Ketahui Kandungan Serum Untuk Jenis Kulit Sebelum Menggunakannya

Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:21:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ketahui Kandungan Serum Untuk Jenis Kulit Sebelum Menggunakannya

Foto: Ladiestory.id

Serum adalah cairan yang diperkaya bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang mampu menembus ke dalam kulit untuk memelihara dan meremajakannya. Produk serum yang ringan dengan satu atau dua tetes cukup untuk diaplikasikan ke seluruh wajah.

Apa saja kandungan serum untuk jenis kulit?

Serum dirancang khusus yang mengandung bahan aktif mewah seperti vitamin dan mineral untuk merawat lapisan kulit wajah hingga ke bagian dalam, dilansir dari stylecaster.com.

Pada awalnya, serum berbahan dasar air, tetapi saat ini juga ada yang berbasis minyak. Jadi serum tidak diperuntukan untuk kulit kering saja, namun juga untuk jenis kulit wajah berminyak.

Oleh sebab itu Anda harus tepat dalam memilih kandungan serum untuk jenis kulit. Anda tahu apa saja kandungan yang tepat?

 

1. Jenis Kulit Berminyak

Foto: Ladiestory.id

Kulit berminyak memiliki masalah dengan produksi minyak berlebih yang akan menyumbat pori-pori wajah. Oleh sebab itu, kulit berminyak akan rentan untuk timbul jerawat di wajah. Selain itu tipe jenis kulit wajah berminyak harus rajin merawat wajah agar kulit tidak tampak kusam.

Maka untuk Anda yang memiliki kulit berminyak disarankan untuk memilih serum wajah yang mengandung AHA (alpha hydrocy acids) yang mampu mengangkat tumpukan sel kulit mati di permukaan kulit.

Sehingga kandungan ini dapat menghindarkan Anda dari penyumbatan minyak di pori-pori wajah dari produksi minyak yang berlebih.

Selain itu, Anda harus memilih serum wajah yang memiliki kandungan Niacinamide yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mengontrol produksi minyak yang ada di wajah.

2. Jenis Kulit Berjerawat

Foto: Ladiestory.id

Yap, seperti yang dikatakan poin sebelumnya bahwa salah satu faktor timbulnya jerawat akibat minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. 

Jadi Anda bisa memilih serum wajah yang bisa mengatasi peradangan jerawat, melawan bakteri, dan juga membersihkan pori-pori tersumbat.

Kandungan serum untuk jenis kulit wajah berjerawat adalah  Asam Salisilat, Retinol, Green Tea, salicylic acid, dan vitamin C.

Asam salisilat dan Retinol memiliki fungsi yang sama, yaitu meningkatkan kelembapan kulit dan mempermudah pengelupasan sel kulit mati.

Sedangkan kandungan Green Tea, kandungan anti-oksidan di dalamnya dapat meredakan kemerahan serta membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Kandungan salicylic acid dan vitamin C pada serum dapat mengurangi efek kemerahan maupun peradangan karena jerawat.

Kandungan salicylic acid termasuk salah satu jenis BHA yang paling banyak direkomendasikan untuk mengatasi jerawat. Pasalnya, salicylic acid akan terasa lembut dan tidak menimbulkan iritasi saat diaplikasikan.

3. Jenis Kulit Kering

Foto: Ladiestory.id

Kekurangan cairan merupakan kondisi wajar yang terjadi pada jenis kulit kering, sehingga pori-pori dan garis kulit terlihat jelas. Beberapa pengaruh kulit kering salah satunya adalah perubahan cuaca.

Oleh sebab itu, kandungan serum untuk jenis kulit adalah hyaluronic acid, emolien dan antioksidan yang berfungsi untuk mengikat cairan di dalam kulit wajah.

Dengan ini diharapkan dapat meminimalisir kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari, iritasi, dan kulit terbakar

Jenis kulit wajah kering memerlukan kandungan yang dapat membantu melebapkan kulit dan menutrisi hingga lapisan terdalam kulit.

Sebab itu, serum untuk kulit kering juga memerlukan kandungan vitamin E yang berfungsi untuk membantu mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit akan terasa kenyal.

4. Jenis Kulit Kusam

Foto: Ladiestory.id

Kulit kusam adalah kondisi kulit tidak cerah dan terlihat lelah. Oleh sebab itu, kulit kusam sangat membutuhkan serum untuk mencerahkan dan membuat kulit sehat serta glowing.

Maka kandungan serum untuk jenis kulit kusam adalah Vitamin C atau Vitamin E, dan juga AHA.

Kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang dapat menjaga kulit dari kerusakan sinar matahari berlebih dan juga akan menghalangi radiasi sinar UV.

Tak hanya itu, Vitamin E juga bisa membantu menghilangkan noda hitam sekaligus mengatasi kulit wajah kusam.

Sedangkan vitamin C mampu menghambat produksi melanin yang akan menyebabkan bintik hitam serta warna kulit tidak merata. Kandungan ini akan bekerja dengan cepat memudarkan bintik hitam tersebut sehingga wajah terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

5. Jenis Kulit Kombinasi

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak di area dagu, hidung, dahi dinamakan jenis kulit wajah kombinasi. Maka hydrating merpakan kandungan serum untuk jenis kulit kombinasi.

Anda bisa menggunakan kandungan hyaluronic acid yang bertekstur ringan, kandungan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Hyaluronic acid merupakan senyawa yang disinyalir memiliki segudang manfaat menakjubkan dalam merawat dan membantu mencegah penyumbatan minyak penyebab timbulnya jerawat.

6. Jenis Kulit Normal

Foto: Ladiestory.id

Meskipun kulit normal, bukan berarti tidak memerlukan serum untuk wajah. Anda tetap memerlukan hyaluronic acid, kolagen dan vitamin C sebagai merpakan kandungan serum untuk jenis kulit normal.

Sebab, vitamin C termasuk senyawa yang bisa meningkatkan biosintesis kolagen di kulit wajah. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi kerutan halus di wajah.

Inilah kandungan serum untuk jenis kulit normal, kering, berjerawat, berminyak, kering, dan kusam. Gunakan serum secara rutin untuk hasil yang maksimal.