Ketahui 5 Kegiatan yang Dapat Tingkatkan Perkembangan Balita

Jumat, 19 Januari 2024 | 18:19:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui 5 Kegiatan Yang Dapat Tingkatkan Perkembangan Balita

Ilustrasi Balita. (Pexels.com/Oleksandr P)

Ladiestory.id - Anak di bawah lima tahun (balita) tengah dalam masa perkembangan yang perlu diperhatikan. Mungkin orang tua akan melihat kegiatan balita hanya bermain, tapi ternyata bermain adalah cara mereka untuk mengenal dunia.

Orang tua pun dapat berperan aktif dalam perkembangan anak balita dengan ikut bermain. Tidak hanya permainan biasa, kamu bisa memperkenalkan anak dengan mainan-mainan edukatif, yang bisa membantu meningkatkan perkembangan anak balita.

Dilansir dari Parents Online, berikut deretan kegiatan menyenangkan dan permainan yang bisa dilakukan oleh orang tua bersama dengan anak balitanya.

Perkenalkan Tekstur

Ilustrasi Balita. (Pexels.com/Tatiana Syrikova)

Masa balita adalah saatnya anak-anak mulai mempelajari sensorik yang menyentuh, mencium, dan merasakan. Maka sebagai orang tua harus ikut membantu melatih sensorik anak dengan memperkenalkannya kepada tekstur seraya bermain.

Gunakan spidol gelap untuk menjiplak huruf dan angka pada papan poster. Kemudian mintalah anak menghias huruf-huruf tersebut dengan benda-benda bertekstur seperti amplas yang sudah dipotong, bola kapas, dan pembersih pipa. Namun, hindari benda-benda yang dapat menimbulkan bahaya tersedak.

Perkenalkan Ukuran

Ilustrasi Balita. (Pexels.com/Allan Mas)

Mengenalkan ukuran pada anak balita juga akan membantu meningkatkan perkembangannya. Meskipun penggaris adalah alat ukur yang umum, tapi cobalah untuk bereksperimen dengan alat lainnya agar proses pembelajaran lebih menarik.

Pada musim gugur, mintalah sang anak berbaring di rumput lalu letakkan apel di sebelahnya untuk mengukur berapa banyak apel yang dibutuhkan agar setara dengan tinggi badannya.

Bernyanyi Kosakata

Ilustrasi Balita. (Pexels.com/Tatiana Syrikova)

Untuk aktivitas ini, cobalah buat lagu-lagu lucu tentang kata-kata berima. Jika kesulitan, cobalah untuk menyanyikan lagu klasik, seperti lagu alfabet.

Anjurkan bernyanyi di dalam mobil, saat bermain di rumah, dan saat mandi. Jika ia bersekolah di tempat penitipan anak atau pra-sekolah, tanyakan kepada guru lagu favorit di kelasnya dan nyanyikan kembali lagu tersebut di rumah.

Kenalkan Cuaca

Ilustrasi Balita. (Pexels.com/Antoni Shkraba)

Sebagai orang tua juga bisa memperkenalkan berbagai jenis cuaca dengan membuat widget cuaca. Ambil selembar kertas putih kosong (8 cm x 11 cm) dan mintalah sang anak menggambar cuaca hari itu dengan menggunakan media seni apa pun, seperti krayon, spidol, dan cat air.

Beri Label Rumah Tangga

Ilustrasi Balita. (Pexels.com/Gustavo Fring)

Pelabelan memungkinkan anak mengetahui bahwa segala sesuatu mempunyai serangkaian simbol umum untuk ditulis dan diidentifikasi. Buatlah label dengan ukuran yang sama dan gunakan font dasar agar anak-anak dapat mengidentifikasinya dengan mudah.

Ketik, cetak, dan gunting setiap kata. Kemudian gunakan selotip biru untuk menempelkannya pada objek. Orang tua juga dapat merekatkan kata-kata tersebut ke kartu indeks dan menempelkannya pada objek.