Kenali Jenis dan Karakteristik Bahan Rayon Untuk Membuat Pakaian

Senin, 31 Januari 2022 | 20:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kenali Jenis Dan Karakteristik Bahan Rayon Untuk Membuat Pakaian

Ilustrasi bahan rayon. (Special)

Ladiestory.id - Perkembangan garmen sekarang ini menyediakan manfaat kepada dunia fashion. Perkembangan yang dapat dirasakan salah satunya dengan munculnya pakaian bahan rayon. Kain rayon awalnya dijadikan sebagai alternatif pengganti kain sutra yang kala itu tengah terjadi wabah hingga ulat sutra banyak yang gugur dan harga kain sutra sangat mahal. Oleh karena itu dibuatlah tiruannya yang diberi nama kain rayon.

Pakaian jenis rayon tidak semahal pakaian sutra, sebab kain rayon terbuat dari serat semi sintetis. Walaupun terdapat campuran bahan kimia pakaian bahan rayon pun banyak mempunyai kelebihan sehingga digemari banyak orang.

Kain rayon pun banyak difungsikan menjadi bahan keperluan lainnya selain menjadi bahan dalam membuat pakaian. Pakaian bahan rayon sendiri mempunyai sejumlah tingkatan kualitas menurut jenis bahan rayon yang dipakai.

Jenis jenis bahan rayonSpandek Rayon

Jenis kain spandek rayon terbuat dari campuran dua serat, yakni serat rayon dan serat spandek sehingga menghadirkan kain dengan sejumlah karakteristik semacam lembut, fleksibel, mempunyai warna cerah, dan mudah diregangkan. Kelemahan pakaian bahan rayon dari jenis ini yakni mudah membentuk bentuk tubuh sehingga tidak akan nyaman guna dipakai oleh kalangan perempuan.

Rayon Jersey

Ilustrasi Rayon Jersey. (Special)

Rayon jersey adalah salah satu jenis dari kain rayon dengan bahan yang berasal dari serat rayon dan serat jersey. Pakaian bahan rayon tersebut pada biasanya mempunyai sifat paling lentur dibandingkan jenis rayon lainnya. Selain lentur pakaian bahan rayon jenis jersey ini pun mempunyai harga paling murah. Pada sehari-hari bahan rayon jersey banyak dipakai menjadi bahan pembuatan pakaian layaknya gamis wanita, rok, dan jilbab.

Rayon Crinkle

Ilustrasi Rayon Crinkle. (Special)

Jenis kain rayon ini lumayan unik dengan tekstur berkerut juga tidak rata. Walaupun berkerut pakain bahan rayon crinkle ini bila disentuh lumayan lembut. Di sisi lain, jenis rayon ini pun mempunyai sifat adem sehingga sangat memberikan kenyamanan ketika dipakai pada cuaca panas. Bahan rayon crinkle ini pada biasanya dipakai sebagai dress, mulai dengan model maxi dress, midi dress, dan drop waist dress.

Rayon PE

Jenis kain rayon ini terbuat dari campuran dua serat yakni serat rayon dan serat polyester. Campuran kadar polyester berpengaruh di kualitas kain, bila semakin banyak kadar polyester maka kualitas kain semakin rendah begitu juga sebaliknya. Pakaian rayon jenis ini mempunyai sejumlah karakteristik diantaranya yaitu bahannya kasar, mudah robek, dan sedikit panas karena mengandung polyester.

Rayon Janger

Pakaian bahan rayon janger pada biasanya dibuat untuk mukena. Jenis rayon ini pada biasanya dipakai sebagai bahan pembuatan mukena premium sebab mempunyai bahan tebal dan tidak panas sehingga nyaman ketika dipakai melakukan ibadah. Adapun sejumlah karakteristik spesifik lainnya yaitu mempunyai kerapatan benang yang tinggi, bahan tebal, lembut dan adem, daya serap air sangat bagus dengan varian warna yang banyak.

Karakteristik bahan rayon

  1. Serat rayon memiliki kandungan unsur kimi karbon, hydrogen dan oksigen.
  2. Kain rayon mempunyai kilau tinggi.
  3. Tekstur juga permukannya halus dan lembut
  4. Tergolong ke dalam kategori kain yang licin, sehingga seperti kain sutra.
  5. Mempunyai daya serap yang tinggi, hampir seperti katun.
  6. Kain yang dikenal dengan bahannya yang mudah terbakar daripada bahannya yang lain.
  7. Retensi bahan rayon cenderung sangat rendah, sehingga tidak mudah kembali ke wujud semula.
  8. Kain rayon adalah kain yang mudah menerima proses pewarnaan.