1. Health
  2. Ketahui 5 Kebiasaan yang Buat Dirimu Jadi Ragukan Diri Sendiri
Health

Ketahui 5 Kebiasaan yang Buat Dirimu Jadi Ragukan Diri Sendiri

Ketahui 5 Kebiasaan yang Buat Dirimu Jadi Ragukan Diri Sendiri

Ilustrasi Kebiasaan yang Buat Dirimu Jadi Ragukan Diri Sendiri. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Setiap individu tentu pernah merasa tidak percaya diri atau bahkan merasakan keraguan pada dirinya sendiri.

Mereka yang selalu ragu akan dirinya sendiri tentu akan mengalami kesulitan untuk menentukan pilihan-pilihan, serta keputusan penting yang ada di dalam hidup.

Tidak hanya itu, meragukan diri sendiri juga bisa membuat individu ragu dengan pendapat yang akan ia sampaikan dalam suatu diskusi.

Melansir dari Hindustan Times yang tayang pada Kamis (28/12/2023), seorang terapis asal India menjabarkan lima kebiasaan yang membuat individu menjadi sering ragu pada diri sendiri.

Terlalu Banyak Berpikir

Ilustrasi Terlalu Banyak Berpikir. (Pexels.com/Sam Lion)

Berpikir berlebihan serta mempertimbangkan baik-buruk dari keputusan yang akan diambil adalah salah satu kebiasaan individu yang sering kali meragukan dirinya sendiri.

Sekalipun itu kecil dan tidak akan banyak memengaruhi, namun tetap saja individu yang meragukan diri sendiri kesulitan untuk mengambil keputusan tersebut.

Minta Pendapat Orang Lain

Ilustrasi Minta Pendapat Orang Lain. (Pexels.com/Jopwell)

Individu yang meragukan diri sendiri selalu merasa tidak yakin dengan sudut pandang dan pendapatnya. Maka dari itu, ia selalu meminta pendapat orang lain terkait sudut pandangnya.

Bahkan, mereka yang meragukan diri sendiri juga sering kali meminta pendapat orang lain untuk mengambil keputusan.

Takut Berbagi Ide

Ilustrasi Takut Berbagi Ide. (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Karena merasa tidak yakin dengan sudut pandang dan pendapatnya sendiri, mereka yang ragu akan dirinya juga sering kali takut menyuarakan dan berbagi idenya.

Tidak hanya itu, terkadang saat menyampaikan pendapat dan ide, individu tersebut mengawalinya dengan permintaan maaf terlebih dahulu karena tidak ingin menyinggung perasaan orang lain.

Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Ilustrasi Bandingkan Diri dengan Orang Lain. (Pexels/Alex Green)

Salah satu kebiasaan lainnya yang kerap kali dilakukan oleh individu yang ragu akan dirinya sendiri adalah selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.

Mereka selalu membandingkan pilihan hidup, keputusan, dan jadwal hidupnya dengan orang lain, dan merasa mereka tidak berbuat cukup baik seperti orang tersebut.

Ilustrasi menunda waktu. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Sering kali menunda waktu diartikan sebagai masalah dalam me-manage waktu. Namun, menurut terapis asal India menunda waktu adalah masalah manajemen emosional.

Penundaan waktu juga menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh mereka yang ragu dengan dirinya sendiri. Mereka selalu menunda waktu karena merasa dirinya belum siap untuk menghadapi sesuatu.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel