1. Health
  2. Sering Diderita Kaum Milenial, Kenali Penyakit GERD Anxiety Beserta Gejalanya!
Health

Sering Diderita Kaum Milenial, Kenali Penyakit GERD Anxiety Beserta Gejalanya!

Sering Diderita Kaum Milenial, Kenali Penyakit GERD Anxiety Beserta Gejalanya!

Foto: SehatQ

Ladiestory.id - Belakangan ini, istilah GERD anxiety santer terdengar terutama di kalangan pekerja atau anak muda. Lantas, seperti apa sebenarnya kondisi ini? Apakah bisa pulih dengan cepat?

Apa itu GERD Anxiety?

Mungkin kaum milenial sudah tidak asing dengan istilah anxiety. Dimana keadaan ini tidak hanya memicu rasa gelisah di hati, tapi juga bisa meningkatkan risiko GERD.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai GERD

Nama bekennya adalah GERD. Lengkapnya agak sulit dicerna, yaitu gastroesophageal reflux disease. Data Kementerian Kesehatan RI pernah mengungkap bahwa GERD menduduki 10 besar penyakit paling banyak diderita orang Indonesia. Pada 2009, jumlah penderita GERD di Indonesia diperkirakan mencapai 4 juta orang.

Jumlah ini dipercaya terus membesar karena berkaitan erat dengan gaya hidup tidak sehat, aktivitas tinggi, kebiasaan mengonsumsi fast food, minum kopi, dan merokok.

GERD Anxiety
Foto: nusagates

GERD adalah penyakit asam lambung tapi berbeda dengan sakit mag. GERD adalah kondisi saat asam lambung bergerak naik ke kerongkongan melewati klep yang seharusnya selalu tertutup.

Sedangkan sakit mag adalah kondisi meningkatnya jumlah asam lambung. Banyak salah kaprah tentang penyakit GERD. Paling umum adalah GERD disebut-sebut sebagai penyebab langsung kematian. 

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Anxiety

Sedangkan anxiety merupakan kecemasan yang muncul akibat respons alami tubuh saat dihadapkan dengan suatu masalah.

Kaum milenial adalah golongan orang yang berisiko tinggi mengalami anxiety, meski tak menutup kemungkinan untuk dialami oleh siapa saja.

Salah satu hal yang menyebabkan kaum milenial lebih rentan mengalami anxiety adalah kesulitan, khawatir, galau, dan bingung untuk menentukan langkah dalam menentukan masa depan. Kondisi ini sering disebut sebagai quarter life crisis.

Lalu Apa Hubungannya Antara GERD dan Anxiety?

Meski anxiety tidak ada dalam daftar penyebab GERD, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa kecemasan dan depresi bisa meningkatkan risiko GERD.

Sementara studi lain menemukan bahwa efek negatif GERD pada kualitas hidup pengidapnya bisa meningkatkan kecemasan dan depresi. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang secara positif mengaitkan kecemasan dengan peningkatan asam lambung.

GERD Anxiety
Foto: Okezone

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa anxiety tampaknya bisa meningkatkan gejala yang terkait dengan GERD, seperti heartburn dan nyeri perut bagian atas. Kecemasan dipercaya bisa membuat kamu lebih sensitif terhadap rasa sakit dan gejala GERD lainnya.

Selain itu, kecemasan dan tekanan psikologis lainnya juga bisa memengaruhi motilitas esofagus dan fungsi sfingter esofagus bagian bawah. Motilitas esofagus mengacu pada kontraksi yang terjadi di esofagus untuk memindahkan makanan ke perut.

Apa Saja Gejala GERD Anxiety?

Kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah gejala yang berbeda pada setiap orang. Namun seringnya, seseorang akan merasakan gejala umum berupa mulas, mual, dan nyeri perut.

Follow our
media updates!

Gejala yang juga banyak dialami yaitu adanya sensasi nyeri atau serasa seperti ada benjolan di tenggorokan, terutama saat Kamu makan. Hal ini membuat makanan yang masuk seperti terjebak di tenggorokan.

Orang yang mengalami sensasi globus juga sering mengalami suara serak, batuk, atau keinginan untuk berdeham atau membersihkan tenggorokan terus-terusan.

Ditambah dengan anxiety, pola tidur yang biasanya mungkin akan turut terganggu. Refluks asam yang meningkat akan semakin terasa nyeri saat Kamu berbaring, sehingga Kamu akan sering terbangun karenanya.

Selain itu, keluhan yang paling banyak dilaporkan yakni nyeri dada. Karena inilah tak heran banyak orang dengan GERD anxiety yang mengira bahwa mereka memiliki masalah jantung.

GERD Anxiety
Foto: Klikdokter

Gejala lain GERD anxiety dapat meliputi:

- kesulitan menelan makanan,

- keluarnya sedikit cairan atau makanan ketika bersendawa,

- merasa gelisah dan gugup,

- ketakutan seperti ada sesuatu berbahaya yang akan terjadi,

- detak jantung yang meningkat,

- hiperventilasi,

- kesulitan mengendalikan pikiran, hingga sesak napas.

Inilah pengertian GERD anxiety yang sering dialami oleh kaum milenial. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah minum obat lambung ataupun mengatasi permasalahan kecemasan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel