1. Health
  2. Ketahui Waktu yang Tepat Bagi Penderita Penyakit Jantung untuk Pasang Ring
Health

Ketahui Waktu yang Tepat Bagi Penderita Penyakit Jantung untuk Pasang Ring

Ketahui Waktu yang Tepat Bagi Penderita Penyakit Jantung untuk Pasang Ring

Ilustrasi Penyakit Jantung. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bagi penderita penyakit jantung yang telah mengalami penyempitan pembuluh darah, pemasangan ring jantung (stent) menjadi langkah penanganan yang aman dan efektif.

Ring jantung sendiri adalah sebuah tabung kecil yang digunakan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah di jantung, yang dipasang di dalam pembuluh darah dengan tujuan untuk memperlancar aliran darah yang tersumbat.

Pemasangan ring jantung biasanya dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner atau orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah di jantung akibat penumpukan plak.

Penumpukan plak di pembuluh darah umumnya disebabkan oleh kolesterol atau zat lain yang menempel di dinding pembuluh darah.

Namun, tidak sembarangan penderita penyakit jantung koroner bisa melakukan pemasangan ring jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah lulusan Universitas Indonesia (UI) dr. Yahya Berkahanto Juwana, Sp. J. P, Subsp. K. I. (K), Ph.D, FIHA menyatakan, terdapat kriteria tertentu pada seseorang penderita penyakit jantung koroner yang memerlukan pemasangan ring jantung.

Seperti yang telah dijelaskan, penyakit jantung koroner (PJK) terjadi akibat adanya plak Atherosclerotic (Aterosklerosis) yang menumpuk dan tumbuh secara bertahap di dalam dinding arteri sehingga menyebabkan adanya penyempitan pembuluh darah.

Pada kondisi tertentu, plak dapat pecah dan memicu pembentukan gumpalan darah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sepenuhnya, yang dapat mengganggu aliran darah normal dan meningkatkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, atau gangguan sirkulasi lainnya.

Penanganan penyumbatan pembuluh darah dapat melibatkan berbagai metode, tergantung pada tingkat keparahan sumbatan dan letak lokasi sumbatan.

Ilustrasi Penyakit Jantung. (Freepik.com)

Hal itu yang menjadi pertimbangan pemasangan ring jantung bagi penderita penyakit jantung koroner.

Menurut Dokter Yahya, pemasangan stent atau ring jantung masih menjadi solusi efektif untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah.

Namun demikian, tindakan intervensi penyakit jantung koroner melalui perkutan/kateterisasi elektif dengan pemasangan ring hanya dilakukan jika terapi pengobatan dinyatakan tidak membantu.

"Selain terapi pengobatan, untuk menangani penyakit jantung stabil atau kronis juga dapat dilakukan dengan gaya hidup sehat," ujar Dokter Yahya dalam Media Gathering RS POndok Indah di Kawasan Jakarta Selatan, pada Rabu (19/6//2024).

Dalam penjelasannya, Dokter Yahya kembali menekankan bahwa keputusan akhir pemasangan stent jantung tetap pada dokter yang melakukan pemeriksaan untuk memberikan penanganan penyakit jantung koroner secara tepat.

“Kondisi setiap orang itu berbeda-beda, jadi keputusan pemasangan stent jantung tetap dari dokter yang memeriksa. Kalau misalnya kandidat yang terbaik adalah bypass ya dilakukan bypass, tapi jika masih bisa dilakukan pemasangan stent, maka pasang stent,” tandasnya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel