1. Entertainment
  2. Keluar dari LMK WAMI, Ahmad Dhani: Semua Lagu Ada di Tangan Saya
Entertainment

Keluar dari LMK WAMI, Ahmad Dhani: Semua Lagu Ada di Tangan Saya

Keluar dari LMK WAMI, Ahmad Dhani: Semua Lagu Ada di Tangan Saya

Ahmad Dhani. (Instagram.com/ahmaddhaniofficial)

Ladiestory.id - Ahmad Dhani memberikan kabar yang cukup mengejutkan. Vokalis grup band Dewa-19 ini memutuskan untuk keluar dari Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (LMK WAMI) yang selama ini mengurus royaliti dari karya-karyanya.

“Jadi, saya mau menyampaikan kepada teman-teman, mulai hari ini juga saya akan mengirim surat kepada WAMI bahwa saya akan mundur dari WAMI sehingga semua lagu karya saya benar-benar ada di tangan saya semua," ujar Ahmad Dhani.

LMK WAMI merupakan salah satu lembaga besar yang berdiri di Indonesia untuk mengelola penarikan dan distribusi royaliti dari karya-karya banyak musisi lokal. Ahmad Dhani mengaku sering mendapatkan royaliti dari karya-karyanya. Namun, LMK WAMI tak pernah memberikan rincian mengenai royaliti tersebut.

“Misalnya saya ditransfer Rp200 Juta, saya enggak tahu dari mana aja itu. Saya enggak tahu dan enggak bisa ditanyain juga. Bisa saja Rp1 miliar atau Rp50 Juta, kita enggak tahu karena setiap pembayaran enggak ada rinciannya," kata Ahmad Dhani.

Tak hanya masalah transparasi, Ahmad Dhani mengatakan bahwa sempat kesal dengan salah satu televisi. Saat itu, mereka mengundang personil Dewa-19, seperti Andra Ramadhan, Once, dan Ari Lasso. Namun, ia mengaku tidak diundang dalam acara tersebut.

Ahmad Dhani menjelaskan bahwa dalam acara tersebut, Dewa-19 menyanyikan lagu-lagu yang ia ciptakan. Dikabarkan, stasiun televisi tersebut membayar royalty ke WAMI yang saat itu masih menaungi Ahmad Dhani.

Mengetahui kejadian tersebut, Ahmad Dhani meminta kejelasan kepada LMK WAMI. Namun, ia tidak mendapatkan jawaban yang memiliki solusi atas kejadian ini.

“Saya sudah bicarakan sebenarnya ini gimana, tetapi WAMI tidak punya mekanisme untuk menagih ke Reza Artamevia, Judika, Ari Lasso misalnya. WAMI tidak punya mekanisme itu. Enggak ada solusi karena semuanya pro-rata pembayarannya," ungkap Ahmad Dhani.

Usai memutuskan keluar dari LMK ini, Ahmad Dhani akan mengirimkan surat bagi seluruh stasiun televisi bahwa royalty lagu ciptaannya tidak lagi dikelola oleh lembaga tersebut. Untuk kedepannya, setiap stasiun televisi yang mengadakan acara akan mendapatkan persetujuan dari Ahmad Dhani.

“WAMI tidak bisa berbuat apa-apa. Maka dari itu, saya umumkan sekarang, kalau ada TV swasta atau EO mengadakan acara tanpa ada persetujuan tertulis dari saya, yaitu Ahmad Dhani, saya akan tuntut,” jelas Ahmad Dhani.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel