1. Mom & Kids
  2. 5 Kegiatan Seru Bantu Latih Kemampuan Problem Solving Anak
Mom & Kids

5 Kegiatan Seru Bantu Latih Kemampuan Problem Solving Anak

5 Kegiatan Seru Bantu Latih Kemampuan Problem Solving Anak

Ilustrasi Kegiatan Seru bersama Anak (Pinterest)

Ladiestory.id - Anak-anak dikenal memiliki rasa kepekaan dan keingin tahuan yang tinggi. Tak hanya itu, anak-anak juga telah memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah atau problem solving yang baik sejak dini. Kemampuan tersebut tentunya dapat melatih kemampuan dan skills anak kedepannya.

Walaupun masih usia dini, tentunya anak-anak juga sudah dihadapi beberapa masalah kecil lainnya, seperti membuat prakarya dari guru, bercerita tentang kegiatan hari ini, hingga pertengkaran kecil bersama teman sebangkunya.

Maka dari itu, peran orang tua sangat penting untuk meningkatkan problem solving anak sejak dini. Mengasah kemampuan problem solving anak juga bisa dilakukan dengan 5 kegiatan seru berikut ini, loh.

Susun Puzzle

Menyusun Puzzle (Pinterest)

Puzzle merupakan salah satu permainan seru yang mampu mengasah kemampuan berpikir anak. Partikel-partikel pada mainan puzzle ini harus disusun secara rapi sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan. Menyusun puzzle tentunya salah satu permainan kreatif untuk melatih problem solving anak yang bisa ibu lakukan di rumah.

Hal ini pun dapat merangsang motorik anak untuk berusaha menemukan potongan puzzle yang cocok sesuai bagian yang ditentukan kemudian menggabungkannya menjadi bagian puzzle yang utuh. Tentunya, dengan menyusun puzzle juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak serta merangsang perkembangan kognitifnya.

Baca Buku Cerita

Membaca Buku Cerita (Pinterest)

Membaca buku cerita atau mendongeng serta memberikan pertanyaan juga bisa membantu meningkatkan problem solving anak. Biasanya, anak-anak sangat menyukai buku cerita bergambar dan warna-warni yang menarik perhatiannya. Ibu pun bisa membacakan cerita dongeng kesukaannya atau kisah-kisah islami dengan gambar menarik yang bisa membuatnya terhibur.

Selain itu, ibu juga bisa memainkan cerita dan pertanyaan agar dapat melatih konsentrasinya. Ibu juga bisa menggunakan properti boneka agar anak semakin tertarik dan juga merasa terhibur dalam aktivitas ini. Kegiatan seru ini juga dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak.

Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan Mewarnai (Pinterest)

Aktivitas seru selanjutnya yang tentunya sangat disukai oleh anak-anak adalah menggambar dan mewarnai. Kegiatan seru ini tentunya juga dapat mengasah kreativias sekaligus meningkatkan bakat dan minat si anak.

Saat ini, sudah banyak buku-buku gambar dengan berbagai bentuk menarik yang bisa menjadi pilihan. Menggambar dan mewarnai juga dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dan meningkatkan daya kreativitasnya.

Bermain Bongkar Pasang

Bermain Bongkar Pasang  (Pinterest)

Aktivitas selanjutnya yang tentunya bisa ibu dan anak lakukan di rumah ialah dengan bermain bongkar pasang. Salah satu permainan edukatif ini juga dapat melatih problem solving anak. Ibu dapat menggunakan alat bongkar pasang dari lego maupun balok mainan.

Mainan ini juga terdiri dari berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang bisa si kecil mainkan sesuai kreativitasnya. Anak akan berusaha menyusun permaianan ini, sehingga menemukan titik yang cocok agar mainannya semakin terbentuk. Anak tentunya akan melatih kemampuan atau skills-nya dalam menyusun suatu bentuk benda yang pernah ia jumpai atau ketahui sebelumnya.

Tak hanya melatih kemampuan dan kreativitasnya, permainan ini juga membantu anak mengenal warna serta menentukan warna yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Bermain Tebak-tebakan

Bermain Tebak-tebakan (Pinterest)

Anak-anak biasanya memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang tinggi. Maka, tak jarang mereka selalu ingin mencari tahu informasi yang belum diketahui oleh mereka sebelumnya kepada orang tuanya.

Ibu bisa membuat permainan seru dari tebak-tebakan untuk melatih kecerdasan anak. Mulai dari hal-hal kecil yang sederhana, sehingga membuat rasa penasaran dan antusias si kecil semakin terpacu serta berpikir kritis dalam melakukan pemecahan masalah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel