1. Beauty
  2. Kenali Jenis-jenis Dark Circle dan Penyebabnya
Beauty

Kenali Jenis-jenis Dark Circle dan Penyebabnya

Kenali Jenis-jenis Dark Circle dan Penyebabnya

Dark circle atau lingkaran hitam pada area mata. (Special)

Ladiestory.id - Dark circle atau lingkaran hitam adalah tampilan warna gelap yang terletak pada kulit di area mata. Banyak yang hal yang dapat menyebabkan terjadinya dark circle. Biasanya, disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya tidur, dehidrasi, penuaan, kurang gizi, rokok maupun faktor genetik.

Tak hanya penuaan dini, peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata juga bisa diakibatkan dari paparan sinar matahari berebihan.

Lalu apa saja jenis-jenis dark circle dan penyebabnya?

Dark Circle

Dark circle atau lingkaran hitam pada area mata. (Special)

Biasanya, dark circle juga menyebabkan warna kebiruan pada area mata. Dark circle disebabkan oleh kurangnya tidur atau tingkat stres yang tinggi. Hal ini menyebabkan peredaran darah di sekitar area mata tidak lancar, sehingga darah yang tersumbat akan memunculkan warna kebiruan pada area mata.

Dark circle jika dibiarkan akan membuat penampilan kamu terlihat lebih tua. Kulit pada area mata yang cenderung tipis dan lembut membuat dark circle semakin jelas terlihat.

Puffy eyes

Dark circle atau lingkaran hitam pada area mata. (Special)

Lingkaran hitam juga sering disebut mata panda. Disebut pula sebagai puffy eyes, yang merupakan kantong kecil di bagian bawah mata yang terlihat lebih gelap dan sembab dari kulit sekitarnya. Umumnya, kantung mata ini disebabkan oleh faktor usia atau juga kurang tidur pada malam hari. Tubuh yang dehidrasi sehingga cairan terkumpul di area tersebut juga menyebabkan puffy eyes.

Under eye

Dark circle atau lingkaran hitam pada area mata. (Special)

Under eye merupakan cekungan berwarna hitam yang dapat mengganggu penampilan kamu saat memakai riasan. Banyak faktor yang menyebabkan cekungan di bawah mata, salah satunya gejala penuaan dini.

Eye bags

Dark circle atau lingkaran hitam pada area mata. (Special)

Eye bag muncul karena kelelahan dan kurang tidur. Hal ini disebabkan karena kombinasi herniasi lemak pada jaringan kulit. Namun, biasanya eye bag juga dapat timbul akibat faktor genetik. Sayangnya, dalam memudarkan atau menghilangkan eye bag, tidak bisa dengan skincare saja.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Cara menghilangkan dark circle

Ilustrasi Kantung Mata. (Special)

 

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas, banyak faktor yang menyebabkan dark circle terlihat atau muncul pada area mata. Faktor tersebut seperti kelelahan atau kurang tidur, akibat paparan sinar matahari, hiperpigmentasi, penumpukan cairan, hormon dan juga stres.

Oleh sebab itu, tidur yang cukup sangat penting untuk mencegah dark circle muncul pada area mata. Tak hanya itu, berbagai masalah dapat timbul jika kamu sering begadang atau kurang tidur lho, Ladies.

Faktor lain seperti paparan sinar matahari juga berpengaruh. Kamu bisa rutin untuk menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sinar UV yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Hindari stres pikiran juga dengan melakukan me time seru atau melakukan hobi yang kamu sukai.

Kamu dapat memudarkan dark circle dengan perawatan kulit seperti anti aging dan eye cream yang diformulasikan untuk merawat kulit pada area mata.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel