Ketahui Cara Manfaatkan Vitamin C untuk Flek Hitam Menurut Ahli

Senin, 8 April 2024 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui Cara Manfaatkan Vitamin C Untuk Flek Hitam Menurut Ahli

Ilustrasi Manfaatkan Vitamin C. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bagi wanita, flek hitam di wajah menjadi salah satu permasalahan yang besar. Flek hitam sendiri bisa muncul karena berbagai alasan, baik akibat jerawat, atau disebabkan oleh kondisi hormonal.

Apa pun penyebabnya, namun satu hal yang pasti, untuk memudarkan atau menghilangkan flek hitam, pastikan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C.

Dilansir dari Byrdie Online, menurut dokter kulit vitamin C dapat membantu memudarkan bintik hitam dan menawarkan sejumlah manfaat perawatan kulit lainnya.

Apa Itu Vitamin C?

Ilustrasi Manfaatkan Vitamin C. (Freepik.com)

 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang berasal dari sumber alami seperti buah jeruk dan sering kali diproduksi secara sintetis dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti serum, pelembab, toner, dan pembersih.

Bahan ini melindungi kulit dari kerusakan kolagen, mencegah penuaan kulit, dan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas, yang disebabkan dari terpapar udara, sinar matahari (radiasi UV), dan polutan.

Karena itu, vitamin C sangat ampuh untuk membantu mengurangi kerusakan dan perubahan warna kulit, sehingga menghasilkan efek lebih bersinar secara keseluruhan pada kulit.

Manfaat Vitamin C untuk Flek Hitam

Ilustrasi Manfaatkan Vitamin C. (Freepik.com)

 

Vitamin C dapat membantu mengurangi munculnya flek hitam dan hiperpigmentasi . Hal ini karena vitamin C menurunkan regulasi enzim yang disebut tirosinase yang terlibat dalam produksi melanin, yang dapat mencerahkan, mengatasi masalah bintik hitam secara efektif.

Cobalah untuk memadukan vitamin C dengan formula bahan lainnya, seperti asam kojic dan licorice, untuk kinerja yang lebih baik dalam mencerahkan warna kulit.

Cara Gunakan Vitamin C untuk Flek Hitam

Ilustrasi Manfaatkan Vitamin C. (Freepik.com)

 

Pilih produk skincare dengan vitamin C yang spesifik untuk mengatasi flek hitam. Menurut ahli, lebih baik vitamin C disalurkan ke kulit dalam bentuk serum karena vitamin C adalah molekul yang larut dalam air, artinya vitamin C paling baik menembus lapisan luar hingga dermis dalam media berbasis air seperti serum.

Carilah konsentrasi antara 10 dan 20%, karena kisaran ini dianggap paling efektif dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, untuk mengatasi flek hitam, gabungkan serum vitamin C dengan vitamin E yang melembabkan dan mengaplikasikannya dua kali sehari.

Tidak hanya itu, ketahui juga jika sebaiknya menghindari penggunaan vitamin C dengan bahan dan asam pengelupas kulit tertentu, seperti retinol dan asam alfa-hidroksi . Menggunakan bahan-bahan ini dengan vitamin C dapat menyebabkan iritasi.