1. Lifestyle
  2. Kerap Jadi Menu Takjil, Ini 5 Cara Mengolah Kolang-Kaling Agar Empuk
Lifestyle

Kerap Jadi Menu Takjil, Ini 5 Cara Mengolah Kolang-Kaling Agar Empuk

Kerap Jadi Menu Takjil, Ini 5 Cara Mengolah Kolang-Kaling Agar Empuk

Ilustrasi kolang-kaling. (Special)

Ladiestory.id - Saat Ramadan tiba, kolang-kaling menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dicari. Kolang-kaling memiliki tekstur serta rasa yang unik. Bahan makanan ini sangat cocok dibuat menjadi berbagai olahan es, seperti es buah maupun es campur. Selain terasa menyegarkan, kolang-kaling juga bermanfaat bagi kesehatan seperti dapat membantu meningkatkan imun, menurunkan berat badan, dan juga mencegah osteoporosis. 

Kolang-kaling berasal dari biji pohon aren. Kolang-kaling yang dijual di pasaran umumnya telah dilakukan proses pengolahan mulai dari membakar buah aren hingga hangus. Kemudian mengambil bijinya dan direbus selama beberapa jam. Setelah itu, biji tersebut direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari agar terjadi proses fermentasi.

Sebelum membuat kolang-kaling sebagai hidangan takjil, kamu perlu mengolahnya terlebih dulu. Mengolah kolang-kaling tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika salah dalam pengolahan maka akan membuat kolang-kaling memiliki tekstur yang keras atau bahkan mudah hancur. Selain itu, juga bisa membuat kolang-kaling memiliki rasa yang asam atau kecut. 

Ladies, berikut ini lima cara yang bisa kamu lakukan ketika mengolah kolang-kaling agar memiliki tekstur empuk dan tidak terasa asam. 

Rendam Air Beras

Ilustrasi air beras. (Special)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam mengolah kolang-kaling adalah dengan merendamnya dalam air beras. Air beras ini merupakan air bekas cucian beras atau disebut juga air rajin. 

Sebelum merendamnya dalam air beras, kamu bisa mencuci kolang-kaling hingga bersih terlebih dulu. Kemudian rendam dalam air beras selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam. Terakhir bilas kolang-kaling dengan air bersih. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan lendir dan mampu mengurangi rasa asam pada kolang-kaling. 

Rebus Kolang-kaling

Ilustrasi kolang-kaling. (Special)

Kolang-kaling yang kamu beli sebaiknya jangan langsung dikonsumsi. Agar kolang-kaling empuk dan tidak asam kamu perlu mengolah dengan cara yang tepat salah satunya dengan cara merebus kolang-kaling. 

Panaskan air terlebih dulu hingga mendidih kemudian masukkan kolang-kaling dan rebus sekitar 15 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan kolang-kaling tersebut. 

Rendam Air

Ilustrasi kolang-kaling. (Special)

Setelah selesai merebus kolang-kaling maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan merendam kolang-kaling dalam air dingin. Air dingin yang dimaksud di sini adalah air dengan suhu normal.

Setelah direndam dengan air dingin, kamu bisa merebusnya kembali. Panaskan kolang-kaling dalam rendaman air tersebut dengan api kecil selama 15 menit saja. 

Tambahkan Gula

Ilustrasi gula. (Special)

Kolang-kaling memiliki cita rasa yang cenderung hambar. Jadi, jika kamu ingin menambah cita rasa kolang-kaling, maka kamu bisa menambahkan gula. 

Ketika kolang-kaling sedang dipanaskan, kamu bisa menambahkan pemanis seperti gula ke dalamnya. Gula dapat membantu menghilangkan rasa asam yang ada pada kolang-kaling. Selain itu, gula juga bisa menjadi bahan pengawet alami. Jadi, kolang-kaling bisa punya rasa yang manis dan tidak mudah basi. 

Tambahkan Rempah-rempah

Ilustrasi kayu manis. (Special)

Jika kamu menginginkan kolang-kaling memiliki aroma yang khas dan rasa yang enak, kamu bisa menambahkan rempah-rempah. 

Sebaiknya pilih rempah yang aromatik, seperti daun jeruk atau kayu manis. Kamu bisa menambahkan rempah aromatik tersebut saat kolang-kaling direbus bersamaan dengan gula. Dengan memanfaatkan rempah-rempah maka rasa asam dari kolang-kaling akan hilang, karena tertutupi dengan aroma rempah yang sedap.

Nah, itulah lima cara yang bisa kamu lakukan dalam mengolah kolang-kaling. Lakukan langkah yang tepat agar kolang-kaling menjadi empuk dan tidak asam. Kamu bisa merebusnya, menambahkan gula, dan juga rempah-rempah agar semakin lezat dan sedap.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel