1. Travel
  2. Ada Pasar Kurban Dadakan setelah Salat Id! Yuk Intip Iduladha di Rusia
Travel

Ada Pasar Kurban Dadakan setelah Salat Id! Yuk Intip Iduladha di Rusia

Ada Pasar Kurban Dadakan setelah Salat Id! Yuk Intip Iduladha di Rusia

Sebuah Masjid di Rusia. ( Instagram : Sportdoctorapb )

Ladiestory.id - Hari raya Iduladha adalah hari raya besar umat Islam di dunia setelah Idulfitri. Bedanya Idulfitri umat muslim merayakannya setelah lunas menunaikan ibadah puasa ramadhan selama 1 bulan penuh namun Iduladha dirayakan bersamaan dengan jemaah haji yang melakukan ibadah di tanah suci. Begitupun yang dirasakan oleh muslim di Rusia.

Ya, Islam memang menjadi agama terbesar nomor dua setelah Kristen Ortodoks di Rusia. Apalagi Rusia dikeliling negara pecahan Uni Soviet yang memang banyak mayoritas pemeluk agama Islam sebut saja Kazakhstan, Uzbekistan, Kirgistan, Turkmenistan, Tajikistan hingga negara di dekat laut kaspia Azerbaijan.

Tradisi Iduladha di Rusia juga sangat dipengaruhi oleh budaya dari negara tetangga Rusia yang mayoritas beragama Islam. Tradisi Iduladha juga beraneka ragam di Rusia. Ada yang datang berlibur ke rumah orang tuanya saat hari raya atau ada juga yang hanya datang ke Masjid melakukan shalat Id lalu pulang ke rumah atau melanjutkan pekerjaannya.

Dilansir media Rusia RBTH.com, ada beberapa hal yang menarik dan unik di Rusia saat hari raya Iduladha adalah adanya pasar kambing setelah shalat Iduladha dilaksanakan. Ya, warga muslim Rusia yang mayoritas memang berasal dari negara pecahan Uni Soviet di Asia tengah itu memang banyak memberikan pengaruh kepada ritual hari Raya di Rusia. Warga muslim Rusia setelah melakukan shalat Id di Masjid, mereka langsung memadati halaman masjid untuk membeli hewan kurban yang dijual di luar Masjid.

Halaman depan masjid akan ada pasar hewan kurban dadakan yang dijual oleh warga muslim di Rusia dan diperjualbelikan kepada jemaah yang hadir di Masjid tersebut. Hewan kurban ini langsung dibawa dari desa tempat peternakannya langsung untuk dipersiapkan sebagai hewan kurban untuk hari raya Iduladha.

Pasar Kambing Setelah Shalat Ied di sebuah Masjid di Rusia
Suasana Pasar Hewan Qurban Setelah Shalat Ied di Sebuah Masjid di Rusia ( Instagram : Sportdoctorapb )

 

Ya, hewan itu kebanyakan kambing atau domba yang dibawa warga muslim Rusia lainnya yang juga beribadah di Masjid yang sama. Lalu dengan sistem tawar menawar, mereka menawarkan kambing untuk dijual kepada warga muslim Rusia yang ingin membelinya untuk kebutuhan hari Raya di rumahnya. Kambing yang ada dijual bervariasi harganya tergantung beratnya kambing. Pasar kambing setelah shalat Id memang serentak ada di Rusia terutama di kota-kota yang memang banyak sekali bermukim muslim di Rusia.

Selain tradisi unik pasar hewan kurban di Rusia saat hari raya besar Islam seperti Iduladha. Masyarakat muslim di Rusia juga melakukan makan bersama dengan jemaah yang datang bersama-sama untuk beribadah di Masjid. Ya setelah menunaikan Shalat Id dan ceramah dari imam atau mufti dalam istilah Rusia, semua jemaah langsung keluar dan berebut untuk meminta makanan yang sudah dimasak oleh pihak Masjid. Makanan yang dibagikan sangat beraneka ragam dari plov, hingga shaurma atau kebab dalam bahasa Rusia.

Makanan Khas Rusia yang Dibagikan Pihak Masjid Kepada Jemaah. ( Instagram : Sportdoctorapb )
Makanan Khas Rusia yang Dibagikan Pihak Masjid kepada Jemaah Shalat Ied. ( Instagram : Sportdoctorapb )

Selain itu juga makanan ini dibagikan bukan hanya kepada jemaah yang datang ke masjid tapi juga orang-orang yang secara kebetulan berada atau sedang lewat di sekitaran Masjid. Pihak takmir Masjid memberikan makanan itu dengan piring plastik.

Masyarakat muslim di Rusia percaya bahwa dengan makan bersama seperti ini akan menimbulkan rasa keakraban satu sama lain. Apalagi dengan berbagai macam latar belakang dan negara yang berbeda tentu memberikan kesan tersendiri bagi muslim di Rusia.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel