1. Lifestyle
  2. Kenapa Orang Selingkuh? Yuk Ketahui Alasan Utamanya!
Lifestyle

Kenapa Orang Selingkuh? Yuk Ketahui Alasan Utamanya!

Kenapa Orang Selingkuh? Yuk Ketahui Alasan Utamanya!

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Belakangan ini, media sosial tengah dihebohkan dengan isu perselingkuhan yang dilakukan oleh salah satu selebgram tanah air. Selingkuh merupakan situasi di mana seseorang berbagi rasa dengan orang lain saat dirinya masih berada dalam sebuah hubungan. Tak melulu melibatkan fisik, selingkuh juga bisa melibatkan emosi dan perasaan yang bukan pasangannya.

Melansir Very Well Mind, ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan perselingkuhan. Dengan atau tanpa faktor risiko individu atau perkawinan, ada sejumlah kemungkinan penyebab perselingkuhan dalam hubungan pernikahan. Berikut ini beberapa alasan yang disebut-sebut sebagai penyebab terjadinya perselingkuhan:

Ketidakpuasan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Ketidakpuasan terhadap pernikahan baik secara emosional maupun seksual adalah hal yang biasanya menjadi penyebab perselingkuhan. Salah satu pasangan mungkin merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan pasangannya, namun seringkali kebutuhan tersebut tidak diungkapkan. 

Tidak Dihargai

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Merasa diremehkan atau diabaikan dapat menyebabkan perselingkuhan. Ketika kedua pasangan bekerja, perempuan sering kali menanggung beban pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak. Dalam hal ini, perselingkuhan tersebut membuktikan rasa berharga seseorang. 

Namun, di sisi lain, perasaan yang diabaikan mungkin berkaitan dengan ekspektasi yang tidak realistis terhadap pasangan, bukan karena pengabaian yang sebenarnya.

Rasa Bosan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Hubungan yang monoton bisa membuat seseorang merasa bosan. Alih-alih mencoba mencari pengganti pasangannya, beberapa orang mengklaim hubungan asmara di luar pernikahannya itu adalah cara untuk memeriahkan pernikahan mereka. 

Putus cinta sering disebut-sebut sebagai alasan untuk selingkuh. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang bagaimana cinta menjadi matang dalam pernikahan.

Kurangnya Komitmen

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Terlepas dari fakto-faktor lain, kurangnya komitmen yang dimiliki seseorang dalam sebuah hubungan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya perselingkuhan.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Dig Dis Sci, disebutkan bahwa orang yang kurang berkomitmen pada hubungan lebih cenderung selingkuh.

Balas Dendam

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Jika salah satu pasangan berselingkuh atau telah menyakiti pasangannya dalam beberapa hal, pasangan yang merasa tersakiti itu bisa saja memiliki rasa ingin balas dendam yang mengakibatkan perselingkuhan. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel