1. Beauty
  2. Khasiat Minyak Jarak untuk Ragam Perawatan Kecantikan
Beauty

Khasiat Minyak Jarak untuk Ragam Perawatan Kecantikan

Khasiat Minyak Jarak untuk Ragam Perawatan Kecantikan

Ilustrasi Khasiat Minyak Jarak (pinterest)

Ladiestory.id - Inovasi produk kecantikan memang tidak ada habisnya. Produk kecantikan pun kini saling berlomba-lomba memberikan gebrakan dan manfaat baru bagi para konsumen, khusunya dalam hal kecantikan. Salah satunya adalah minyak jarak atau castor oil yang merupakan salah satu produk kecantikan yang sudah digunakan sejak zaman Mesir kuno. Minyak jarak juga memiliki khasiat bagi perawatan kecantikan, lho.

Berikut ragam manfaat yang bisa digunakan dari minyak jarak atau castor oil.

Menghilangkan Lingkaran Hitam di Area Kantung Mata

Menghilangkan Lingkar Hitam Mata (pinterest)

 

Istilah mata panda mungkin sering menjadi gejala yang ditimbulkan akibat stres, kelelahan, kurang tidur maupun ketidakseimbangan hormon tubuh. Minyak jarak juga dapat membantu secara efektif menghilangkan lingkaran hitam di bawah area mata. Campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh minyak jarak, kemudian aduk secara merata dan oleskan dengan lembut campuran tersebut di area bawah mata yang menghitam. Hal ini berupaya untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata dan membantu melembabkan kulit dari dalam.

Menyamarkan Jerawat

Menyamarkan Jerawat. (pinterest)

 

Minyak jarak juga memiliki manfaat untuk menyamarkan bekas jerawat, sekaligus merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Kandungan ekstrak biji jarak juga dapat mencegah timbulnya jerawat baru pada kulit. Hal ini dikarenakan minyak biji jarak mengandung asam pada wajah yang dapat menyumbat kelenjar dan pori-pori serta ampuh membunuh bekteri penyebab jerawat.

Mencegah Penuaan

Mencegah Penuaan. (pinterest)

 

Siapa sangka manfaat yang terkandung dalam minyak jarak juga dapat mencegah terjadinya penuaan, lho! Kandungan antioksidannya dapat mengurangi keriput dan garis halus pada wajah  sekaligus dapat memproduksi kolagen sehingga kulit tampak lebih segar dan awet muda.

Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Menebalkan ALis dan Bulu Mata. (pinterest)

 

Manfaat lain yang diperoleh dari minyak jarak adalah dapat membantu menebalkan alis dan bulu mata. Nggak perlu mengeluarkan budget mahal untuk melakukan sulam alis, kamu juga bisa memanfaatkan minyak jarak dengan mengusapkan satu hingga dua tetes minyak jarak dengan kapas ke bagian alis maupun bulu mata hingga meresap merata.

Melembapkan Bibir

Melembapkan Bibir. (pinterest)

 

Minyak jarak juga dapat dimanfaatkan sebagai pelembab bibir, Di beberapa bahan kosmetik atau kecantikan khususnya, lip balm juga memiliki kandungan castor oil sebagai bahan pelengkapnya. Kamu juga dapat mengusapkan minyak jarak kebagian bibirmu agar terus lembab dan tidak kering.

Mengatasi Kulit Kering

Mengatasi Kulit Kering. (pinterest)

 

Untuk menjaga kelembapan pada kulit dan mencegah terjadinya kulit kering dan bersisik, cukup menggunakan beberapa tetes minyak jarak dan dicampurkan pada minyak kelapa, kemudian pijat ke seluruh permukaan kulit yang kering. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya dermatitis pada kulit.

Membantu Mengurangi Ketombe

Membantu Mengurangi Ketombe. (pinterest)

 

Jika kamu memiliki masalah kulit kepala seperti ketombe, minyak jarak pun dapat digunakan sebagai bahan untuk mengurangi ketombe di kulit kepalamu, lho! Kamu dapat mencampurkan perasan jeruk nipis atau lemon dan ditambahkan dengan minyak jarak. Kemudian usapkan di bagian kulit kepala yang mengalami ketombe dan pijat secara perlahan hingga meresap ke kulit kepala. Kemudian bilas dengan air bersih.

Tak hanya itu, kandungan asam ricinoelic dan omega enam pada minyak jarak dipercaya dapat mempercepat pertumnuhan rambut, lho. Kandungan tersebut dipercaya mampu memperlancar aliran sel darah ke kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut baru. Sedangkan kandungan Vitamin E dan anti oksidannya mampu mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

Nah, Ladies itu dia manfaat dari minyak jarak yang tak terduga. Tentunya hal ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel