.7 menjadi festival belanja terdekat di e-commerce, seperti Lazada Indonesia (Lazada). Para penjual di Lazada telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan.
“Jelang festival belanja, penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan. Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya,” tutur Haikal Bekti Anggoro, SVP - Seller Operations, Lazada Indonesia.
Nah, bagi Kamu yang punya toko online di e-commerce, khususnya di Lazada, yuk kita simak tips dari Haikal untuk persiapan toko agar bisa cuan saat festival belanja nanti!
Tampilkan Produk Kamu Secara Menarik
Kiat paling dasar adalah pastikan produk Kamu nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jarak foto yang tidak terlalu jauh agar detail foto terlihat jelas.
Usahakan mengambil foto dari beragam sudut pengambilan gambar, dan juga foto ketika produk tersebut dipergunakan oleh orang. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.
Bangun Value untuk Produk dan Toko Kamu, dan Jadikan sebagai Daya Jual
Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan harga produk. Oleh sebab itu, penting untuk membangun value dari produk yang Kamu jual agar Kamu bisa "bercerita" bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli. Perwujudan dari value bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk.
Tak hanya itu, Kamu juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja.
Pahami Algoritma E-commerce Tempat Kamu Berjualan untuk Mendorong Trafik ke Toko
Saat ini e-commerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait.
Lengkapi juga detail produk termasuk wa
Manfaatkan Media Sosial untuk Menarik Trafik ke Toko Kamu
Biasanya sebuah toko atau brand juga memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produk dengan basis follower yang sudah terbentuk. Memanfaatkan media sosial toko atau brand Kamu, atau bahkan media sosial pribadi Kamu, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Kamu.
Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk. Cobalah untuk mengarah
Bangun Penilaian dan Ulasan Baik untuk Toko dan Produk Kamu
Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko Kamu. Oleh karena itu, pemilik toko harus berupaya mendapatkan ulasan baik dari pembeli dengan cara memberikan layanan terbaik. Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan.
Selain menyapa dan mengingatkan pembeli, memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko Kamu. Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.
Manfaatkan Fitur dan Program yang Ditawarkan Platform E-commerce, Termasuk Livestreaming
Setiap platform e-commerce memiliki berbagai fitur dan program yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk meningkatkan penjualan tokonya, seperti voucher dan gratis ongkir. Fitur livestreaming seperti La
Jangan ragu untuk manfaatkan berbagai fitur dan program ini sesuai dengan kebutuhan toko Kamu demi menjaring pelanggan lebih luas. Bagi penjual di Lazada, jangan lupa juga untuk melakukan analisis secara lengkap dari performa toko Kamu melalui dasbor interaktif Bisnis Analisis di Seller Center Lazada.
Miliki Mental untuk Terus Belajar dan Berusaha
Berjualan online bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu men
Lazada sendiri menyediakan program pelatihan Lazada University untuk penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual melalui Seller Center. Selain itu, manfaatkan komunitas penjual Lazada di kota Kamu untuk bisa mendapatkan berbagai insight berharga langsung dari para penjual yang sudah lebih dulu sukses. Jadi, tetaplah semangat belajar karena itu bisa menjad